Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu yang Penting untuk Bisnis
Strategi komunikasi pemasaran terpadu atau integrated marketing communication strategy dapat diartikan sebagai cara-cara yang dilakukan untuk menerapkan komunikasi pemasaran terpadu. Lantas apa pengertian dari komunikasi pemasaran terpadu itu sendiri?
Komunikasi pemasaran terpadu adalah sebuah konsep komunikasi pemasaran yang dilakukan secara komprehensif, dengan melibatkan berbagai disiplin ilmu komunikasi. Hal tersebut berarti komunikasi pemasaran terpadu melibatkan periklanan, hubungan masyarakat, promosi dan lain-lain.
Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Era Modern
Komunikasi pemasaran terpadu merupakan konsep yang terbilang modern. Konsep ini mulai lahir pada awal 1990. Strategi komunikasi pemasaran terpadu yang diterapkan melingkupi segi produk, harga, tempat dan promosi. Berikut ini strategi yang biasa diterapkan dalam komunikasi pemasaran.
Strategi Media
Di era modern ini, akan jadi suatu kesalahan besar bagi suatu perusahaan jika tidak mengikuti perkembangan media. Komunikasi pemasaran tidak akan lepas dari media. Oleh karena itu, strategi komunikasi pemasaran terpadu pun memiliki strategi melalui media.
Terlebih lagi saat ini penetrasi media sangatlah cepat menyebar. Hal itu tidak lepas dari berkembang pesatnya media sosial yang terkesan mulai menggeser media cetak dan media elektronik yang lain. Tapi komunikasi pemasaran tidak akan begitu saja meninggalkan media-media selain media sosial.
Target Audiens dan Target Pasar
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, strategi komunikasi pemasaran terpadu melingkupi segi produk, harga, tempat dan promosi. Strategi untuk mengincar target audiens yang tepat adalah bagian dari promosi sedangkan target pasar adalah bagian dari produk.
Perencanaan target audiens dan target pasar mana yang harus disasar akan berpengaruh besar pada hasil penjualan. Rencana ini harus matang dan tepat, sering ada contoh kasus yang menunjukkan bahwa sebuah produk dengan target pasar tertentu justru berbeda target audiens promosinya.
Strategi Pesan
Strategi komunikasi pemasaran terpadu berikutnya adalah strategi pesan. Cara ini termasuk ke dalam bagian tempat dan promosi. Strategi pesan ini berkaitan erat dengan disiplin ilmu komunikasi, baik komunikasi verbal maupun komunikasi visual.
Strategi pesan ini biasanya dilakukan untuk bagaimana menghadirkan pesan promosi dari suatu produk. Mulai dari konsepnya seperti apa, jangkauannya seluas apa, pendekatannya bagaimana, daya tarik pesannya dan bagaimana mengeksekusi pesan tersebut.
Hasil yang diharapkan dari sebuah strategi tentunya adalah keberhasilan. Jadi, penjualan produk yang optimal adalah salah satu indikasi keberhasilan dari perencanaan dan penerapan strategi komunikasi pemasaran terpadu.
Komentar
Posting Komentar