Langsung ke konten utama

Review Buku Filosofi untuk Hidup dan Bertahan dari Situasi Berbahaya Lainnya

Review Buku Filosofi untuk Hidup dan Bertahan dari Situasi Berbahaya Lainnya

image by Pustaka Digital Mitra Netra

Review buku Filosofi untuk Hidup dan Bertahan dari Situasi Berbahaya Lainnya kali ini datang dari seorang yang juga penulis. Dia menulis buku berjudul Filosofi Teras,  Henry Manampiring. Buku yang akan diulas oleh Henry Manampiring ini adalah buku spesial yang baru diterbitkan oleh penerbit Bentang. 

Buku ini jadi spesial karena penerbit Bentang meminta Henry Manampiring untuk menulis sedikit komentar pada buku ini. Dan kebetulan beliau pun sudah  membaca buku aslinya dalam bahasa Inggris yang berjudul Philosophy for Life and Other Dangerous Situations tulisan Jules Evans. Beliau sangat menyukai buku ini. 

Review Buku Filosofi untuk Hidup dan Bertahan dari Situasi Berbahaya Lainnya oleh Henry Manampiring

Buku ini menjadi salah satu bagian daftar pustaka untuk buku Filosofi Teras yang jadi karya dari Henry Manampiring. Beliau melakukan ulasan buku ini dalam tiga bagian.  Berikut ini review buku Filosofi untuk Hidup dan Bertahan di Situasi Berbahaya Lainnya oleh Henry Manampiring.  

Ringkasan Buku Filosofi untuk Hidup dan Bertahan dari Situasi Berbahaya Lainnya

Buku Philosophy for Life and Others  Dangerous Situations ini adalah buku nonfiksi tentunya. Dan buku ini bisa dibilang hasil investigasi penulisnya Jules Evans tentang berbagai aliran filsafat klasik dan filsafat jaman Yunani Romawi kuno. 

Hal yang menarik adalah karena Jules Evans berusaha menunjukkan bagaimana setiap aliran filsafat ini bertahan sampai sekarang, ada pengikutnya, ada kelompoknya,  followernya, dan bagaimana ternyata masih relevan untuk kehidupan sekarang. 

Tentunya dalam satu buku ini tidak mungkin meliputi semua sejarah tradisi filsafat. Jadi Jules Evans memfokuskan pada School of Athens atau aliran-aliran yang berakar dari tradisi Yunani kuno saja. Dan Sebenarnya ada alasan besarnya juga, yaitu karena filsafat dari Yunani kuno ini banyak aspek way of life. 

Menurut Henry Manampiring, jika dibandingkan dengan filsafat modern yang kadang-kadang terkesan membingungkan atau membahas topik-topik yang susah dicari relevansinya dengan kehidupan sehari-hari, aliran filsafat Yunani kuno lebih banyak penekanannya dalam memandu cara hidup. 

Hal yang menarik juga Jules Evans tidak hanya sebagai investigator tetapi dia menceritakan bagaimana filsafat membantu dia dari depresi atau problem mental health.  Khususnya filsafat stoa dan bagaimana dia merasa bahwa filsafat itu sesuatu yang bisa dipraktekan dan sangat membantu di kehidupan sehari-hari.

Dalam bukunya, Jules Evans mengangkat tentang stoisisme, filsafat stoa, filsafat Epicurus, Heraklitus, Pythagoras. Serta ada aliran skeptik, Diogenesis, Plato sampai Aristoteles. Pada saat membahas satu aliran filsafat, buku ini menceritakan orang-orang di zaman modern yang masih mempraktekkan atau masih mendapatkan manfaat dari aliran filsafat tersebut. 

Pentingnya Membaca Buku Filosofi untuk Hidup dan Bertahan dari Situasi Berbahaya Lainnya

Henry Manampiring menilai buku Filosofi untuk Hidup dan Bertahan dari Situasi Berbahaya Lainnya ini penting untuk dibaca. Pertama karena beliau selalu percaya bahwa banyak aliran filsafat yang sebenarnya bisa bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai contoh filsafat stoa yang bisa membuat orang lebih resilient atau lebih tangguh menghadapi berbagai cobaan hidup. Filsafat Epikurean yang menunjukkan bahwa bahagia itu sederhana. Dan aliran skeptik yang mempertanyakan banyak hal, tidak mudah percaya apa kata orang, dan selalu berpikir kritis. 

Bahkan tentang kematian misalnya. Bagaimana kematian itu tidak seharusnya menakutkan kita dari perspektif filsafat. Jadi, buku ini bagus dan Penerbit Bentang menterjemahkan buku ini karena ingin menjembatani pemikiran-pemikiran yang sudah ada ribuan tahun lalu itu dengan kehidupan saat ini.  Dan ternyata masih sangat relevan dengan kehidupan sehari-hari.

