Langsung ke konten utama

Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu yang Penting untuk Bisnis

Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu yang Penting untuk Bisnis 

marketing strategy photo

Strategi komunikasi pemasaran terpadu atau integrated marketing communication strategy dapat diartikan sebagai cara-cara yang dilakukan untuk menerapkan komunikasi pemasaran terpadu. Lantas apa pengertian dari komunikasi pemasaran terpadu itu sendiri?

Komunikasi pemasaran terpadu adalah sebuah konsep komunikasi pemasaran yang dilakukan secara komprehensif, dengan melibatkan berbagai disiplin ilmu komunikasi. Hal tersebut berarti komunikasi pemasaran terpadu melibatkan periklanan, hubungan masyarakat, promosi dan lain-lain.

Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Era Modern 

Komunikasi pemasaran terpadu merupakan konsep yang terbilang modern. Konsep ini mulai lahir pada awal 1990. Strategi komunikasi pemasaran terpadu yang diterapkan melingkupi segi produk, harga, tempat dan promosi. Berikut ini strategi yang biasa diterapkan dalam komunikasi pemasaran. 

Strategi Media 

Di era modern ini, akan jadi suatu kesalahan besar bagi suatu perusahaan jika tidak mengikuti perkembangan media. Komunikasi pemasaran tidak akan lepas dari media. Oleh karena itu, strategi komunikasi pemasaran terpadu pun memiliki strategi melalui media.

Terlebih lagi saat ini penetrasi media sangatlah cepat menyebar. Hal itu tidak lepas dari berkembang pesatnya media sosial yang terkesan mulai menggeser media cetak dan media elektronik yang lain. Tapi komunikasi pemasaran tidak akan begitu saja meninggalkan media-media selain media sosial. 

Target Audiens dan Target Pasar 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, strategi komunikasi pemasaran terpadu melingkupi segi produk, harga, tempat dan promosi. Strategi untuk mengincar target audiens yang tepat adalah bagian dari promosi sedangkan target pasar adalah bagian dari produk.

Perencanaan target audiens dan target pasar mana yang harus disasar akan berpengaruh besar pada hasil penjualan. Rencana ini harus matang dan tepat, sering ada contoh kasus yang menunjukkan bahwa sebuah produk dengan target pasar tertentu justru berbeda target audiens promosinya. 

Strategi Pesan 

Strategi komunikasi pemasaran terpadu berikutnya adalah strategi pesan. Cara ini termasuk ke dalam bagian tempat dan promosi. Strategi pesan ini berkaitan erat dengan disiplin ilmu komunikasi, baik komunikasi verbal maupun komunikasi visual.

Strategi pesan ini biasanya dilakukan untuk bagaimana menghadirkan pesan promosi dari suatu produk. Mulai dari konsepnya seperti apa, jangkauannya seluas apa, pendekatannya bagaimana, daya tarik pesannya dan bagaimana mengeksekusi pesan tersebut.

Hasil yang diharapkan dari sebuah strategi tentunya adalah keberhasilan. Jadi, penjualan produk yang optimal adalah salah satu indikasi keberhasilan dari perencanaan dan penerapan strategi komunikasi pemasaran terpadu.

Komentar

Postingan Terpopuler

Review Buku Of Mice and Men Karya John Steinbeck

Review Buku Of Mice and Men Karya John Steinbeck     Review Buku Bagus kali ini menghadirkan review buku Of Mice and Men. Buku Of Mice and Men atau Tikus dan Manusia ini merupakan salah satu karya sastra klasik dari John Steinbeck. Jika dilihat dari jumlah kata dan ketebalan bukunya maka karya tergolong ke dalam novel pendek atau novelet. Edisi bahasa Indonesianya tidak sampai 150 halaman.  Pengarangnya, John Steinbeck merupakan salah satu sastrawan terkenal dari Amerika Serikat yang karya-karyanya telah banyak diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Termasuk juga bahasa Indonesia. John Steinbeck pernah mendapatkan penghargaan nobel sastra pada 1926. Novel Of Mice and Men sendiri pertama kali terbit pada 1937. Review Buku Bagus Tikus dan Manusia, Karya Sastra Klasik dari Amerika Serikat   Review buku Of Mice and Men ini ditulis setelah tim Review Buku Bagus membacanya melalui aplikasi iPusnas. Saat tulisan ini dibuat, sudah 1715 kali orang membaca atau meminjam buku ini lewat aplikasi

Ulasan Buku Sultan Ageng Tirtayasa Karya Ian Mustafa

Ulasan Buku Sultan Ageng Tirtayasa Karya Ian Mustafa  Masih dari Perpustakaan Kota Cilegon, tepatnya di Ruang Baca Anak . Kali ini Review Buku Bagus akan melakukan ulasan buku Sultan Ageng Tirtayasa karya Ian Mustafa. Karena memang saya mendapatkannya dari ruang baca anak, jadi buku ini juga merupakan buku untuk anak-anak.  Buku ini sangat cocok dan tepat untuk anak-anak. Dari segi jumlah halamannya saja tidak terlalu banyak, tidak sampai 50 halaman. Sehingga anak-anak bisa menyelesaikan bacaan ini dengan tidak terlalu kesulitan.  Buku Sultan Ageng Tirtayasa, Tentang Perebutan Tahta oleh Anak Sendiri  Jumlah halamannya yang hanya sedikit, maka tidak memungkinkan untuk memuat seluruh sejarah tentang Sultan Ageng Tirtayasa. Pada ulasan buku kali ini akan dibahas mengenai beberapa bagian sejarah dari Sultan Ageng Tirtayasa dan Kesultanan Banten.  Informasi Buku Sultan Ageng Tirtayasa  Buku berjudul Sultan Ageng Tirtayasa ini merupakan karya dari Ian Mustafa. Buku ini adalah salah satu

Cara Mudah Membuat Novel dengan 13 Mantra Menulis Fiksi

Cara Mudah Membuat Novel dengan 13 Mantra Menulis Fiksi Lomba membuat novel atau lomba menulis novel adalah salah satu alasan mengapa ulasan buku kali ini ditulis. Saya sebagai pengurus blog Review Buku Bagus saat ini berhasrat untuk menulis novel pertama sekaligus diikutkan lomba.  Kegiatan lomba tersebut adalah salah satu agenda dari platform Karyakarsa yang bekerja sama dengan Noice. Sebelumnya saya sudah memiliki beberapa karya berupa puisi dan fiksimini di Karyakarsa . Tapi untuk membuat novel merupakan tantangan terbaru buat saya.  Cara Mudah Membuat Novel dengan 13 Mantra  Saya belum pernah menulis panjang seperti novel. Oleh karena itu saya merasa kesulitan dan saya memilih belajar dari buku ini. 13 Mantra Menulis Fiksi jadi salah satu buku yang saya pilih. Buku ini saya pinjam dari aplikasi iPusnas. Berikut ini ulasan buku 13 Mantra Menulis Fiksi setelah saya selesai membacanya.  1. Informasi Buku  Buku berjudul 13 Mantra Menulis Fiksi ini ditulis oleh ImperialJathee, seo