Langsung ke konten utama

Review Buku Of Mice and Men Karya John Steinbeck

Review Buku Of Mice and Men Karya John Steinbeck  

Of Mice and Men - John Steinbeck.jpg

Review Buku Bagus kali ini menghadirkan review buku Of Mice and Men. Buku Of Mice and Men atau Tikus dan Manusia ini merupakan salah satu karya sastra klasik dari John Steinbeck. Jika dilihat dari jumlah kata dan ketebalan bukunya maka karya tergolong ke dalam novel pendek atau novelet. Edisi bahasa Indonesianya tidak sampai 150 halaman. 

Pengarangnya, John Steinbeck merupakan salah satu sastrawan terkenal dari Amerika Serikat yang karya-karyanya telah banyak diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Termasuk juga bahasa Indonesia. John Steinbeck pernah mendapatkan penghargaan nobel sastra pada 1926. Novel Of Mice and Men sendiri pertama kali terbit pada 1937.

Review Buku Bagus Tikus dan Manusia, Karya Sastra Klasik dari Amerika Serikat 

Review buku Of Mice and Men ini ditulis setelah tim Review Buku Bagus membacanya melalui aplikasi iPusnas. Saat tulisan ini dibuat, sudah 1715 kali orang membaca atau meminjam buku ini lewat aplikasi perpustakaan digital tersebut. Menurut salah satu komentar pembaca, buku ini masuk daftar  best book ever versi goodreads. 

Informasi Buku Of Mice and Men 

Buku Of Mice and Men versi aslinya diterbitkan pertama kali pada tahun 1937. Penerbitnya adalah McIntosh and Otis. Sedangkan versi bahasa Indonesia yang diulas kali ini adalah buku cetakan pertama di Indonesia. Terbit pada tahun 2007. Penerbitnya adalah PT. Gramedia Pustaka Utama, di Jakarta. Dengan nomor e-ISBN 978-602-03-9667-5. 

Buku fisiknya memiliki dimensi lebar 20 cm, dengan jumlah 144 halaman. Pengalih bahasanya adalah Ariyantri E. Tarman. Dan desain sampulnya dibuat oleh Eduard Iwan Mangopang. 

Of Mice and Men Bab 1- John Steinbeck.jpg

Sinopsis Buku Of Mice and Men Karya John Steinbeck 

George dan Lennie melakukan perjalanan untuk mencapai tujuan ke tempat kerjanya yang baru. Di dalam perjalanan tersebut diceritakan bahwa keduanya turun dari sebuah bis. Namun, keduanya masih harus berjalan jauh untuk sampai ke tempat tujuan. Dalam perjalanan tersebut juga banyak diceritakan latar belakang perjalanan dan kebersamaan mereka. 

Latar belakang perjalanan mereka sebenarnya adalah mereka melarikan diri dari kota dan pekerjaan sebelumnya karena Lennie dituduh memperkosa seorang gadis. Padahal tidak demikian. Lennie berbadan besar dengan pikiran seperti anak kecil. Entah kenapa, George selalu menemaninya. Katanya, George telah berjanji kepada seorang kerabat Lennie untuk selalu menjaganya. 

Di tempat dan pekerjaan yang baru, George bersama Lennie sudah memiliki rencana besar untuk punya tanah sendiri setelah berhasil mengumpulkan uang. Tapi mereka pun punya rencana cadangan apabila rencana pertama tidak sesuai dengan harapan. George yang mengatur rencana tersebut. Lennie pun sangat mempercayai George, terlebih lagi George telah menjaga dan melindunginya selama ini. 

Di tempat kerja beserta asrama para pekerjanya semua tampak akan baik-baik saja untuk rencana mereka berdua. Sampai tiba saatnya mereka berdua mengenal Curley, anak dari pemilik peternakan (tempat kerja George dan Lennie). Lennie berurusan dengan istri Curley dan kembali membuat masalah. Rencana cadangan pun akhirnya harus George dan Lennie lakukan. 

Unsur Intrinsik dalam Novel Of Mice and Men atau Tikus dan Manusia 

Of Mice and Men Bab 6 - John Steinbeck

Judulnya mungkin saja diambil dari betapa sukanya Lennie mengantongi tikus untuk dielus-elus karena bulunya yang lembut. Hal itu yang paling tampak sesuai dari cerita dan judulnya. Secara tersirat, Tim Review Buku Bagus belum terlalu paham apa yang dimaksud dengan judulnya. Karena sebenarnya ada anjing dan juga kelinci yang juga terlibat dalam cerita ini. 

Alur yang digunakan adalah alur maju. Tapi tentu saja ada sedikit flashback untuk mendukung keterkaitan waktu dan juga ceritanya. Cerita flashback tersebut ada yang berupa narasi, ada juga yang disampaikan melalui percakapan antara George dan Lennie. 

Walaupun singkat, penokohannya sangat baik dan membuat Tim Review Buku Bagus mudah sekali membayangkan karakter yang ada. Contoh dari beberapa karakter dan tokoh yang ada dalam cerita ini antara lain George yang cerdik, Lennie yang berpikiran seperti anak kecil mungkin saja digambarkan sebagai orang berkebutuhan khusus. 

