Langsung ke konten utama

Resensi Buku Atomic Habits Karya James Clear dari Channel YouTube Resensi Buku - Teman Baca

Resensi Buku Atomic Habits Karya James Clear dari Channel YouTube Resensi Buku - Teman Baca

atomic habits james clear
image by aspirasionline.com

Review Buku Bagus kali ini akan menyajikan resensi buku Atomic Habits karya James Clear. Resensi buku ini dilakukan oleh Rendy Vally dari akun YouTube Teman Baca. Buku Atomic Habits ini sudah banyak dibaca oleh banyak orang dan membantu untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan yang ingin ditinggalkan. 

Buku ini juga sudah banyak membuat orang bisa jadi lebih baik dalam kehidupan sehari-hari dan juga untuk kebaikan di masa depan. Berikut ini resensi buku Atomic Habits.

Identitas Buku Atomic Habits

Resensi buku Atomic Habits ini kita mulai dari identitas buku. Judul lengkap bukunya adalah Atomic Habits Perubahan Kecil yang Memberikan Hasil Luar Biasa. Penulisnya adalah James Clear dan penerbit dari versi Indonesia ini adalah PT. Gramedia Pustaka Utama. Buku ini terbit pada tahun 2020, memiliki jumlah halaman sebanyak 342. 

Sinopsis Buku Atomic Habits

Pada dasarnya setiap orang itu memiliki kebiasaan-kebiasaan yang mereka sadari perlu diubah. Jadi contohnya misalkan kebiasaan menunda pekerjaan, kebiasaan tidak rapi, berantakan, kebiasaan telat, kebiasaan malas, kebiasaan enggan untuk berolahraga, dan banyak kebiasaan buruk lainnya yang disadari tapi sulit diubah. Parahnya, banyak orang yang kebingungan harus memulai dari mana. 

James Clear menuliskan buku ini untuk menjawab permasalahan tersebut. James membagikan pengalaman hidupnya, di mana banyak berubah karena melakukan perubahan-perubahan kecil. Hal ini yang akhirnya diajak oleh James dalam buku Atomic Habits karyanya. Ajakan untuk melakukan perbaikan satu persen setiap harinya. Benar-benar konsep yang sangat menarik.

Jadi kita juga harus menyadari apa yang menjadi kebiasaan kita sekarang adalah hasil dari kebiasaan-kebiasaan sederhana yang terus dilakukan oleh diri kita di masa lampau. Hal itu termasuk kebiasaan baik ataupun yang tidak baik. Tentu saja buku Atomic Habits ini mengajak kepada kita untuk mulai membentuk kebiasaan-kebiasaan baik. 

Buku Atomic Habits mengajak kita melihat bagaimana kebiasaan-kebiasaan bisa membentuk identitas diri. Demikian pula sebaliknya, identitas diri kita juga bisa mencerminkan ataupun membentuk kebiasaan-kebiasaan. 

back cover atomic habits
image by mojokstore.com

Hal yang Perlu Ada dalam Perubahan Perilaku

Terdapat tiga lapisan berbentuk lingkaran yang perlu ada sebagai bentuk perubahan perilaku. Pertama adalah hasil, lapisan paling luar. Lapisan yang kedua adalah proses, dan lapisan paling dalam atau yang ketiga adalah identitas. 

Ada dua tipe perubahan yang terjadi. Di mana ada perubahan itu perilaku yang berbasis dari hasil ke identitas diri, atau dari lapisan terluar ke lapisan terdalam. Kemudian ada yang berbasis dari identitas ke hasil, atau dari lapisan terdalam ke lapisan terluar. 

Atomic Habits menganjurkan kita menerapkan perubahan yang berbasis identitas bukan hasil. Perubahan yang berbasiskan hasil misalnya seseorang ingin berbadan sehat dan ideal maka orang tersebut berolahraga. Hal itu rawan akan inkonsistensi dan kebosanan, karena cukup lama untuk mencapai suatu hasil tertentu dalam hal apapun. 

