Langsung ke konten utama

Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu yang Penting untuk Bisnis

Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu yang Penting untuk Bisnis 

marketing strategy photo

Strategi komunikasi pemasaran terpadu atau integrated marketing communication strategy dapat diartikan sebagai cara-cara yang dilakukan untuk menerapkan komunikasi pemasaran terpadu. Lantas apa pengertian dari komunikasi pemasaran terpadu itu sendiri?

Komunikasi pemasaran terpadu adalah sebuah konsep komunikasi pemasaran yang dilakukan secara komprehensif, dengan melibatkan berbagai disiplin ilmu komunikasi. Hal tersebut berarti komunikasi pemasaran terpadu melibatkan periklanan, hubungan masyarakat, promosi dan lain-lain.

Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Era Modern 

Komunikasi pemasaran terpadu merupakan konsep yang terbilang modern. Konsep ini mulai lahir pada awal 1990. Strategi komunikasi pemasaran terpadu yang diterapkan melingkupi segi produk, harga, tempat dan promosi. Berikut ini strategi yang biasa diterapkan dalam komunikasi pemasaran. 

Strategi Media 

Di era modern ini, akan jadi suatu kesalahan besar bagi suatu perusahaan jika tidak mengikuti perkembangan media. Komunikasi pemasaran tidak akan lepas dari media. Oleh karena itu, strategi komunikasi pemasaran terpadu pun memiliki strategi melalui media.

Terlebih lagi saat ini penetrasi media sangatlah cepat menyebar. Hal itu tidak lepas dari berkembang pesatnya media sosial yang terkesan mulai menggeser media cetak dan media elektronik yang lain. Tapi komunikasi pemasaran tidak akan begitu saja meninggalkan media-media selain media sosial. 

Target Audiens dan Target Pasar 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, strategi komunikasi pemasaran terpadu melingkupi segi produk, harga, tempat dan promosi. Strategi untuk mengincar target audiens yang tepat adalah bagian dari promosi sedangkan target pasar adalah bagian dari produk.

Perencanaan target audiens dan target pasar mana yang harus disasar akan berpengaruh besar pada hasil penjualan. Rencana ini harus matang dan tepat, sering ada contoh kasus yang menunjukkan bahwa sebuah produk dengan target pasar tertentu justru berbeda target audiens promosinya. 

Strategi Pesan 

Strategi komunikasi pemasaran terpadu berikutnya adalah strategi pesan. Cara ini termasuk ke dalam bagian tempat dan promosi. Strategi pesan ini berkaitan erat dengan disiplin ilmu komunikasi, baik komunikasi verbal maupun komunikasi visual.

Strategi pesan ini biasanya dilakukan untuk bagaimana menghadirkan pesan promosi dari suatu produk. Mulai dari konsepnya seperti apa, jangkauannya seluas apa, pendekatannya bagaimana, daya tarik pesannya dan bagaimana mengeksekusi pesan tersebut.

Hasil yang diharapkan dari sebuah strategi tentunya adalah keberhasilan. Jadi, penjualan produk yang optimal adalah salah satu indikasi keberhasilan dari perencanaan dan penerapan strategi komunikasi pemasaran terpadu.

Komentar

Postingan Terpopuler

Ulasan Buku Sultan Ageng Tirtayasa Karya Ian Mustafa

Ulasan Buku Sultan Ageng Tirtayasa Karya Ian Mustafa  Masih dari Perpustakaan Kota Cilegon, tepatnya di Ruang Baca Anak . Kali ini Review Buku Bagus akan melakukan ulasan buku Sultan Ageng Tirtayasa karya Ian Mustafa. Karena memang saya mendapatkannya dari ruang baca anak, jadi buku ini juga merupakan buku untuk anak-anak.  Buku ini sangat cocok dan tepat untuk anak-anak. Dari segi jumlah halamannya saja tidak terlalu banyak, tidak sampai 50 halaman. Sehingga anak-anak bisa menyelesaikan bacaan ini dengan tidak terlalu kesulitan.  Buku Sultan Ageng Tirtayasa, Tentang Perebutan Tahta oleh Anak Sendiri  Jumlah halamannya yang hanya sedikit, maka tidak memungkinkan untuk memuat seluruh sejarah tentang Sultan Ageng Tirtayasa. Pada ulasan buku kali ini akan dibahas mengenai beberapa bagian sejarah dari Sultan Ageng Tirtayasa dan Kesultanan Banten.  Informasi Buku Sultan Ageng Tirtayasa  Buku berjudul Sultan Ageng Tirtayasa ini merupakan karya dari Ian Mustafa...

Ulasan Buku Antasari, KPK, & Belitan Cinta Segi Tiga Karya Burhanuddin Abe & Faisyal

Ulasan Buku Antasari, KPK, & Belitan Cinta Segi Tiga Karya Burhanuddin Abe & Faisyal  Ulasan buku Antasari, KPK, & Belitan Cinta Segi Tiga ini ditulis karena sedang ramainya berita tentang salah satu pimpinan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) yang justru tersandung kasus korupsi. Sebenarnya buku yang diulas ini adalah buku lama. Kasus Antasari Azhar pun sudah selesai secara hukum.  Bukan layaknya seperti ulasan buku biografi , tujuan ulasan buku ini salah satunya adalah untuk mengingatkan kepada pembaca bahwa KPK adalah lembaga yang dibentuk untuk menegakkan keadilan. Khususnya untuk menghilangkan praktek korupsi yang seperti sudah jadi budaya di Indonesia. KPK juga adalah lembaga yang punya banyak tantangan, salah satunya adalah kasus Antasari Azhar.  Informasi Buku Antasari, KPK, & Belitan Cinta Segi Tiga   Buku Antasari, KPK, & Belitan Cinta Segi Tiga ditulis oleh Burhanuddin Abe dan Faisyal Chaniago. Terbit pada 2009 di Yogyakarta. Penerbit...

Review Buku Sepasang Sepatu Tua Karya Sapardi Djoko Damono

Review Buku Sepasang Sepatu Tua Sepilihan Cerpen Sapardi Djoko Damono  Buku kumpulan cerpen yang berjudul Sepasang Sepatu Tua Sepilihan Cerpen Sapardi Djoko Damono ini jadi buku prosa pertama yang saya baca dari karya Pak Sapardi. Sebelumnya saya hanya tahu Sapardi Djoko Damono dari sebuah lagu Jason Ranti. Setelah tahu dari lagi itu, saya pernah mencari dan membaca beberapa karya puisinya.  Ketertarikan saya untuk membaca buku ini juga sebenarnya hanya karena ingin kembali mengisi postingan yang sudah lama absen dari dalam blog Review Buku Bagus. Awalnya khawatir, cerpen Sapardi Djoko Damono pasti bukan cerpen yang biasa-biasa saja.  Kekhawatiran saya pun terjawab. Ada beberapa cerpen karya Sapardi Djoko Damono yang rumit dan sulit saya mengerti.  Sepasang Sepatu Tua , Sebuah Kumpulan Cerpen Pilihan dari Sapardi Djoko Damono  Pada halaman terakhir buku ini ada sebuah kalimat atau ulasan yang menyatakan bahwa, banyak benda-benda mati yang jadi hidup dan berki...