Cara Penulisan Buku Filosofi untuk Hidup dan Bertahan dari Situasi Berbahaya Lainnya

Terakhir tentang cara penulisan. Buku non fiksi yang satu ini mengingatkan Henry Manampiring pada Malcolm Gladwell. Buku ini dibuka dengan kisah menarik dari seseorang di kota tertentu, di negara tertentu. Kemudian Jules Evans cerita tentang hidupnya dan bagaimana dia kemudian mempraktekkan sebuah aliran filsafat yang membantu hidupnya lebih baik.

Bahasanya cukup mudah dimengerti, tidak ribet. Seperti membaca artikel saja. Rasanya pembaca Indonesia mudah untuk menemukan aplikasinya di kehidupan sehari-hari.

Demikian review buku Filosofi untuk Hidup dan Bertahan dari Situasi Berbahaya Lainnya karya Jules Evans. Buku ini sudah diterjemahkan oleh penerbit Bentang, semoga tulisan yang bagus ini bisa menjangkau lebih banyak orang-orang Indonesia.

Komentar

Postingan Terpopuler

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT  Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) adalah teknologi yang memungkinkan mesin untuk belajar, merencanakan dan memecahkan masalah secara mandiri. AI digunakan untuk membangun aplikasi cerdas seperti mobil otonom, chatbot pintar, dan asisten virtual. Namun, AI juga menimbulkan keprihatinan dan tantangan seperti pengambilan alih pekerjaan manusia dan potensi penyalahgunaan teknologi. Masalah keamanan dan privasi juga menjadi perhatian penting. Diperlukan kolaborasi antara ilmuwan, pemerinta, dan masyarakat untuk membangun sistem AI yang aman serta terpercaya.  Manfaat Kecerdasan Buatan dari OpenAI, ChatGPT ChatGPT adalah model bahasa besar yang dilatih oleh OpenAI. ChatGPT memiliki kemampuan dalam bidang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk menjawab pertanyaan dan menyelesaikan masalah secara mandiri.  Dengan teknologi ini, ChatGPT dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan berbagai masalah a

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda  M-Syariah, kalau mendengar namanya pasti Anda sudah menduga jika ini adalah suatu aplikasi. Dugaan Anda tidak salah. Jika Anda kira M-Syariah adalah kependekan dari Mobile Syariah, bisa jadi tidak salah juga. Pastinya M-Syariah adalah aplikasi mobile banking dari Bank Mega Syariah.  Bank Mega memahami bahwa kebutuhan layanan perbankan bisa diterapkan dengan nilai-nilai dan prinsip syariah. Untuk itu, Bank Mega menghadirkan Bank Mega Syariah yang didukung dengan layanan digital banking dari M-Syariah.  M-Syariah, Satu Aplikasi untuk Semua Transaksi  Sebuah aplikasi M-Syariah saja sudah cukup untuk melayani semua kebutuhan perbankan dan transaksi. Berikut adalah layanan yang bisa Anda akses serta transaksi yang bisa dilakukan di M-Syariah.  1. Membuka Tabungan Berkah Digital iB  Anda sedang tidak salah baca. Hanya dengan unduh, pasang dan gunakan aplikasi M-Syariah sudah bisa membuka rekening tabungan Berkah Di

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono Rasanya terlambat saya tahu tentang Pak Sapardi Djoko Damono. Masih amat sangat banyak profil penulis terkenal Indonesia yang belum saya "kenal" termasuk juga karyanya.  Saya baru mengetahui Pak Sapardi Djoko Damono melalui sebuah lagu karya Jason Ranti di bawah ini. Sampai sekarang Pak Sapardi juga terus mempengaruhi tulisan-tulisan fiksi dan puisi saya .  Profil Singkat Sapardi Djoko Damono  Lahir di Surakarta pada 20 Maret 1940, Sapardi Djoko Damono merupakan anak pertama dari pasangan Sadyoko dan Sapariah. Tempat tinggalnya saat itu tidak jauh dari WS. Rendra, B. Sutiman dan Sugiarta Sriwibawa.  Prof. Dr. Sapardi Djoko Damono adalah seorang penulis, sastrawan, penyair, penerjemah andal, editor, kritikus sastra, pengamat dan juga pakar sastra sekaligus. Beliau berkarya dan berprestasi sedari usianya masih sangat belia.  Pak Sapardi Djoko Damono wafat pada usia 80 tahun. Tepatnya pada 19 Juli 2020 di Tangerang Selatan.