Sebaliknya, yang dianjurkan adalah memulainya dari identitas. Jadi, karena kita kita sebagai seorang manusia yang telah diberikan fisik sempurna oleh Tuhan.  Maka kita harus berolahraga atau melakukan sebuah proses untuk menjaga kesehatan dan kesempurnaan tubuh. Hal seperti ini yang diajak oleh buku Atomic Habits

Empat Tahapan yang Harus Diatasi untuk Membentuk Kebiasaan Baru

Gagasan utama yang ditawarkan pada buku ini yaitu bagaimana kita mengatasi tiap-tiap tahapan pada siklus pembentuk kebiasaan manusia. Hal itu terdiri dari empat tahap yaitu petunjuk, gairah, tanggapan dan ganjaran. Berikut ini penjelasan mengenai empat tahap tersebut. 

1. Menjadikannya Terlihat

Hal ini terkait dengan petunjuk. Kondisikan semua hal positif yang dapat mengubah kebiasaan kita menjadi dekat dan terlihat agar berfungsi sebagai petunjuk. Misalnya bila kita ingin rutin berolahraga maka coba susun pakaian olahraga di lemari menjadi lebih dekat, terlihat dan mudah diambil.  Begitu pula dengan perlengkapan olahraga lainnya. 

2. Timbulkan Gairah 

Setelah menjadikannya terlihat dan kita sudah bisa memulai kebiasaan yang ingin dibentuk, maka langkah selanjutnya adalah untuk membuat kegiatan tersebut lebih bergairah dan lebih menyenangkan untuk dilakukan. Contohnya adalah berolahraga sambil melakukan hobi mendengarkan musik. 

3. Tanggapan

Hal yang kita rasakan setelah beberapa lama menjalankan kebiasaan baru. Tanggapan ini sebisa mungkin disetting baik untuk kita.  Tanggapan yang kita rasakan akan banyak manfaatnya hingga akhir pembentukan kebiasaan baru. Contohnya adalah setelah lama dan rutin berolahraga seharusnya kita menanggapi dengan perasaan senang karena tubuh menjadi lebih segar. 

4. Ganjaran

Hal ini adalah tahap akhir dari pembentukan kebiasaan baru dan merupakan konsekuensi hasilnya. Contohnya, setelah terbiasa berolahraga maka ganjarannya adalah tubuh kita menjadi ideal, sehat dan tidak gampang sakit. 

Sedangkan untuk menghilangkan suatu kebiasaan maka tinggal lakukan kebalikan dari empat hal tersebut di atas. Di bagian petunjuk kita bikin tidak terlihat. Di bagian gairah kita buat tidak menarik. Lalu di bagian tanggapan buat menjadi tidak mudah untuk dilakukan. Kemudian di bagian ganjaran kita buat itu tidak memuaskan. Bagaimana cara lengkapnya dijelaskan di buku Atomic Habits ini.  

Kelebihan Buku Atomic Habits

Berdasarkan review buku Atomic Habits ini dapat disimpulkan kelebihan bukunya yaitu mengupas tuntas semua hal mengapa kebiasaan baik itu penting. Jadi ada kisah-kisah inspiratif, taktik-taktik dan bagaimana membentuknya langkah demi langkah. Semua dijelaskan dalam buku ini. 

Selain itu, kelebihan lain dari buku ini adalah isinya dari pengalaman nyata si penulis. Tidak hanya memaparkan hasil pemikiran dan pengalamannya tetapi juga disertai hasil-hasil penelitian, kisah-kisah nyata pengalaman orang lain, dan disediakan website serta sarana pendukung untuk orang yang ingin melakukan kaidah Atomic Habits. 

Langkah-langkah yang dijelaskan sangat baik dan sangat aplikatif. Buktinya banyak sarana pendukung seperti website www.jamesclear.com yang bebas dikunjungi. 

