Langsung ke konten utama

Rekomendasi Buku Self Improvement dari Booktuber Indah Nurbaeti

Rekomendasi Buku Self Improvement dari Booktuber Indah Nurbaeti 

rekomendasi buku self improvement
Photo by Noemi Macavei Katocz on unsplash.com

Indah Nurbaeti dalam kanal YouTube miliknya merekomendasikan sembilan judul buku self improvement atau pengembangan diri. Indah Nurbaeti merekam video tersebut karena banyak permintaan dari subscribernya. 

Berikut ini sembilan judul buku self improvement atau pengembangan diri tersebut. 

1. Filosofi Teras Karya Henry Manampiring 

Buku ini membahas tentang penerapan filosofi stoisisme dalam kehidupan saat ini. Di buku ini kita diajarkan untuk menemukan kedamaian dalam hidup melalui diri sendiri bukan ekspektasi di luar kendali kita. Bagaimana caranya mengatasi perasaan, mengatasi emosi atau musibah yang terjadi dalam hidup kita.

Dalam buku ini juga dijelaskan bagaimana kita bisa bersikap legowo atau berlapang dada, kita fokus saja pada apa yang dikendalikan karena manusia tidak bisa mengendalikan semua hal.  

2. Rich Dad, Poor Dad Karya Robert T. Kiyosaki

Buku ini disebut-sebut sebagai buku pengelolaan keuangan sepanjang masa. Penulisnya sudah melahirkan banyak buku laris. Kebanyakan bukunya itu diawali oleh kata-kata Rich Dad. Buku ini bercerita tentang Robert Kiyosaki yang diasuh oleh dua ayah. Yaitu Ayah kandungnya yang miskin dan ayah sahabatnya yang kaya. 

Penulis memberikan resep menjadi seorang yang kaya raya. Bunyi resep atau peraturan tersebut adalah, pertama pahami perbedaan aset dan juga kewajiban. Lalu yang kedua belilah aset. Peraturan sederhana ini dilakukan oleh orang kaya namun tidak dilakukan oleh kelas menengah atau orang miskin. Orang kaya membeli aset, orang miskin hanya memiliki beban pengeluaran dan orang kelas menengah membeli kewajiban yang dikira aset. 

Kemudian ada juga tips untuk tidak terjebak dalam hutang terlalu banyak. Kekurangan uang jangan mengurangi dari uang tabungan atau investasi tapi carilah alternatif pendapatan lain. Ada juga tips untuk jangan takut berbagi konsepnya seperti sedekah dan masih banyak tips-tips lainnya. 

3. Bicara itu Ada Seninya karya Oh Su Hyang

Buku ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang berkomunikasi. Dalam buku ini ada tips bagaimana berkomunikasi dengan baik, penulis menjelaskan mulai dari tips bagaimana berbicara dengan lancar kemudian dijelaskan juga bagaimana melatih logika dalam berbicara. 

Dalam buku ini dijelaskan juga penyebab seseorang kenapa bisa takut dalam berbicara, bisa gagap, bisa bergetar dan bisa takut untuk melihat lawan bicaranya.  

4. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat Karya Mark Manson

Dalam bukunya, Manson menjelaskan tentang mengatur sebuah prioritas. Dia mengungkapkan bahwa kunci kehidupan yang baik memang bukan untuk memedulikan banyak hal tapi tentang memedulikan hal sederhana. Hanya peduli tentang apa yang benar, yang mendesak dan yang penting saja. 

Bodo amat oleh Manson dijabarkan menjadi sebuah seni. Pertama, masa bodo itu bukan berarti menjadi acuh tak acuh, masa bodo artinya nyaman untuk berbeda dan menikmatinya hingga akhirnya sampai pada tujuan yang direncanakan. 

Kedua supaya kita bisa bodo amat pada sebuah kesulitan, kita harus peduli dulu pada sesuatu hal yang lebih penting di atas kesulitan itu. Selalu ingat untuk kembali kepada prioritas. Buku ini sangat cocok untuk Anda yang sering terpikirkan oleh banyak hal dan sering cemas.

5. Every Thing is F*cked A Book About Hope Karya Mark Manson

Buku ini merupakan buku asli dari buku berjudul Segala-galanya Ambyar. Lanjutan dari buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat. Buku ini memberikan perspektif baru tentang sebuah harapan, sebuah ekspetasi yang terkadang menjadi masalah dalam hidup. Selain itu di buku ini juga dibahas tentang penjelasan dunia secara makro sampai hal yang sederhana serta hal sehari-hari dalam kehidupan. 

6. Jangan Membuat Masalah Kecil Jadi Masalah Besar Karya Richard Carlson

Buku ini membahas tentang bagaimana kita tenang dalam mengatasi sebuah masalah. Penulisnya menyampaikan bahwa sebenarnya tidak ada masalah yang besar hanya kita saja yang sering membesar-besarkan sebuah masalah. Penulisannya tidak bertele-tele meskipun ada 100 bahasan, 100 bab dibahas tuntas secara padat. 

Mulai dari bagaimana menyikapi sebuah masalah, bagaimana agar bijak dalam mengambil sebuah keputusan dan ada sisi spiritualitasnya juga. 

7. Berani Tidak Disukai Karya Ichiro Kishimi dan Fumitake Koga

Buku ini disajikan dengan sebuah dialog atau percakapan antara seorang filsuf dan seorang pemuda atau seorang murid. Dalam percakapannya si filsuf ini membantu muridnya untuk memahami bagaimana kita menjalani sebuah hidup, bagaimana menentukan arah hidup dan juga bagaimana untuk berdamai dengan masa lalu. 

