Langsung ke konten utama

Review Buku Jenderal Gatot Subroto Tentara yang Tegas dan Setia Kawan

Review Buku Jenderal Gatot Subroto Tentara yang Tegas dan Setia Kawan 

Review Buku Jenderal Gatot Subroto Tentara yang Tegas dan Setia Kawan
Review buku Jenderal Gatot Subroto Tentara yang Tegas dan Setia Kawan ini ditulis karena ada unsur ketidaksengajaan. Saat mengajak anak ke Ruang Baca Anak Perpustakaan Kota Cilegon, saya melihat ada buku berjudul Gatot Subroto di salah satu rak. Langsung saja buku itu saya ambil karena keingintahuan saya akan sosok Gatot Subroto.  

Rasa ingin tahu itu sebenarnya tidak muncul tiba-tiba. Tapi timbul karena ingin lebih tahu tentang orang yang namanya juga dijadikan nama markas Grup 1 Korps Pasukan Khusus (Kopassus) Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Serang, yang kebetulan tidak jauh dari tempat tinggal saya di Cilegon. Pikir saya, pasti orangnya luar biasa sampai dijadikan nama markas pasukan elit. 

Review Buku Gatot Subroto Karya Rohmat Kurnia 

Buku berjudul Gatot Subroto ini saya temukan di Ruang Baca Anak Perpustakaan Kota Cilegon karena memang buku untuk anak. Dapat dilihat dari halaman sampul dengan gambar wajah Jenderal Gatot Subroto dan beberapa ilustrasi yang menarik. 

1. Informasi Buku 

Buku Gatot Subroto Tentara yang Tegas dan Setia Kawan ini terbit pada Agustus 2021. Penerbitnya adalah Bee Media Pustaka dari Jakarta. Buku karya Rohmat Kurnia ini diterbitkan dengan dimensi panjang 14,8 cm, lebar 21 cm dan berjumlah 62 halaman. Buku ini memiliki nomor ISBN 78-602-9473-54-4. 

Buku untuk anak ini memang tidak terbit sendirian dalam satu judul saja. Bee Media Pustaka menerbitkan beberapa nama pahlawan yang dijadikan buku. Buku-buku tersebut dinamakan seri buku Pahlawan Nasional. Beberapa nama pahlawan nasional yang dibuat mini biografinya dalam seri ini antara lain Gatot Subroto,  KH. Hasyim asy'ari, Dr.  Soetomo, Bung Tomo dan masih banyak yang lainnya.  

review buku gatot subroto back cover

2. Ringkasan Buku 

Buku Gatot Subroto Tentara yang Tegas dan Setia Kawan ini ditulis dengan sistematika yang mudah dimengerti. Penulisnya membagi buku ini ke dalam 12 bagian antara lain. Dua belas bagian dari buku tersebut tentu saja menceritakan sejarah Gatot Subroto dari lahir hingga tutup usia.  

Bagian satu hingga empat adalah tentang kehidupan awal Gatot Subroto. Beliau yang dilahirkan di Banyumas pada 10 Oktober 1909 tumbuh menjadi anak yang berani, berjiwa pemimpin dan setia kawan. Karena karakternya tersebut tidak heran jika beliau pernah bermasalah dengan sekolahnya karena berkelahi untuk membela kawan pribuminya yang diganggu oleh murid asing yang kala itu jadi penjajah. 

Bagian lima hingga sepuluh menceritakan pendidikan Gatot Subroto di Akademi Militer, perjalanan karirnya menjadi tentara,  perjuangan beliau pada saat Agresi Militer Belanda, hingga beliau menjabat posisi penting di tubuh militer. Gatot Subroto terkenal berprestasi di karirnya, salah satunya beliau pernah menjabat sebagai Gubernur Militer untuk kawasan Surakarta - Semarang - Pati -Madiun. 

Gatot Subroto sempat mengundurkan diri dari militer setelah beliau ditangkap karena dituduh terlibat aksi demonstrasi di depan Istana Presiden. Namun beliau kembali ke militer setelah mendapatkan panggilan. Gatot Subroto menjabat sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat hingga beliau tutup usia pada usia 55 tahun, tepatnya 11 Junii 1962 di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. 

