Langsung ke konten utama

Review Buku Maling yang Jujur Karya Fyodor Dostoevsky

Review Buku Maling yang Jujur Karya Fyodor Dostoevsky 

Cover depan Review Buku Maling yang Jujur Karya Fyodor Dostoevsky

Review buku Maling yang Jujur karya Fyodor Dostoevsky ini sudah cukup lama ingin saya buat. Tetapi selalu terkendala prokrastinasi. Sebelum memulai review buku ini, saya juga sempat bingung dengan nama lengkap penulisnya yang benar. Apakah Fyodor Dostoevsky atau Fyodor Dostoyevsky? 

Akhirnya saya memutuskan untuk menulis Fyodor Dostoevsky, sesuai dengan nama di bukunya yang saya baca. Nama Fyodor Dostoyevsky dengan huruf y di tengahnya juga sering muncul di internet. Hal itulah yang membuat saya cukup kebingungan. Tapi setelah dipikir lagi, mungkin itu hanya alasan saya untuk menunda proses penulisan blog ini. 

Review Karya Sastra Klasik Maling yang Jujur Karya Fyodor Dostoevsky

Dalam sebuah pengantarnya, penerjemah menyampaikan bahwa satu-satunya alasan membaca karya sastra klasik adalah lebih baik membacanya daripada tidak membacanya. Maling yang Jujur dan dua cerita lainnya dalam buku ini sudah dipastikan sebagai salah satu karya sastra klasik. Salah satu buktinya, di cover depan bagian bawah tertulis jelas "Seri Fiksi Klasik". 

Informasi Buku Novel Maling yang Jujur Karya Fyodor Dostoevsky  

Informasi Review Buku Maling yang Jujur Karya Fyodor Dostoevsky 

Buku ber-ISBN 979-9481-65-1 yang terbit pada September 2004 ini diterjemahkan oleh Anton Kurnia. Penerbitnya adalah Penerbit Nuansa dari Yayasan Nuansa Cendekia yang berada di Bandung. Buku Maling yang Jujur diterjemahkan dari buku yang berjudul Fyodor Dostoevsky: Great Short Stories from Around the World. 

Buku asli yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia tersebut diterbitkan oleh Golden Books, di Kuala Lumpur, Malaysia pada tahun 1995. Pengantar, tiga cerita pendek, dan riwayat penulisnya keseluruhan dituliskan tidak lebih dari 150 halaman. Jadi rasanya bisa Anda baca dengan sekali duduk saja. 

Sinopsis Buku Maling yang Jujur Karya Fyodor Dostoevsky

Di dalam buku terjemahan karya sastra klasik ini terdapat tiga  cerita pendek yang berjudul Maling yang Jujur, Pohon Natal dan Sebuah Pernikahan, dan Petani Marey. Jadi, berikut ini akan dituliskan ringkasan atau sinopsis kumpulan cerita pendek tersebut. 

Sinopsis Maling yang Jujur 

Sinopsis Maling yang Jujur

Astafi menceritakan pengalamannya kepada pemilik rumah yang salah satu ruangannya dia sewa. Suatu waktu dalam hidupnya, dia pernah bersahabat dengan seseorang bernama Emelian. Sahabatnya itu pemabuk berat yang sudah tidak tampak lagi gairah hidupnya. Setiap hari pekerjaan Emelian hanya mabuk saja. 

Entah mengapa, Astafi merasa kasihan padanya hingga dia mau menampung Emelian di rumahnya. Astafi pun sudah sering memberi nasihat pada sahabatnya itu untuk bekerja atau melakukan sesuatu yang bermanfaat. Tapi upayanya seakan sia-sia karena Emelian tidak bisa melakukan apapun karena pikiran dan tubuhnya sudah dirusak minuman keras. 

Persahabatan mereka berubah setelah Astafi kehilangan sesuatu dari tas kopernya. Sejak saat itu, Astafi curiga kepada sahabatnya dan selalu mengunci kopernya. 

Sinopsis Pohon Natal dan Sebuah Pernikahan 

Sinopsis Maling yang Jujur Cerpen 2

Julian Mastakovich hadir di sebuah undangan pesta ulang tahun anak seorang saudagar. Anak dari saudagar atau pengusaha itu baru berusia 11 tahun. Anak gadis yang sudah tampak cantik dari kecil. Telah diketahui juga bahwa gadis cilik yang cantik itu telah disediakan mas kawin yang sangat besar oleh orang tuanya, 300.000 Rubel. 

Orang tua dari gadis cilik yang cantik itu tampak tertarik pada Julian Mastakovich. Begitu pula Julian, dia tertarik pada mas kawin besar yang disediakan oleh orang tua dari si gadis cilik. Setelah menghitung-hitung, Julian memperkirakan uang mas kawin gadis cilik itu akan menjadi 500.000 Rubel dalam lima tahun ke depan. 

Julian Mastakovich pun sangat percaya diri akan dapat menikahi gadis cilik itu lima tahun mendatang. Tentu saja untuk mendapatkan cinta dan uang mas kawin yang jumlahnya sangat banyak. 

Sinopsis Petani Marey 

Sinopsis Maling yang Jujur Cerpen 3

Setelah melewati Miretski, seorang tahanan politik yang bergumam tentang kebenciannya kepada para pelanggar hukum di penjara ini. Aku terngiang-ngiang dengan perkataannya itu. Kebetulan hari ini adalah hari libur di penjara. Perkataan Miretski dan pengeroyokan Gazin di dalam penjara membuatku melamun dan teringat pada suatu kejadian yang tak pernah terlupakan. 

Kejadian tersebut adalah tentang pengalamanku dengan seorang petani bernama Marey. Dia tampak sangat keras, tipikal petani Rusia di masanya. Namun pengalamanku dan sebuah kebaikan sederhana dari Marey membuatku semakin kuat bertahan dalam penjara yang keras ini. 