Setelah membaca buku Berani Tidak Disukai ini kita akan paham dan mengerti bagaimana konsep dalam mencintai diri sendiri serta bisa memaafkan diri sendiri. 

8. The Life Changing Magic of Tidying Up Karya Marie Kondo

Seni beres-beres dan metode merapikan ala Jepang karya Marie kondo yang merupakan pakar berbenah terkenal di Jepang bahkan dunia. Dia berhasil mengembangkan metode Konmari untuk membereskan barang-barang dan ruangan.  

Buku ini secara umum membahas tentang metode merapikan ala Jepang, di dalam buku ini pembaca akan diajak untuk melakukan bersih-bersih step by step. Bagaimana membersihkan supaya tidak sering-sering tapi efektif. 

9. Jangan Membuat Masalah Kecil dalam Hubungan Cinta Jadi Masalah Besar Karya Richard Carlson 

Sesuai dengan covernya yang berwarna pink dan juga judulnya, buku ini membahas bagaimana membina sebuah hubungan dengan pasangan, bagaimana caranya supaya bisa menjaga hubungan dengan pasangan supaya tetap harmonis. 

Banyak sekali tips dalam menjalin hubungan dengan pasangan di buku ini, penulis memaparkannya dengan jelas mulai dari bagaimana cara bereaksi terhadap pasangan yang mengkritik supaya reaksinya itu tidak berlebihan, cara mencegah pertengkaran kecil yang dapat menyebabkan pertengkaran besar dan cara menghargai pasangan. 

Sembilan judul buku self improvement atau pengembangan diri tersebut sangat bagus dan menarik. Buku self improvement yang baik tentu saja akan sangat bermanfaat bagi pembacanya. Jadi, sembilan judul buku self improvement tersebut sangat direkomendasikan untuk Anda baca.

Komentar

Postingan Terpopuler

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT  Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) adalah teknologi yang memungkinkan mesin untuk belajar, merencanakan dan memecahkan masalah secara mandiri. AI digunakan untuk membangun aplikasi cerdas seperti mobil otonom, chatbot pintar, dan asisten virtual. Namun, AI juga menimbulkan keprihatinan dan tantangan seperti pengambilan alih pekerjaan manusia dan potensi penyalahgunaan teknologi. Masalah keamanan dan privasi juga menjadi perhatian penting. Diperlukan kolaborasi antara ilmuwan, pemerinta, dan masyarakat untuk membangun sistem AI yang aman serta terpercaya.  Manfaat Kecerdasan Buatan dari OpenAI, ChatGPT ChatGPT adalah model bahasa besar yang dilatih oleh OpenAI. ChatGPT memiliki kemampuan dalam bidang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk menjawab pertanyaan dan menyelesaikan masalah secara mandiri.  Dengan teknologi ini, ChatGPT dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan berbagai masalah a

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda  M-Syariah, kalau mendengar namanya pasti Anda sudah menduga jika ini adalah suatu aplikasi. Dugaan Anda tidak salah. Jika Anda kira M-Syariah adalah kependekan dari Mobile Syariah, bisa jadi tidak salah juga. Pastinya M-Syariah adalah aplikasi mobile banking dari Bank Mega Syariah.  Bank Mega memahami bahwa kebutuhan layanan perbankan bisa diterapkan dengan nilai-nilai dan prinsip syariah. Untuk itu, Bank Mega menghadirkan Bank Mega Syariah yang didukung dengan layanan digital banking dari M-Syariah.  M-Syariah, Satu Aplikasi untuk Semua Transaksi  Sebuah aplikasi M-Syariah saja sudah cukup untuk melayani semua kebutuhan perbankan dan transaksi. Berikut adalah layanan yang bisa Anda akses serta transaksi yang bisa dilakukan di M-Syariah.  1. Membuka Tabungan Berkah Digital iB  Anda sedang tidak salah baca. Hanya dengan unduh, pasang dan gunakan aplikasi M-Syariah sudah bisa membuka rekening tabungan Berkah Di

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono Rasanya terlambat saya tahu tentang Pak Sapardi Djoko Damono. Masih amat sangat banyak profil penulis terkenal Indonesia yang belum saya "kenal" termasuk juga karyanya.  Saya baru mengetahui Pak Sapardi Djoko Damono melalui sebuah lagu karya Jason Ranti di bawah ini. Sampai sekarang Pak Sapardi juga terus mempengaruhi tulisan-tulisan fiksi dan puisi saya .  Profil Singkat Sapardi Djoko Damono  Lahir di Surakarta pada 20 Maret 1940, Sapardi Djoko Damono merupakan anak pertama dari pasangan Sadyoko dan Sapariah. Tempat tinggalnya saat itu tidak jauh dari WS. Rendra, B. Sutiman dan Sugiarta Sriwibawa.  Prof. Dr. Sapardi Djoko Damono adalah seorang penulis, sastrawan, penyair, penerjemah andal, editor, kritikus sastra, pengamat dan juga pakar sastra sekaligus. Beliau berkarya dan berprestasi sedari usianya masih sangat belia.  Pak Sapardi Djoko Damono wafat pada usia 80 tahun. Tepatnya pada 19 Juli 2020 di Tangerang Selatan.