Langsung ke konten utama

Kontroversi Pemimpin Perempuan dalam Buku Bolehkah Wanita Menjadi Imam Negara

Kontroversi Pemimpin Perempuan dalam Buku Bolehkah Wanita Menjadi Imam Negara 

Pemimpin Perempuan dalam Buku Bolehkah Wanita Menjadi Imam Negara
Pemimpin Perempuan dalam Buku Bolehkah Wanita Menjadi Imam Negara

Setelah era Ibu Megawati Soekarnoputri menjabat sebagai presiden, pemimpin perempuan di Indonesia jadi semakin banyak. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa daerah yang dikepalai oleh seorang wanita.

Kali ini, blog Review Buku Bagus akan mengulas sebuah buku lama tentang pemimpin perempuan dalam pandangan islam. Meskipun bukunya ringkas dan dan sudah lama, buku ini masih relevan dengan kehidupan berpolitik di Indonesia saat ini. 

Bolehkah Wanita Menjadi Imam Negara karya Muhammad Koderi Tentang Pemimpin Perempuan

Buku ini terbit saat di Indonesia Indonesia sedang dilanda isu kepemimpinan. Saat itu banyak pro kontra yang terjadi baik dari kalangan ahli, cerdik cendekia maupun orang awam. 

Hal tersebut terjadi karena saat itu Ibu Megawati Soekarnoputri digadang-gadang sebagai tokoh kuat yang bisa memimpin Indonesia. Menarik bukan? Berikut ini ulasan singkat. Berikut ini ulasan singkat dari buku berjudul Bolehkah Wanita Menjadi Imam Negara. 

1. Informasi Buku Bolehkah Wanita Menjadi Imam Negara 

Buku ini diterbitkan oleh Gema Insani Press pada tahun 1999, sudah cukup lama. Buku dengan judul Bolehkah Wanita Menjadi Imam Negara ini merupakan sebuah karya dari Muhammad Koderi. 

Buku yang satu ini terbilang kecil dan ringkas dari segi ukurannya. Dimensi buku ini hanya berukuran panjang 12 cm, lebar 18 cm dan ketebalannya 0,5 cm. Totalnya ada 126 halaman pada buku ini. 

Cover belakang buku Bolehkah Wanita Menjadi Imam Negara
Cover belakang buku Bolehkah Wanita Menjadi Imam Negara

2. Sinopsis Buku Bolehkah Wanita Menjadi Imam Negara 

Tidak ada masalah berkaitan dengan pemimpin perempuan dalam ajaran agama islam. Dalam islam, perempuan pun memiliki hak dan kewajiban yang sudah ditentukan sesuai dengan kodratnya. Soal kepemimpinan, islam secara tegas mengatur di mana kedudukan seorang wanita. 

Pengaturan tersebut sama sekali tidak merendahkan derajat wanita. Justru perempuan sangat dimuliakan oleh semua aturan yang diberlakukan dalam islam. Dalam buku ini juga dijelaskan batasan-batasan kepemimpinan seorang perempuan dalam islam. 

Lebih jauh lagi, hal yang menjadi perdebatan dan perbedaan pendapat adalah soal emansipasi wanita dan bolehkah perempuan menjadi imam negara Indonesia. Buku ini membahasnya dengan argumentasi berdasarkan dalil-dalil Al-Quran dan sunnah Nabi Muhammad SAW. 

3. Penilaian dari Review Buku Bagus 

Buku ini terbit pada 1999, saat itu penetrasi teknologi internet melalui telepon genggam bisa dikatakan tidak ada. Review Buku Bagus menilai cara yang dilakukan untuk menyampaikan pendapat dan argumen lewat buku seperti ini adalah cara yang sangat elegan. 

Tidak seperti fenomena yang terjadi seperti sekarang, opini kelompok tertentu seringkali dipaksakan dengan cara-cara yang tidak baik. Misalnya adalah dengan menyebarkan berita bohong atau menggiring opini publik dengan manipulasi di media sosial (internet). 

