Langsung ke konten utama

Review Buku Ayah Karya Andrea Hirata oleh Kanal YouTube Sesudah Pepatah

Review Buku Ayah Karya Andrea Hirata oleh Kanal YouTube Sesudah Pepatah

Photo by kumparan

Review Buku Bagus kali ini akan menuliskan resensi atau review buku Ayah yang merupakan jenis buku fiksi Indonesia karangan Andrea Hirata. Buku ini diterbitkan oleh Bentang Pustaka pada tahun 2015. Buku novel yang diulas kali ini merupakan cetakan ke-24, bulan Februari tahun 2019 diterbitkan di  Yogyakarta dengan tebal 412 halaman. 

Siapa tak kenal Andrea Hirata seorang novelis Indonesia ternama dari Pulau Belitung yang terkenal berkat karya pertamanya yakni Laskar Pelangi. Karya tersebut menjadi International Bestseller yang telah diterjemahkan dalam 22 bahasa dan diedarkan lebih dari 130 negara. Andrea Hirata selalu sukses melahirkan karya yang menarik untuk dibaca. Salah satunya adalah novel berjudul Ayah ini. 

Sinopsis Buku Novel Ayah Karya Andrea Hirata

Novel Ayah menceritakan tentang tokoh Sabari. Orang daerah Belantik yang berperawakan kurus, wajah berantakan, telinga panjang centelan wajan. Dia mencintai seorang perempuan manis bermata indah dan berlesung pipi bernama Marlena. Cinta Sabari kepada marlena bermula saat ujian nasional SMP bahasa Indonesia dilaksanakan. 

Ancaman ayahnya yang akan menjodohkan Marlena apabila tidak mampu lulus ujian. Marlena tidak mampu mengejar materi akibat sering bolos sekolah. Maka pada saat ujian, dia langsung menyambar kertas ujian Sabari dan menyontek jawabannya di detik-detik terakhir waktu pengumpulan. 

Saat itu Sabari dan Marlena sama sekali tidak saling mengenal. Namun ada satu hal yang sama sekali tidak disadari oleh Marlena, Sabari adalah Isaac Newtonnya bahasa Indonesia. Sungguh beruntung. Hingga akhirnya hasil ujian Marlena berhasil diselamatkan oleh nilai bahasa Indonesia yang tercetak jelas angka 95 di papan pengumuman. Hasil nilai rata-rata minimum kelulusan pun mampu diraih oleh Marlena 6,5 maka batal pula ancaman perjodohan oleh ayahnya. 

Memasuki kehidupan Sekolah Menengah Atas, Sabari yang pada awalnya menganggap cinta adalah racun manis penuh muslihat tiba-tiba menjadi majenun atau gila cinta pada sosok Purnama ke-12, sebutan Sabari untuk Marlena karena selalu membuatnya merinding saat menatapnya. 

Pada akhir kisah diceritakan Sabari mengikuti perlombaan maraton untuk kedua kalinya. Rencananya piala akan dipersembahkan kepada Zoro putranya yang terpisah selama delapan tahun. Namun sayangnya Sabari yang sudah menua dan kurang gizi. dikalahkan oleh pelari-pelari muda dan sehat lainnya. 

Biarpun begitu Sabari tidak menyerah walaupun panitia dan para penonton telah bubar, Sabari tetap melanjutkan lomba lari itu tanpa sepatu hingga garis finish dengan telapak kaki yang berdarah-darah. Sabari menyelesaikan lomba lari sepanjang 40 km seorang diri. 

Seluruh belitong terkagum-kagum akan perjuangan Sabari seluruh radio menyiarkan berita tentangnya. Ketenarannya pun bahkan melebihi juara lomba saat itu. sungguh Sabari adalah seorang ayah yang sangat mencintai putranya dan rela mengorbankan apapun demi putranya. 

Di dalam hal percintaan memang Sabari tidak sempat merasakan indahnya romansa dengan Marlena. Namun cintanya sangat tulus dan berharap Marlena dapat bahagia dengan segala pilihannya. Biarkanlah orang lain menganggap Sabari majnun, tidak logis, bodoh dan sebagainya tetapi Sabar tetap tidak kenal lelah mencintai seorang sangat tulus dan tanpa meminta imbalan apapun. 

Persahabatan Sabari dengan Ukun dan Tamat pun sangat menginspirasi. Zaman sekarang sangat sulit kita temui hubungan macam mereka bertiga yang telah terjalin dari kecil hingga tua. Dua sahabat yang rela mengarungi seluruh Sumatera untuk mempertemukan Sabari dengan belahan jiwanya, putranya, Zoro. 

Ulasan Unsur Intrinsik Novel Ayah oleh Kanal YouTube Sesudah Pepatah 

Andrea Hirata dalam novel ini berhasil menyihir pembacanya dengan kalimat yang puitis, khas dan sedikit nyeleneh.Pembaca pun bakal tertarik untuk terus membaca dan menyelesaikan buku ini hingga akhir. Tak hanya itu, dalam beberapa bagian tersurat lelucon yang sukses membuat pembaca terhibur. 

Banyak kejadian dalam hidup yang meski menyedihkan tetapi tetap ditertawakan dan ambil pelajaran berharganya, itulah yang disebut seni mencintai hal-hal sepele.