Unsur Intrinsik Buku Maling yang Jujur Karya Fyodor Dostoevsky 

Ketiga cerita pendek yang ada dalam buku Maling yang Jujur semuanya menggunakan sudut pandang orang pertama. Ketiga cerita pendek tersebut juga sama-sama memiliki alur mundur atau flashback. Mulanya menggunakan alur maju lalu pada cerita ada tokoh yang menceritakan kejadian di masa lalu atau terkenang pada kejadian di masa lalu. 

Karakterisasi atau penokohannya sangat kuat meskipun ceritanya pendek-pendek. Dalam cerita pertama bisa diketahui bahwa Agrafena dan Astafi adalah orang yang baik. Sedangkan Emelian pun tergambar dengan jelas sebagai pemabuk yang memprihatinkan. Pada cerita kedua, ditampakkan watak Julian Mastakovich yang cerdas namun serakah. 

Di cerita ketiga, penokohan hanya menampilkan atau menonjolkan sebuah kebaikan sederhana yang ditampakkan oleh seorang petani bernama Marey. 

Penilaian Buku Maling yang Jujur Karya Fyodor Dostoevsky 

Cover belakang buku Maling yang Jujur karya Fyodor Dostoevsky

Dari halaman depannya yang menunjukkan tulisan "Seri Fiksi Klasik", saya langsung menilai bahwa buku ini bagus. Apalagi buku ini sudah menjadi koleksi di Perpustakaan Kota Cilegon. Jadi sudah tidak terbantahkan lagi bahwa buku ini adalah karya sastra klasik yang sangat bagus. 

Buku Maling yang Jujur karya Fyodor Dostoevsky ini juga sangat saya rekomendasikan dan juga sangat layak baca. Bagi yang tidak terlalu suka baca atau suka bacaan yang sederhana, buku ini sangat cocok. Bukan hanya jumlah halamannya yang relatif sedikit. Cerita sederhananya pun mudah dimengerti. Tapi tentu saja sarat akan makna yang mendalam.

Komentar

  1. reviewnya bagus mas, lengkap informasinya ...
    COcok buat yang suka karya fiksi klasik

    BalasHapus
  2. terima kasih banyak Mas Edot Herjunot sudah berkenan mampir dan baca reviewnya...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Terpopuler

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT  Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) adalah teknologi yang memungkinkan mesin untuk belajar, merencanakan dan memecahkan masalah secara mandiri. AI digunakan untuk membangun aplikasi cerdas seperti mobil otonom, chatbot pintar, dan asisten virtual. Namun, AI juga menimbulkan keprihatinan dan tantangan seperti pengambilan alih pekerjaan manusia dan potensi penyalahgunaan teknologi. Masalah keamanan dan privasi juga menjadi perhatian penting. Diperlukan kolaborasi antara ilmuwan, pemerinta, dan masyarakat untuk membangun sistem AI yang aman serta terpercaya.  Manfaat Kecerdasan Buatan dari OpenAI, ChatGPT ChatGPT adalah model bahasa besar yang dilatih oleh OpenAI. ChatGPT memiliki kemampuan dalam bidang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk menjawab pertanyaan dan menyelesaikan masalah secara mandiri.  Dengan teknologi ini, ChatGPT dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan berbagai masalah a

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda  M-Syariah, kalau mendengar namanya pasti Anda sudah menduga jika ini adalah suatu aplikasi. Dugaan Anda tidak salah. Jika Anda kira M-Syariah adalah kependekan dari Mobile Syariah, bisa jadi tidak salah juga. Pastinya M-Syariah adalah aplikasi mobile banking dari Bank Mega Syariah.  Bank Mega memahami bahwa kebutuhan layanan perbankan bisa diterapkan dengan nilai-nilai dan prinsip syariah. Untuk itu, Bank Mega menghadirkan Bank Mega Syariah yang didukung dengan layanan digital banking dari M-Syariah.  M-Syariah, Satu Aplikasi untuk Semua Transaksi  Sebuah aplikasi M-Syariah saja sudah cukup untuk melayani semua kebutuhan perbankan dan transaksi. Berikut adalah layanan yang bisa Anda akses serta transaksi yang bisa dilakukan di M-Syariah.  1. Membuka Tabungan Berkah Digital iB  Anda sedang tidak salah baca. Hanya dengan unduh, pasang dan gunakan aplikasi M-Syariah sudah bisa membuka rekening tabungan Berkah Di

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono Rasanya terlambat saya tahu tentang Pak Sapardi Djoko Damono. Masih amat sangat banyak profil penulis terkenal Indonesia yang belum saya "kenal" termasuk juga karyanya.  Saya baru mengetahui Pak Sapardi Djoko Damono melalui sebuah lagu karya Jason Ranti di bawah ini. Sampai sekarang Pak Sapardi juga terus mempengaruhi tulisan-tulisan fiksi dan puisi saya .  Profil Singkat Sapardi Djoko Damono  Lahir di Surakarta pada 20 Maret 1940, Sapardi Djoko Damono merupakan anak pertama dari pasangan Sadyoko dan Sapariah. Tempat tinggalnya saat itu tidak jauh dari WS. Rendra, B. Sutiman dan Sugiarta Sriwibawa.  Prof. Dr. Sapardi Djoko Damono adalah seorang penulis, sastrawan, penyair, penerjemah andal, editor, kritikus sastra, pengamat dan juga pakar sastra sekaligus. Beliau berkarya dan berprestasi sedari usianya masih sangat belia.  Pak Sapardi Djoko Damono wafat pada usia 80 tahun. Tepatnya pada 19 Juli 2020 di Tangerang Selatan.