Langsung ke konten utama

Review Buku Belajar Cara Belajar Karya Syarif Rousan Fikri oleh Channel YouTube Hujan Tanda Tanya

Review Buku Belajar Cara Belajar Karya Syarif Rousan Fikri oleh Channel YouTube Hujan Tanda Tanya 

image by Gramedia

Bahasan kali ini adalah review buku Belajar Cara Belajar karya Syarif Rousan Fikri dan kawan-kawan. Review buku ini dilakukan oleh channel YouTube Hujan Tanda Tanya. Channel ini sendiri adalah milik Syarif Rousan Fikri yang juga merupakan penulis buku serta pemimpin proyeknya. Dia memimpin dua penulis lain di buku ini. 

Kita perlu belajar bagaimana caranya belajar, salah satu alasannya adalah karena situasi hidup tidak selamanya mulus, otak pun tidak selamanya dalam mood yang bagus. Oleh karena itu maka kita harus bisa tahu kapan harus mengerem atau kapan harus menancap gas kencang-kencang saat dalam proses belajar. 

Pentingnya Belajar Cara Belajar

Orang yang sudah menemukan cara belajar yang tepat untuk dirinya sendiri biasa belajar dengan efektif dan tidak perlu menghabiskan waktu yang lama. Mereka pun biasanya mampu mengelola emosi dan mood. Akhirnya dengan mengenali dirinya sendiri dan menggunakan cara belajar yang tepat, mereka pun bisa berprestasi gemilang. 

Cara belajar yang baik atau belajar caranya untuk belajar ini ternyata sangat jarang diajarkan dalam pendidikan formal, bahkan mungkin belum pernah ada yang bikin kursus atau modul pembelajaran khususnya. Padahal skill ini adalah yang paling penting di masa depan. Karena masa depan itu sangat dinamis dan cepat. 

Hujan Tanda Tanya berkolaborasi dengan Google membuat course Learning How to Learn (LHTL). Dalam course tersebut dibahas bagaimana caranya agar orang belajar cara belajar yang tepat untuk dirinya sendiri. Tentu saja untuk menghadapi perkembangan dan kemajuan zaman yang sangat cepat. 

Langkah-angkah Belajar Cara Belajar

Review buku Belajar Cara Belajar ini menyajikan sedikit ringkasan mengenai isi bukunya. Di mana buku Belajar Cara Belajar adalah ringkasan dari kursus Learning How to Learning yang bisa menjadi pelengkap sekaligus quick reference. Sehingga Anda dapat terus mempraktekkan dan cepat membuka referensi saat sedang lupa. 

Jadi buku Belajar Cara Belajar merangkum apa yang ada di course LHTL, quotes-quotes menarik di dalamnya, gambar-gambar penting, konsep-komsep pentingnya, dan juga halaman latihan supaya kita bisa benar-benar mempraktekkan ilmu yang ada di Learning How to Learn with Hujan Tanda Tanya. 

Berikut ini adalah lima langkah yang bisa Anda lakukan menurut buku Belajar Cara Belajar agar dapat belajar dengan efektif. Lima langkah tersebut disingkat dengan KTSP. 

  1. Kenapa, pelajari dan cari tahu kenapa kita harus belajar cara belajar. 
  2. Tentukan tujuan yang ingin dicapai ketika belajar. Hal ini yang  sangat membedakan orang-orang berprestasi cemerlang dengan yang lain. Mereka memiliki tujuan yang sangat jelas. 
  3. Pola pikir, setelah memiliki tujuan kita harus memiliki pola pikir yang tepat. 
  4. Sistem belajar, langkah berikutnya adalah membangun sistem belajar yang baik sehingga nyaman untuk Anda saat proses belajar. 
  5. Teknik, setelah keempat langkah sebelumnya sudah dijalankan dengan baik barulah cari dan gunakan teknik belajar yang tepat. Banyak sekali teknik belajar yang bisa dipraktekkan. Dan suatu teknik belajar belum tentu cocok untuk setiap orang.  