Novel ini menggunakan gaya bahasa yang mendayu-dayu untuk percakapan sehari-hari seperti membaca buku sastra lama. Padahal latar waktu novel ini mengambil garis waktu yang bukan jauh dari masa lampau. Ditambah dengan beberapa kata khas belitong yang membuat beberapa pembaca akan bingung dibuatnya, sehingga sedikit aneh jika menggunakan kalimat baku dalam percakapan sehari-hari. 

Selain itu penulis menggunakan alur campuran yang agak membingungkan. Pembaca akan merasa bahwa bab-bab awal tidak saling berkaitan dan berhubungan sehingga perlu memahami secara perlahan hingga akhir cerita dan membacanya ulang untuk benar-benar memahami garis waktu yang digunakan oleh penulis dan novel ini. 

Novel ini mengajarkan pembaca tentang nilai-nilai sosial seperti pantang menyerah, tekun, berpikir positif dan menghormati orang tua serta setia kawan. Nilai-nilai tersebut rasanya kini kian memudar. 

Penilaian Novel Ayah dari Kanal YouTube Sesudah Pepatah

Novel ini sangat cocok untuk dibaca semua usia khususnya bagi para pemuda dan pemudi yang ingin memahami definisi cinta dan kehidupan dalam contoh nyata karena kisah ini terinspirasi dari kisah nyata. Para pembaca akan dibuat kagum dengan sisi melankolis yang dapat kita resapi pada kehidupan nyata para tokoh dalam novel Ini.


Komentar

  1. Ya Allah saya ketawa dan nangis baca novel ini. Bagus banget😭 sesuai sama namanya sabari sabar banget. Dan dua sahabatnya lucu banget. Meskipun akhirnya dia nggak pernah merasakan cinta dari marlena tapi dia bisa merasakan cinta kepada anaknya. Padahal bukan anak kandung. Dan ending dari buku ini bikin saya bahagia banget.

    BalasHapus
  2. wah... sudah baca juga ya Kak? karya Andrea Hirata sih emang sering bikin saya kagum...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Terpopuler

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT  Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) adalah teknologi yang memungkinkan mesin untuk belajar, merencanakan dan memecahkan masalah secara mandiri. AI digunakan untuk membangun aplikasi cerdas seperti mobil otonom, chatbot pintar, dan asisten virtual. Namun, AI juga menimbulkan keprihatinan dan tantangan seperti pengambilan alih pekerjaan manusia dan potensi penyalahgunaan teknologi. Masalah keamanan dan privasi juga menjadi perhatian penting. Diperlukan kolaborasi antara ilmuwan, pemerinta, dan masyarakat untuk membangun sistem AI yang aman serta terpercaya.  Manfaat Kecerdasan Buatan dari OpenAI, ChatGPT ChatGPT adalah model bahasa besar yang dilatih oleh OpenAI. ChatGPT memiliki kemampuan dalam bidang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk menjawab pertanyaan dan menyelesaikan masalah secara mandiri.  Dengan teknologi ini, ChatGPT dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan berbagai masalah a

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda  M-Syariah, kalau mendengar namanya pasti Anda sudah menduga jika ini adalah suatu aplikasi. Dugaan Anda tidak salah. Jika Anda kira M-Syariah adalah kependekan dari Mobile Syariah, bisa jadi tidak salah juga. Pastinya M-Syariah adalah aplikasi mobile banking dari Bank Mega Syariah.  Bank Mega memahami bahwa kebutuhan layanan perbankan bisa diterapkan dengan nilai-nilai dan prinsip syariah. Untuk itu, Bank Mega menghadirkan Bank Mega Syariah yang didukung dengan layanan digital banking dari M-Syariah.  M-Syariah, Satu Aplikasi untuk Semua Transaksi  Sebuah aplikasi M-Syariah saja sudah cukup untuk melayani semua kebutuhan perbankan dan transaksi. Berikut adalah layanan yang bisa Anda akses serta transaksi yang bisa dilakukan di M-Syariah.  1. Membuka Tabungan Berkah Digital iB  Anda sedang tidak salah baca. Hanya dengan unduh, pasang dan gunakan aplikasi M-Syariah sudah bisa membuka rekening tabungan Berkah Di

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono Rasanya terlambat saya tahu tentang Pak Sapardi Djoko Damono. Masih amat sangat banyak profil penulis terkenal Indonesia yang belum saya "kenal" termasuk juga karyanya.  Saya baru mengetahui Pak Sapardi Djoko Damono melalui sebuah lagu karya Jason Ranti di bawah ini. Sampai sekarang Pak Sapardi juga terus mempengaruhi tulisan-tulisan fiksi dan puisi saya .  Profil Singkat Sapardi Djoko Damono  Lahir di Surakarta pada 20 Maret 1940, Sapardi Djoko Damono merupakan anak pertama dari pasangan Sadyoko dan Sapariah. Tempat tinggalnya saat itu tidak jauh dari WS. Rendra, B. Sutiman dan Sugiarta Sriwibawa.  Prof. Dr. Sapardi Djoko Damono adalah seorang penulis, sastrawan, penyair, penerjemah andal, editor, kritikus sastra, pengamat dan juga pakar sastra sekaligus. Beliau berkarya dan berprestasi sedari usianya masih sangat belia.  Pak Sapardi Djoko Damono wafat pada usia 80 tahun. Tepatnya pada 19 Juli 2020 di Tangerang Selatan.