Langsung ke konten utama

Ringkasan Buku Aku Bisa! Manajemen Qolbu untuk Melejitkan Potensi

Ringkasan Buku Aku Bisa! Manajemen Qolbu untuk Melejitkan Potensi 

Aku Bisa! Karya Abdullah Gymnastiar

Review Buku Bagus akan merangkum isi dari buku berjudul Aku Bisa! Manajemen Qolbu untuk Melejitkan Potensi karya dari Abdullah Gymnastiar. Berikut ini ringkasan buku Aku Bisa! yang mungkin bisa membuat Anda mengelola hati dengan baik dan melejitkan potensi dalam diri. 

Informasi Buku Aku Bisa! Manajemen Qolbu untuk Melejitkan Potensi 

Sebelum masuk ke dalam ringkasan buku Aku Bisa! Berikut ini disajikan informasi mengenai bukunya. Buku ini berjudul lengkap Aku Bisa! Manajemen Qolbu untuk Melejitkan Potensi karangan Abdullah Gymnastiar, diterbitkan pada tahun 2005. Buku yang sudah cukup lama. 

Penerbitnya adalah Khas MQ, sebuah imprint dari MQS Publishing yang mengkhususkan diri pada penerbitan buku kajian Manajemen Qolbu. Isinya ada 164 halaman dengan dimensi fisik panjang 14,5 cm, lebar 20 cm, dan tebal sekitar 0,9 cm. ISBN dari buku ini adalah 979-3503-14-9. 

Ringkasan Buku Aku Bisa! Karya Abdullah Gymnastiar 

Buku Aku Bisa! karangan Abdullah Gymnastiar atau yang sering disapa Aa Gym ini dapat disebut dengan buku motivasi sekaligus buku self help. Dalam buku ini terdapat 5 bab dan 20 sub bab yang isinya sangat mudah dimengerti. Berikut ini ringkasan bukunya. 

Aku dan Hidupku 

Pada bab pertama ini dibahas mengenai diri sendiri dan mengenal Allah (ma'rifatullah). Di bab ini juga dijelaskan mengenai potensi manusia. Potensi tersebut dapat dibagi menjadi tiga berdasarkan kondisi hatinya apakah hatinya sakit, mati atau sehat. 

Setelah mengenal Allah, diri sendiri, dan potensi diri, pembahasan selanjutnya adalah tentang tujuan hidup manusia untuk berprestasi. Prestasi atau kesuksesan tersebut tentu saja berdasarkan makna kesuksesan yang hakiki. Makna kesuksesan hakiki tersebut juga dibahas dalam bab pertama ini. 

Aku Bisa! Karya Abdullah Gymnastiar

Potensi untuk berprestasi, sukses, dan menjadi manusia yang baik itu dikaitkan juga dengan tingkatan keyakinan seseorang. Ada tiga tingkat keyakinan yang dibahas yaitu ilmul yaqin, ainul yaqin, dan haqqul yaqin. 

Dari Mana Memulainya? 

Pada bab kedua dibahas hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk sukses mengelola hati dan melejitkan potensi diri. Setidaknya ada enam hal yang harus dipersiapkan. Berikut ini ringkasannya. 

Pertama, seseorang harus bisa memotivasi diri dengan cara memunculkan harapan, mengenal Allah, dan membersihkan hatinya. Kedua, setelah motivasi timbul barulah mulai memperbaiki diri sendiri. Selanjutnya yang ketiga adalah untuk mempersiapkan niat yang lurus dan tulus agar bisa beramal dan berbuat dengan sempurna. 

Hal keempat yang perlu dipersiapkan adalah pikiran positif. Kemudian kelima yaitu membangun pribadi mandiri. Serta yang keenam adalah mempersiapkan jiwa kepemimpinan, terutama agar mampu memimpin diri sendiri. 

Hal yang Harus Dilakukan 

Jika enam hal persiapan yang telah dipersiapkan sebelumnya telah mantap, maka ada lima tips yang perlu dilakukan oleh seorang yang ingin melejitkan potensinya. 

Pertama adalah harus disiplin dan menyikapi potensi waktu dengan sangat bijak. Kemudian yang kedua adalah memanfaatkan potensi akal dari Allah SWT dengan cara banyak membaca, menyimak dan juga bergaul. 

Tips ketiga yang harus dilakukan adalah terus menerus belajar. Perlu disadari bahwa belajar juga merupakan suatu kewajiban. Hal yang keempat yaitu bekerja, tidak hanya dengan keras tetapi juga bekerja cerdas dan ikhlas. Kelima, jangan mudah lelah dan mengeluh tapi nikmati semua prosesnya. 

Aku Bisa! Karya Abdullah Gymnastiar

Hal yang Harus Dilalui 

Proses mengelola hati dan melejitkan potensi tentu tidak dengan mudah dapat dilakukan. Lima hal yang harus dilakukan pada pembahasan sebelumnya akan menemui banyak rintangan yang harus dilalui. 

