Langsung ke konten utama

Review Buku Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori oleh Podluck Podcast Collective

Review Buku Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori oleh Podluck Podcast Collective 

laut bercerita oleh Leila S. chudori 1
Photo by marhaenpress.com

Buku Laut Bercerita karya Leila S. Chudori ini cocok untuk Anda yang suka karya-karya fiksi sejarah seperti Pulau Buru, Max Havelaar, Orang-Orang Proyek, Ronggeng Dukuh Paruk atau juga buku Pulang karena dari penulis yang sama. Laut Bercerita diterbitkan oleh Kepustakaan Populer Gramedia pada tahun 2017.

Novel Laut Bercerita karya leila S. Chudori ini sangat menyentuh, memadukan antara kisah fiksi dan juga sejarah kelam yang terjadi di tahun 1998. Cara penceritaannya benar-benar mengaduk-aduk emosi. Sampul bukunya sendiri juga sudah cukup menggambarkan isinya tentang apa. Pada sampulnya terlihat gambar dasar laut dan ada dua kaki yang dirantai.

Sinopsis Novel Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori

Buku Novel Laut Bercerita sistematika penulisannya dibagi menjadi dua. Bagian pertama sudut pandangnya dari tokoh bernama Biru Laut, kemudian di bagian kedua cerita diambil dari sudut pandang Asmara Jati yang merupakan adik dari Biru Laut. Alur yang digunakan pada novel ini adalah alur maju mundur yang cukup menarik dan tidak membingungkan.

Novel ini terinspirasi dari tokoh nyata yang penulis interview sebagai narasumber untuk buku ini. Buku ini tentang Biru Laut, seorang mahasiswa dan juga aktivis. Karena kesukaannya terhadap sastra dan karya-karya Pramoedya Ananta Toer akhirnya Biru Laut kenal dengan Kinan dan aktif di dua organisasi pergerakan mahasiswa yaitu Winandra dan Wirasena. 

Berlatarkan sejarah kelam kerusuhan 1998, para mahasiswa yang ada di dalam buku ini termasuk dari para aktivis yang menentang pemerintah di masa itu. Hingga pemerintah tidak tinggal diam dan berusaha untuk menangkap Biru Laut beserta teman-temannya. Biru Laut tertangkap kemudian menghilang. Bagian ini menjadi bagian pertama. 

Setelah Biru Laut menghilang barulah cerita beralih ke bagian kedua. Sudut pandangnya bukan lagi dari Biru Laut melainkan dari Asmara Jati, adiknya Biru Laut. Bagian kedua bercerita tentang Asmara Jati dan kisah keluarganya yang sabar dan setia menunggu Biru Laut untuk pulang 

Penilaian Novel Laut Bercerita dari Podluck Podcast Collective

Di Goodreads buku Laut Bercerita mendapat rating 4 bintang dari lima bintang. Rating itu didapatkan lebih dari tujuh ribu orang. Hampir semuanya setuju kalau buku ini memang bagus. Sampai sekarang buku ini juga masih jadi salah satu buku yang paling dicari pembaca dan juga yang paling banyak dibahas.

Saking populernya, buku ini sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.Tidak sampai di situ, Laut Bercerita juga sudah pernah dibuat dalam versi film pendek berdurasi 30 menit. Jadi buku Laut Bercerita karya Leila S. Chudori ini sangat Podluck Podcast Collective rekomendasikan untuk Anda baca.

Komentar

Postingan Terpopuler

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT  Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) adalah teknologi yang memungkinkan mesin untuk belajar, merencanakan dan memecahkan masalah secara mandiri. AI digunakan untuk membangun aplikasi cerdas seperti mobil otonom, chatbot pintar, dan asisten virtual. Namun, AI juga menimbulkan keprihatinan dan tantangan seperti pengambilan alih pekerjaan manusia dan potensi penyalahgunaan teknologi. Masalah keamanan dan privasi juga menjadi perhatian penting. Diperlukan kolaborasi antara ilmuwan, pemerinta, dan masyarakat untuk membangun sistem AI yang aman serta terpercaya.  Manfaat Kecerdasan Buatan dari OpenAI, ChatGPT ChatGPT adalah model bahasa besar yang dilatih oleh OpenAI. ChatGPT memiliki kemampuan dalam bidang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk menjawab pertanyaan dan menyelesaikan masalah secara mandiri.  Dengan teknologi ini, ChatGPT dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan berbagai masalah a

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda  M-Syariah, kalau mendengar namanya pasti Anda sudah menduga jika ini adalah suatu aplikasi. Dugaan Anda tidak salah. Jika Anda kira M-Syariah adalah kependekan dari Mobile Syariah, bisa jadi tidak salah juga. Pastinya M-Syariah adalah aplikasi mobile banking dari Bank Mega Syariah.  Bank Mega memahami bahwa kebutuhan layanan perbankan bisa diterapkan dengan nilai-nilai dan prinsip syariah. Untuk itu, Bank Mega menghadirkan Bank Mega Syariah yang didukung dengan layanan digital banking dari M-Syariah.  M-Syariah, Satu Aplikasi untuk Semua Transaksi  Sebuah aplikasi M-Syariah saja sudah cukup untuk melayani semua kebutuhan perbankan dan transaksi. Berikut adalah layanan yang bisa Anda akses serta transaksi yang bisa dilakukan di M-Syariah.  1. Membuka Tabungan Berkah Digital iB  Anda sedang tidak salah baca. Hanya dengan unduh, pasang dan gunakan aplikasi M-Syariah sudah bisa membuka rekening tabungan Berkah Di

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono Rasanya terlambat saya tahu tentang Pak Sapardi Djoko Damono. Masih amat sangat banyak profil penulis terkenal Indonesia yang belum saya "kenal" termasuk juga karyanya.  Saya baru mengetahui Pak Sapardi Djoko Damono melalui sebuah lagu karya Jason Ranti di bawah ini. Sampai sekarang Pak Sapardi juga terus mempengaruhi tulisan-tulisan fiksi dan puisi saya .  Profil Singkat Sapardi Djoko Damono  Lahir di Surakarta pada 20 Maret 1940, Sapardi Djoko Damono merupakan anak pertama dari pasangan Sadyoko dan Sapariah. Tempat tinggalnya saat itu tidak jauh dari WS. Rendra, B. Sutiman dan Sugiarta Sriwibawa.  Prof. Dr. Sapardi Djoko Damono adalah seorang penulis, sastrawan, penyair, penerjemah andal, editor, kritikus sastra, pengamat dan juga pakar sastra sekaligus. Beliau berkarya dan berprestasi sedari usianya masih sangat belia.  Pak Sapardi Djoko Damono wafat pada usia 80 tahun. Tepatnya pada 19 Juli 2020 di Tangerang Selatan.