Di sisi lain yang menjadi kelebihan buku ini adalah sulih bahasanya. Dilakukan oleh saudara Alex Widodo, sulih bahasanya sangat baik sehingga mudah dipahami. Bahasa dan pemilihan katanyanya juga cocok jadinya kita tidak bingung. Lalu soal tata letak penulisannya dan desain mirip dengan buku versi bahasa aslinya sehingga buku ini menjadi menarik dan mudah untuk dibaca 

Kekurangan Buku Atomic Habits

Kekurangan pada buku ini adalah pengantar pada tiap bab. Pengantar tersebut rasanya terlalu panjang. Ssharusnya bisa dipersingkat sehingga mampu memberikan penjelasan beserta contoh-contoh yang lebih banyak pada bagian isinya

Pada kesimpulannya, blog Review Buku Bagus dalam resensi buku Atomic Habits sangat merekomendasikan buku ini untuk dibaca. Pembacanya bisa dari semua kalangan dan semua usia. Buku ini rasanya seperti wajib dibaca untuk setiap orang agar tetap termotivasi, semakin berkembang dan produktif. Demikian review buku atau resensi buku Atomic Habits, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan Terpopuler

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT  Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) adalah teknologi yang memungkinkan mesin untuk belajar, merencanakan dan memecahkan masalah secara mandiri. AI digunakan untuk membangun aplikasi cerdas seperti mobil otonom, chatbot pintar, dan asisten virtual. Namun, AI juga menimbulkan keprihatinan dan tantangan seperti pengambilan alih pekerjaan manusia dan potensi penyalahgunaan teknologi. Masalah keamanan dan privasi juga menjadi perhatian penting. Diperlukan kolaborasi antara ilmuwan, pemerinta, dan masyarakat untuk membangun sistem AI yang aman serta terpercaya.  Manfaat Kecerdasan Buatan dari OpenAI, ChatGPT ChatGPT adalah model bahasa besar yang dilatih oleh OpenAI. ChatGPT memiliki kemampuan dalam bidang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk menjawab pertanyaan dan menyelesaikan masalah secara mandiri.  Dengan teknologi ini, ChatGPT dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan berbagai masalah a

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda  M-Syariah, kalau mendengar namanya pasti Anda sudah menduga jika ini adalah suatu aplikasi. Dugaan Anda tidak salah. Jika Anda kira M-Syariah adalah kependekan dari Mobile Syariah, bisa jadi tidak salah juga. Pastinya M-Syariah adalah aplikasi mobile banking dari Bank Mega Syariah.  Bank Mega memahami bahwa kebutuhan layanan perbankan bisa diterapkan dengan nilai-nilai dan prinsip syariah. Untuk itu, Bank Mega menghadirkan Bank Mega Syariah yang didukung dengan layanan digital banking dari M-Syariah.  M-Syariah, Satu Aplikasi untuk Semua Transaksi  Sebuah aplikasi M-Syariah saja sudah cukup untuk melayani semua kebutuhan perbankan dan transaksi. Berikut adalah layanan yang bisa Anda akses serta transaksi yang bisa dilakukan di M-Syariah.  1. Membuka Tabungan Berkah Digital iB  Anda sedang tidak salah baca. Hanya dengan unduh, pasang dan gunakan aplikasi M-Syariah sudah bisa membuka rekening tabungan Berkah Di

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono Rasanya terlambat saya tahu tentang Pak Sapardi Djoko Damono. Masih amat sangat banyak profil penulis terkenal Indonesia yang belum saya "kenal" termasuk juga karyanya.  Saya baru mengetahui Pak Sapardi Djoko Damono melalui sebuah lagu karya Jason Ranti di bawah ini. Sampai sekarang Pak Sapardi juga terus mempengaruhi tulisan-tulisan fiksi dan puisi saya .  Profil Singkat Sapardi Djoko Damono  Lahir di Surakarta pada 20 Maret 1940, Sapardi Djoko Damono merupakan anak pertama dari pasangan Sadyoko dan Sapariah. Tempat tinggalnya saat itu tidak jauh dari WS. Rendra, B. Sutiman dan Sugiarta Sriwibawa.  Prof. Dr. Sapardi Djoko Damono adalah seorang penulis, sastrawan, penyair, penerjemah andal, editor, kritikus sastra, pengamat dan juga pakar sastra sekaligus. Beliau berkarya dan berprestasi sedari usianya masih sangat belia.  Pak Sapardi Djoko Damono wafat pada usia 80 tahun. Tepatnya pada 19 Juli 2020 di Tangerang Selatan.