3. Penilaian dari Review Buku Bagus 

Ringkasan buku Gatot Subroto Tentara yang Tegas dan Setia Kawan di atas memang sangat singkat. Begitu pula dengan buku aslinya. Hal itu mungkin saja karena bukunya khusus untuk anak-anak, sehingga tidak terlalu banyak informasi yang disampaikan. 

Meskipun demikian, banyak ilustrasi yang menarik di dalam buku ini. Hal itu jadi nilai lebih untuk buku anak-anak. Dengan ada atau banyak ilustrasi, anak-anak diharapkan mau semakin rajin membaca tentang para pahlawan nasional. Kesimpulan dari review buku Gatot Subroto ini adalah bagus dan sangat layak baca,  terutama untuk anak-anak. 

Komentar

Postingan Terpopuler

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT  Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) adalah teknologi yang memungkinkan mesin untuk belajar, merencanakan dan memecahkan masalah secara mandiri. AI digunakan untuk membangun aplikasi cerdas seperti mobil otonom, chatbot pintar, dan asisten virtual. Namun, AI juga menimbulkan keprihatinan dan tantangan seperti pengambilan alih pekerjaan manusia dan potensi penyalahgunaan teknologi. Masalah keamanan dan privasi juga menjadi perhatian penting. Diperlukan kolaborasi antara ilmuwan, pemerinta, dan masyarakat untuk membangun sistem AI yang aman serta terpercaya.  Manfaat Kecerdasan Buatan dari OpenAI, ChatGPT ChatGPT adalah model bahasa besar yang dilatih oleh OpenAI. ChatGPT memiliki kemampuan dalam bidang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk menjawab pertanyaan dan menyelesaikan masalah secara mandiri.  Dengan teknologi ini, ChatGPT dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan berbagai masalah a

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda  M-Syariah, kalau mendengar namanya pasti Anda sudah menduga jika ini adalah suatu aplikasi. Dugaan Anda tidak salah. Jika Anda kira M-Syariah adalah kependekan dari Mobile Syariah, bisa jadi tidak salah juga. Pastinya M-Syariah adalah aplikasi mobile banking dari Bank Mega Syariah.  Bank Mega memahami bahwa kebutuhan layanan perbankan bisa diterapkan dengan nilai-nilai dan prinsip syariah. Untuk itu, Bank Mega menghadirkan Bank Mega Syariah yang didukung dengan layanan digital banking dari M-Syariah.  M-Syariah, Satu Aplikasi untuk Semua Transaksi  Sebuah aplikasi M-Syariah saja sudah cukup untuk melayani semua kebutuhan perbankan dan transaksi. Berikut adalah layanan yang bisa Anda akses serta transaksi yang bisa dilakukan di M-Syariah.  1. Membuka Tabungan Berkah Digital iB  Anda sedang tidak salah baca. Hanya dengan unduh, pasang dan gunakan aplikasi M-Syariah sudah bisa membuka rekening tabungan Berkah Di

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono Rasanya terlambat saya tahu tentang Pak Sapardi Djoko Damono. Masih amat sangat banyak profil penulis terkenal Indonesia yang belum saya "kenal" termasuk juga karyanya.  Saya baru mengetahui Pak Sapardi Djoko Damono melalui sebuah lagu karya Jason Ranti di bawah ini. Sampai sekarang Pak Sapardi juga terus mempengaruhi tulisan-tulisan fiksi dan puisi saya .  Profil Singkat Sapardi Djoko Damono  Lahir di Surakarta pada 20 Maret 1940, Sapardi Djoko Damono merupakan anak pertama dari pasangan Sadyoko dan Sapariah. Tempat tinggalnya saat itu tidak jauh dari WS. Rendra, B. Sutiman dan Sugiarta Sriwibawa.  Prof. Dr. Sapardi Djoko Damono adalah seorang penulis, sastrawan, penyair, penerjemah andal, editor, kritikus sastra, pengamat dan juga pakar sastra sekaligus. Beliau berkarya dan berprestasi sedari usianya masih sangat belia.  Pak Sapardi Djoko Damono wafat pada usia 80 tahun. Tepatnya pada 19 Juli 2020 di Tangerang Selatan.