Rintangan yang harus dilalui tersebut antara lain hawa nafsu, keinginan, tantangan hidup, fluktuasi keyakinan, persaingan dan banyak lagi konflik lain yang harus dihadapi. Mau tidak mau hal-hal tersebut bakal dan harus dilalui oleh orang yang ingin melejitkan potensi dirinya. 

Tentang Hasil Akhir 

Pada bab yang terakhir dalam buku Aku Bisa! karya Abdullah Gymnastiar ini terdapat tiga sub bab yang membahas tentang ikhtiar, amal, dan rezeki. Pada sub bab berikutnya dibahas tentang upaya untuk menyempurnakan ikhtiar dan meraih ridha Allah. Di sub bab terakhir dibahas mengenai sabar dan tawakal. 

Pembahasan pada bab terakhir mengenai sabar dan tawakal ini dapat disimpulkan bahwa setelah berusaha dengan maksimal untuk melejitkan potensi diri maka hasil akhirnya mutlak keputusan dari Allah SWT. Setelah mengetahui hasilnya, barulah dituntut untuk sabar. Baik itu sabar dalam keberhasilan maupun sabar menerima kegagalan. 

Penutup Tentang Buku Aku Bisa! 

Demikian ringkasan buku Aku Bisa! Manajemen Qolbu untuk Melejitkan Potensi karya Abdullah Gymnastiar. Buku yang tergolong buku motivasi, self improvement, dan self help ini tidak terlalu tebal. Jadi bisa cepat selesai dibaca dan langsung praktek. 

Buku ini dibacanya pun sangat enak dan terasa ringan karena dituliskan dengan paragraf-paragraf yang singkat. Blog Review Buku Bagus sangat merekomendasikan buku ini untuk semua usia dan kalangan, karena tidak ada kata terlambat untuk mengelola hati dengan baik dan melejitkan potensi diri.


Komentar

Postingan Terpopuler

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT  Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) adalah teknologi yang memungkinkan mesin untuk belajar, merencanakan dan memecahkan masalah secara mandiri. AI digunakan untuk membangun aplikasi cerdas seperti mobil otonom, chatbot pintar, dan asisten virtual. Namun, AI juga menimbulkan keprihatinan dan tantangan seperti pengambilan alih pekerjaan manusia dan potensi penyalahgunaan teknologi. Masalah keamanan dan privasi juga menjadi perhatian penting. Diperlukan kolaborasi antara ilmuwan, pemerinta, dan masyarakat untuk membangun sistem AI yang aman serta terpercaya.  Manfaat Kecerdasan Buatan dari OpenAI, ChatGPT ChatGPT adalah model bahasa besar yang dilatih oleh OpenAI. ChatGPT memiliki kemampuan dalam bidang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk menjawab pertanyaan dan menyelesaikan masalah secara mandiri.  Dengan teknologi ini, ChatGPT dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan berbagai masalah a

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda  M-Syariah, kalau mendengar namanya pasti Anda sudah menduga jika ini adalah suatu aplikasi. Dugaan Anda tidak salah. Jika Anda kira M-Syariah adalah kependekan dari Mobile Syariah, bisa jadi tidak salah juga. Pastinya M-Syariah adalah aplikasi mobile banking dari Bank Mega Syariah.  Bank Mega memahami bahwa kebutuhan layanan perbankan bisa diterapkan dengan nilai-nilai dan prinsip syariah. Untuk itu, Bank Mega menghadirkan Bank Mega Syariah yang didukung dengan layanan digital banking dari M-Syariah.  M-Syariah, Satu Aplikasi untuk Semua Transaksi  Sebuah aplikasi M-Syariah saja sudah cukup untuk melayani semua kebutuhan perbankan dan transaksi. Berikut adalah layanan yang bisa Anda akses serta transaksi yang bisa dilakukan di M-Syariah.  1. Membuka Tabungan Berkah Digital iB  Anda sedang tidak salah baca. Hanya dengan unduh, pasang dan gunakan aplikasi M-Syariah sudah bisa membuka rekening tabungan Berkah Di

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono Rasanya terlambat saya tahu tentang Pak Sapardi Djoko Damono. Masih amat sangat banyak profil penulis terkenal Indonesia yang belum saya "kenal" termasuk juga karyanya.  Saya baru mengetahui Pak Sapardi Djoko Damono melalui sebuah lagu karya Jason Ranti di bawah ini. Sampai sekarang Pak Sapardi juga terus mempengaruhi tulisan-tulisan fiksi dan puisi saya .  Profil Singkat Sapardi Djoko Damono  Lahir di Surakarta pada 20 Maret 1940, Sapardi Djoko Damono merupakan anak pertama dari pasangan Sadyoko dan Sapariah. Tempat tinggalnya saat itu tidak jauh dari WS. Rendra, B. Sutiman dan Sugiarta Sriwibawa.  Prof. Dr. Sapardi Djoko Damono adalah seorang penulis, sastrawan, penyair, penerjemah andal, editor, kritikus sastra, pengamat dan juga pakar sastra sekaligus. Beliau berkarya dan berprestasi sedari usianya masih sangat belia.  Pak Sapardi Djoko Damono wafat pada usia 80 tahun. Tepatnya pada 19 Juli 2020 di Tangerang Selatan.