Langsung ke konten utama

Review Buku Tak Mungkin Membuat Semua Orang Senang Karya Jeong Moon Jeong

Review Buku Tak Mungkin Membuat Semua Orang Senang Karya Jeong Moon Jeong

Tak Mungkin Membuat Semua Orang Senang -  Jeong Moon Jeong

Review Buku Bagus kali ini akan menghadirkan review atau ulasan buku dari sebuah kanal Youtube yang bernama Podluck Podcast. Ulasan buku tersebut adalah review buku Tak Mungkin Membuat Semua Orang Senang karya Jeong Moon Jeong. 

Menurut Podluck Podcast buku ini sangat cocok dibaca oleh orang yang sulit sekali menolak permintaan orang lain atau mungkin merasa sebagai tipe orang yang sangat ingin bisa menyenangkan semua orang. Buku ini tampak memiliki bahasan yang sama dengan buku Berani Tidak Disukai karya Ichiro Kishimi dan Fumitake Koga.

Informasi Buku Tak Mungkin Membuat Semua Orang Senang Karya Jeong Moon Jeong

Buku Tak Mungkin Membuat Semua Orang Senang ini ditulis oleh penulis asal Korea Selatan yaitu Jeong Moon Jeong. Bahasa asli yang digunakan adalah Bahasa Korea. Tapi buku ini sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris dan juga Bahasa Indonesia. Gramedia Pustaka Utama menerbitkan buku ini pada tahun 2019. Penerjemah dari Bahasa Korea ke dalam Bahasa Indonesianya adalah Lingliana. 

Buku ini berdimensi panjang 13, 5 cm dan lebar 20 cm dengan jumlah halaman sebanyak 224. Beratnya sekitar 160 gram. Buku ini memiliki ISBN 9786020628899. Pada saat tulisan ini dibuat, buku ini dijual mulai dari harga Rp55.200 sampai dengan Rp69.000

Ringkasan Buku Tak Mungkin Membuat Semua Orang Senang

Buku berjudul Tak Mungkin Membuat Semua Orang Senang berjumlah 224 halaman. Terbagi menjadi tujuh halaman prolog dan selebihnya terdiri dari lima bab atau lima bagian.

Kelima bagian itu terdiri dari yang pertama Tidak Perlu Menjadi Orang Baik, yang kedua Dunia Akan Terasa Lebih Baik Jika Kita Tidak Bersikap Pasrah. Bagian ketiga adalah Cara-Cara Mengekspresikan diri, yang keempat Membiasakan Diri Tidak Terpengaruh Komentar Negatif, dan yang kelima yaitu Cara Menghadapi Orang Kasar dengan Senyuman. 

Berikut ini ringkasan untuk masing-masing bagiannya. 

Ringkasan Bagian 1, Tidak Perlu Menjadi Orang Baik

Buku ini diawali dengan sebuah prolog yang diberi judul Bagaimana Menghadapi Orang Kasar yang Kita Temui dalam Kehidupan Sehari-Hari. Setelah barulah masuk ke bagian pertama, Tidak Perlu Menjadi Orang Baik.  

Mungkin saat mendengar judulnya saja Anda sudah bertanya-tanya kenapa tidak perlu jadi orang baik. Menurut penulis ada beberapa kondisi di mana sebaiknya Anda tidak usah jadi orang baik. Alasannya adalah mungkin saja malah Anda yang dirugikan dari berlaku baik tersebut. Penulis membagi bagian ini menjadi 13 bagian yang lebih kecil.

Ringkasan Bagian 2, Dunia Akan Terasa Lebih Baik Jika Kita Tidak Bersikap Pasrah

Di sini ada 10 bagian kecil-kecil dan penulis menceritakan kalau sikap pasrah justru bisa menimbulkan hal-hal yang tidak Anda kehendaki. Seringkali malah membuat Anda jadi semakin peduli berlebihan kepada orang lain.

Ringkasan Bagian 3, Cara-Cara Mengekspresikan Diri

Review buku Tak Mungkin Membuat Semua Orang Senang - Jeong Moon Jeong
photo by Carousell

Bagian ketiga ini menurut Podluck Podcast adalah bagian yang paling terkait dengan kehidupan banyak orang. Dalam bagian ini penulis memaparkan 10 sub bagian yang bisa membantu Anda untuk lebih berani mengekspresikan diri.

Dari prolog dan 3 bagian pertama buku Ini sepertinya cukup untuk membuat Anda mulai tertarik. Apalagi di zaman sekarang rasanya pekerjaan dan kewajiban selalu menuntut untuk bisa diselesaikan semua dengan cepat. Salah satu alasannya, supaya orang lain juga senang. Baik itu atasan, rekan kerja di kantor, orang tua di rumah, pasangan atau mungkin dosen di tempat kuliah.

Seolah semuanya menuntut Anda untuk menjadi sempurna dan bisa memberikan yang terbaik dalam semua aspek kehidupan. 

Ringkasan Bagian 4, Membiasakan Diri Tidak Terpengaruh Komentar Negatif

Bagian ini dibagi lagi menjadi 10 bagian kecil, membahas apa saja yang penulis lakukan untuk menghadapi orang-orang dengan kebiasaan berkomentar negatif kepada dia. Pada bagian ini juga dituliskan kejadian-kejadian yang bisa saja membuat Anda berada di posisi tidak menyenangkan karena adanya komentar negatif.