Kesimpulan dari buku Belajar Cara Belajar ini adalah untuk menunjukkan apakah Anda sudah belajar dengan cara yang tepat. Jika belum tepat maka buku ini memiliki cara-caranya. Cara-cara tersebut dirangkum dalam lima langkah. Demikian review buku Belajar Cara Belajar dari channel YouTube Hujan Tanda Tanya. 

Komentar

Postingan Terpopuler

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT  Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) adalah teknologi yang memungkinkan mesin untuk belajar, merencanakan dan memecahkan masalah secara mandiri. AI digunakan untuk membangun aplikasi cerdas seperti mobil otonom, chatbot pintar, dan asisten virtual. Namun, AI juga menimbulkan keprihatinan dan tantangan seperti pengambilan alih pekerjaan manusia dan potensi penyalahgunaan teknologi. Masalah keamanan dan privasi juga menjadi perhatian penting. Diperlukan kolaborasi antara ilmuwan, pemerinta, dan masyarakat untuk membangun sistem AI yang aman serta terpercaya.  Manfaat Kecerdasan Buatan dari OpenAI, ChatGPT ChatGPT adalah model bahasa besar yang dilatih oleh OpenAI. ChatGPT memiliki kemampuan dalam bidang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk menjawab pertanyaan dan menyelesaikan masalah secara mandiri.  Dengan teknologi ini, ChatGPT dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan berbagai masalah a

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda  M-Syariah, kalau mendengar namanya pasti Anda sudah menduga jika ini adalah suatu aplikasi. Dugaan Anda tidak salah. Jika Anda kira M-Syariah adalah kependekan dari Mobile Syariah, bisa jadi tidak salah juga. Pastinya M-Syariah adalah aplikasi mobile banking dari Bank Mega Syariah.  Bank Mega memahami bahwa kebutuhan layanan perbankan bisa diterapkan dengan nilai-nilai dan prinsip syariah. Untuk itu, Bank Mega menghadirkan Bank Mega Syariah yang didukung dengan layanan digital banking dari M-Syariah.  M-Syariah, Satu Aplikasi untuk Semua Transaksi  Sebuah aplikasi M-Syariah saja sudah cukup untuk melayani semua kebutuhan perbankan dan transaksi. Berikut adalah layanan yang bisa Anda akses serta transaksi yang bisa dilakukan di M-Syariah.  1. Membuka Tabungan Berkah Digital iB  Anda sedang tidak salah baca. Hanya dengan unduh, pasang dan gunakan aplikasi M-Syariah sudah bisa membuka rekening tabungan Berkah Di

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono Rasanya terlambat saya tahu tentang Pak Sapardi Djoko Damono. Masih amat sangat banyak profil penulis terkenal Indonesia yang belum saya "kenal" termasuk juga karyanya.  Saya baru mengetahui Pak Sapardi Djoko Damono melalui sebuah lagu karya Jason Ranti di bawah ini. Sampai sekarang Pak Sapardi juga terus mempengaruhi tulisan-tulisan fiksi dan puisi saya .  Profil Singkat Sapardi Djoko Damono  Lahir di Surakarta pada 20 Maret 1940, Sapardi Djoko Damono merupakan anak pertama dari pasangan Sadyoko dan Sapariah. Tempat tinggalnya saat itu tidak jauh dari WS. Rendra, B. Sutiman dan Sugiarta Sriwibawa.  Prof. Dr. Sapardi Djoko Damono adalah seorang penulis, sastrawan, penyair, penerjemah andal, editor, kritikus sastra, pengamat dan juga pakar sastra sekaligus. Beliau berkarya dan berprestasi sedari usianya masih sangat belia.  Pak Sapardi Djoko Damono wafat pada usia 80 tahun. Tepatnya pada 19 Juli 2020 di Tangerang Selatan.