Lalu ada Slim, mandor perusahaan yang pintar dan berwibawa. Curley dan istrinya yang sama-sama bermasalah. Dan ada juga bos peternakan (ayah Curley) yang ditampilkan hanya sebentar tapi tampak galak, tegas, dan baik. Semua tokoh tersebut hadir dalam cerita berlatar belakang masa-masa depresi di Amerika Serikat, tepatnya di sebuah peternakan. 

Penilaian dari Tim Review Buku Bagus untuk Buku Of Mice and Men Karya John Steinbeck 

Of Mice and Men Back Cover - John Steinbeck

Salah satu hal terbaik dari buku ini adalah kesederhanaannya. Kami mengartikan kesederhanaan dari buku ini karena mudah dimengerti untuk sebuah karya sastra klasik. Terlebih lagi, ini adalah buku terjemahan. Ceritanya tersampaikan dengan baik dan mudah diterima. 

Deskripsi-deskripsinya tidak panjang, dialog-dialognya sangat jelas, membuat pembacanya selalu terikat dengan cerita utama. Lagipula memang konflik yang tidak berhubungan langsung dengan cerita utama tidak banyak disampaikan. Alhasil, buku ini disebut dengan novelet karena ceritanya tidak sepanjang novel pada umumnya. 

Kesimpulan dari Tim Review Buku Bagus setelah membaca dan melakukan review buku Of Mice and Men karya John Steinbeck ini adalah sangat layak baca. Rating usia pembacanya, mulai dari remaja hingga dewasa. Untuk anak-anak yang ingin membacanya, sebaiknya didampingi oleh orang tua. Berikut ini adalah salah satu link peminjaman buku Of Mice and Men karya John Steinbeck di iPusnas.

Komentar

Postingan Terpopuler

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT  Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) adalah teknologi yang memungkinkan mesin untuk belajar, merencanakan dan memecahkan masalah secara mandiri. AI digunakan untuk membangun aplikasi cerdas seperti mobil otonom, chatbot pintar, dan asisten virtual. Namun, AI juga menimbulkan keprihatinan dan tantangan seperti pengambilan alih pekerjaan manusia dan potensi penyalahgunaan teknologi. Masalah keamanan dan privasi juga menjadi perhatian penting. Diperlukan kolaborasi antara ilmuwan, pemerinta, dan masyarakat untuk membangun sistem AI yang aman serta terpercaya.  Manfaat Kecerdasan Buatan dari OpenAI, ChatGPT ChatGPT adalah model bahasa besar yang dilatih oleh OpenAI. ChatGPT memiliki kemampuan dalam bidang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk menjawab pertanyaan dan menyelesaikan masalah secara mandiri.  Dengan teknologi ini, ChatGPT dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan berbagai masalah a

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda  M-Syariah, kalau mendengar namanya pasti Anda sudah menduga jika ini adalah suatu aplikasi. Dugaan Anda tidak salah. Jika Anda kira M-Syariah adalah kependekan dari Mobile Syariah, bisa jadi tidak salah juga. Pastinya M-Syariah adalah aplikasi mobile banking dari Bank Mega Syariah.  Bank Mega memahami bahwa kebutuhan layanan perbankan bisa diterapkan dengan nilai-nilai dan prinsip syariah. Untuk itu, Bank Mega menghadirkan Bank Mega Syariah yang didukung dengan layanan digital banking dari M-Syariah.  M-Syariah, Satu Aplikasi untuk Semua Transaksi  Sebuah aplikasi M-Syariah saja sudah cukup untuk melayani semua kebutuhan perbankan dan transaksi. Berikut adalah layanan yang bisa Anda akses serta transaksi yang bisa dilakukan di M-Syariah.  1. Membuka Tabungan Berkah Digital iB  Anda sedang tidak salah baca. Hanya dengan unduh, pasang dan gunakan aplikasi M-Syariah sudah bisa membuka rekening tabungan Berkah Di

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono Rasanya terlambat saya tahu tentang Pak Sapardi Djoko Damono. Masih amat sangat banyak profil penulis terkenal Indonesia yang belum saya "kenal" termasuk juga karyanya.  Saya baru mengetahui Pak Sapardi Djoko Damono melalui sebuah lagu karya Jason Ranti di bawah ini. Sampai sekarang Pak Sapardi juga terus mempengaruhi tulisan-tulisan fiksi dan puisi saya .  Profil Singkat Sapardi Djoko Damono  Lahir di Surakarta pada 20 Maret 1940, Sapardi Djoko Damono merupakan anak pertama dari pasangan Sadyoko dan Sapariah. Tempat tinggalnya saat itu tidak jauh dari WS. Rendra, B. Sutiman dan Sugiarta Sriwibawa.  Prof. Dr. Sapardi Djoko Damono adalah seorang penulis, sastrawan, penyair, penerjemah andal, editor, kritikus sastra, pengamat dan juga pakar sastra sekaligus. Beliau berkarya dan berprestasi sedari usianya masih sangat belia.  Pak Sapardi Djoko Damono wafat pada usia 80 tahun. Tepatnya pada 19 Juli 2020 di Tangerang Selatan.