Media sosial yang bisa membuat orang bisa mengekspresikan diri sebebas-bebasnya. Tapi di sisi lain ekspresi yang kebablasan itu juga membuat orang suka menghakimi orang lain dengan komentar yang kasar dan tidak sepantasnya. 

Ringkasan Bagian 5, Cara Menghadapi Orang Kasar dengan Senyuman

Bagi sebagian orang mungkin akan terasa sangat sulit menghadapi orang kasar dengan senyuman. Di bagian dijelaskan bahwa hal tersebut seperti menyiram api dengan air ketika Anda tidak merespon sesuai dengan yang diharapkan oleh orang yang kasar teersebut. Bisa jadi orang itu bingung dan malah jadi malu sendiri. 

Kesimpulan Review Buku Tak Mungkin Membuat Semua Orang Senang Karya Jeong Moon Jeong oleh Kanal Youtube Podluck Podcast 

Buku ini banyak menjelaskan latihan-latihan yang bisa Anda lakukan untuk menyadari situasi dan bersikap dengan lebih baik. Beberapa poin penting yang bisa Anda lakukan misalnya tidak perlu menjawab semua pertanyaan, tidak perlu memaksa diri agar diterima orang lain, dunia akan terasa lebih baik jika Anda tidak bersikap pasrah. 

Hal-hal lainnya adalah belajar menolak dengan tegas dan berkelas, membiasakan diri tidak terpengaruh komentar negatif, tidak sakit hati gara-gara kritik negatif, ada baiknya bersikap sedikit gila menghadapi orang yang kelewat batas dengan senyum, dan bersikap masa bodoh. 

Menariknya, buku ini ditulis menggunakan sudut pandang orang pertama. Jadi, terasa kesan bahwa buku ini sudah dipraktekkan langsung dan dialami oleh penulisnya. Terlebih lagi penulisnya adalah orang Korea Selatan, yang masih cukup punya banyak kesamaan dengan orang Indonesia sebagai orang Asia. 

Demikian review buku Tak Mungkin Membuat Semua Orang Senang karya Jeong Moon Jeong oleh kanal Youtube Podluck Podcast, semoga bermanfaat. 

Komentar

Postingan Terpopuler

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT  Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) adalah teknologi yang memungkinkan mesin untuk belajar, merencanakan dan memecahkan masalah secara mandiri. AI digunakan untuk membangun aplikasi cerdas seperti mobil otonom, chatbot pintar, dan asisten virtual. Namun, AI juga menimbulkan keprihatinan dan tantangan seperti pengambilan alih pekerjaan manusia dan potensi penyalahgunaan teknologi. Masalah keamanan dan privasi juga menjadi perhatian penting. Diperlukan kolaborasi antara ilmuwan, pemerinta, dan masyarakat untuk membangun sistem AI yang aman serta terpercaya.  Manfaat Kecerdasan Buatan dari OpenAI, ChatGPT ChatGPT adalah model bahasa besar yang dilatih oleh OpenAI. ChatGPT memiliki kemampuan dalam bidang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk menjawab pertanyaan dan menyelesaikan masalah secara mandiri.  Dengan teknologi ini, ChatGPT dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan berbagai masalah a

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda  M-Syariah, kalau mendengar namanya pasti Anda sudah menduga jika ini adalah suatu aplikasi. Dugaan Anda tidak salah. Jika Anda kira M-Syariah adalah kependekan dari Mobile Syariah, bisa jadi tidak salah juga. Pastinya M-Syariah adalah aplikasi mobile banking dari Bank Mega Syariah.  Bank Mega memahami bahwa kebutuhan layanan perbankan bisa diterapkan dengan nilai-nilai dan prinsip syariah. Untuk itu, Bank Mega menghadirkan Bank Mega Syariah yang didukung dengan layanan digital banking dari M-Syariah.  M-Syariah, Satu Aplikasi untuk Semua Transaksi  Sebuah aplikasi M-Syariah saja sudah cukup untuk melayani semua kebutuhan perbankan dan transaksi. Berikut adalah layanan yang bisa Anda akses serta transaksi yang bisa dilakukan di M-Syariah.  1. Membuka Tabungan Berkah Digital iB  Anda sedang tidak salah baca. Hanya dengan unduh, pasang dan gunakan aplikasi M-Syariah sudah bisa membuka rekening tabungan Berkah Di

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono Rasanya terlambat saya tahu tentang Pak Sapardi Djoko Damono. Masih amat sangat banyak profil penulis terkenal Indonesia yang belum saya "kenal" termasuk juga karyanya.  Saya baru mengetahui Pak Sapardi Djoko Damono melalui sebuah lagu karya Jason Ranti di bawah ini. Sampai sekarang Pak Sapardi juga terus mempengaruhi tulisan-tulisan fiksi dan puisi saya .  Profil Singkat Sapardi Djoko Damono  Lahir di Surakarta pada 20 Maret 1940, Sapardi Djoko Damono merupakan anak pertama dari pasangan Sadyoko dan Sapariah. Tempat tinggalnya saat itu tidak jauh dari WS. Rendra, B. Sutiman dan Sugiarta Sriwibawa.  Prof. Dr. Sapardi Djoko Damono adalah seorang penulis, sastrawan, penyair, penerjemah andal, editor, kritikus sastra, pengamat dan juga pakar sastra sekaligus. Beliau berkarya dan berprestasi sedari usianya masih sangat belia.  Pak Sapardi Djoko Damono wafat pada usia 80 tahun. Tepatnya pada 19 Juli 2020 di Tangerang Selatan.