Cara dari buku berjudul Bolehkah Wanita Menjadi Imam Negara ini tentu perlu dicontoh. Terutama oleh orang yang ingin menyampaikan gagasannya dengan baik. Melalui buku maka informasi, gagasan dan argumentasi dapat disampaikan dengan mendalam serta komprehensif. 

Hal itu jauh lebih baik daripada menyampaikan informasi, gagasan atau argumentasi singkat seperti cuitan atau postingan di media sosial, apalagi tanpa dasar yang jelas. Jadi, buku ini sangat layak baca terutama untuk Anda yang ingin mengetahui sejauh mana hak dan kewajiban pemimpin perempuan dalam islam. 

Jika Anda berminat memiliki buku ini, Berikut tautan pembelian buku melalui marketplace Tokopedia: Bolehkah Wanita Menjadi Imam Negara - Muhammad Koderi.

Komentar

Postingan Terpopuler

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT  Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) adalah teknologi yang memungkinkan mesin untuk belajar, merencanakan dan memecahkan masalah secara mandiri. AI digunakan untuk membangun aplikasi cerdas seperti mobil otonom, chatbot pintar, dan asisten virtual. Namun, AI juga menimbulkan keprihatinan dan tantangan seperti pengambilan alih pekerjaan manusia dan potensi penyalahgunaan teknologi. Masalah keamanan dan privasi juga menjadi perhatian penting. Diperlukan kolaborasi antara ilmuwan, pemerinta, dan masyarakat untuk membangun sistem AI yang aman serta terpercaya.  Manfaat Kecerdasan Buatan dari OpenAI, ChatGPT ChatGPT adalah model bahasa besar yang dilatih oleh OpenAI. ChatGPT memiliki kemampuan dalam bidang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk menjawab pertanyaan dan menyelesaikan masalah secara mandiri.  Dengan teknologi ini, ChatGPT dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan berbagai masalah a

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda  M-Syariah, kalau mendengar namanya pasti Anda sudah menduga jika ini adalah suatu aplikasi. Dugaan Anda tidak salah. Jika Anda kira M-Syariah adalah kependekan dari Mobile Syariah, bisa jadi tidak salah juga. Pastinya M-Syariah adalah aplikasi mobile banking dari Bank Mega Syariah.  Bank Mega memahami bahwa kebutuhan layanan perbankan bisa diterapkan dengan nilai-nilai dan prinsip syariah. Untuk itu, Bank Mega menghadirkan Bank Mega Syariah yang didukung dengan layanan digital banking dari M-Syariah.  M-Syariah, Satu Aplikasi untuk Semua Transaksi  Sebuah aplikasi M-Syariah saja sudah cukup untuk melayani semua kebutuhan perbankan dan transaksi. Berikut adalah layanan yang bisa Anda akses serta transaksi yang bisa dilakukan di M-Syariah.  1. Membuka Tabungan Berkah Digital iB  Anda sedang tidak salah baca. Hanya dengan unduh, pasang dan gunakan aplikasi M-Syariah sudah bisa membuka rekening tabungan Berkah Di

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono Rasanya terlambat saya tahu tentang Pak Sapardi Djoko Damono. Masih amat sangat banyak profil penulis terkenal Indonesia yang belum saya "kenal" termasuk juga karyanya.  Saya baru mengetahui Pak Sapardi Djoko Damono melalui sebuah lagu karya Jason Ranti di bawah ini. Sampai sekarang Pak Sapardi juga terus mempengaruhi tulisan-tulisan fiksi dan puisi saya .  Profil Singkat Sapardi Djoko Damono  Lahir di Surakarta pada 20 Maret 1940, Sapardi Djoko Damono merupakan anak pertama dari pasangan Sadyoko dan Sapariah. Tempat tinggalnya saat itu tidak jauh dari WS. Rendra, B. Sutiman dan Sugiarta Sriwibawa.  Prof. Dr. Sapardi Djoko Damono adalah seorang penulis, sastrawan, penyair, penerjemah andal, editor, kritikus sastra, pengamat dan juga pakar sastra sekaligus. Beliau berkarya dan berprestasi sedari usianya masih sangat belia.  Pak Sapardi Djoko Damono wafat pada usia 80 tahun. Tepatnya pada 19 Juli 2020 di Tangerang Selatan.