Langsung ke konten utama

Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu yang Penting untuk Bisnis

Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu yang Penting untuk Bisnis 

marketing strategy photo

Strategi komunikasi pemasaran terpadu atau integrated marketing communication strategy dapat diartikan sebagai cara-cara yang dilakukan untuk menerapkan komunikasi pemasaran terpadu. Lantas apa pengertian dari komunikasi pemasaran terpadu itu sendiri?

Komunikasi pemasaran terpadu adalah sebuah konsep komunikasi pemasaran yang dilakukan secara komprehensif, dengan melibatkan berbagai disiplin ilmu komunikasi. Hal tersebut berarti komunikasi pemasaran terpadu melibatkan periklanan, hubungan masyarakat, promosi dan lain-lain.

Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Era Modern 

Komunikasi pemasaran terpadu merupakan konsep yang terbilang modern. Konsep ini mulai lahir pada awal 1990. Strategi komunikasi pemasaran terpadu yang diterapkan melingkupi segi produk, harga, tempat dan promosi. Berikut ini strategi yang biasa diterapkan dalam komunikasi pemasaran. 

Strategi Media 

Di era modern ini, akan jadi suatu kesalahan besar bagi suatu perusahaan jika tidak mengikuti perkembangan media. Komunikasi pemasaran tidak akan lepas dari media. Oleh karena itu, strategi komunikasi pemasaran terpadu pun memiliki strategi melalui media.

Terlebih lagi saat ini penetrasi media sangatlah cepat menyebar. Hal itu tidak lepas dari berkembang pesatnya media sosial yang terkesan mulai menggeser media cetak dan media elektronik yang lain. Tapi komunikasi pemasaran tidak akan begitu saja meninggalkan media-media selain media sosial. 

Target Audiens dan Target Pasar 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, strategi komunikasi pemasaran terpadu melingkupi segi produk, harga, tempat dan promosi. Strategi untuk mengincar target audiens yang tepat adalah bagian dari promosi sedangkan target pasar adalah bagian dari produk.

Perencanaan target audiens dan target pasar mana yang harus disasar akan berpengaruh besar pada hasil penjualan. Rencana ini harus matang dan tepat, sering ada contoh kasus yang menunjukkan bahwa sebuah produk dengan target pasar tertentu justru berbeda target audiens promosinya. 

Strategi Pesan 

Strategi komunikasi pemasaran terpadu berikutnya adalah strategi pesan. Cara ini termasuk ke dalam bagian tempat dan promosi. Strategi pesan ini berkaitan erat dengan disiplin ilmu komunikasi, baik komunikasi verbal maupun komunikasi visual.

Strategi pesan ini biasanya dilakukan untuk bagaimana menghadirkan pesan promosi dari suatu produk. Mulai dari konsepnya seperti apa, jangkauannya seluas apa, pendekatannya bagaimana, daya tarik pesannya dan bagaimana mengeksekusi pesan tersebut.

Hasil yang diharapkan dari sebuah strategi tentunya adalah keberhasilan. Jadi, penjualan produk yang optimal adalah salah satu indikasi keberhasilan dari perencanaan dan penerapan strategi komunikasi pemasaran terpadu.

Komentar

Postingan Terpopuler

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT  Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) adalah teknologi yang memungkinkan mesin untuk belajar, merencanakan dan memecahkan masalah secara mandiri. AI digunakan untuk membangun aplikasi cerdas seperti mobil otonom, chatbot pintar, dan asisten virtual. Namun, AI juga menimbulkan keprihatinan dan tantangan seperti pengambilan alih pekerjaan manusia dan potensi penyalahgunaan teknologi. Masalah keamanan dan privasi juga menjadi perhatian penting. Diperlukan kolaborasi antara ilmuwan, pemerinta, dan masyarakat untuk membangun sistem AI yang aman serta terpercaya.  Manfaat Kecerdasan Buatan dari OpenAI, ChatGPT ChatGPT adalah model bahasa besar yang dilatih oleh OpenAI. ChatGPT memiliki kemampuan dalam bidang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk menjawab pertanyaan dan menyelesaikan masalah secara mandiri.  Dengan teknologi ini, ChatGPT dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan berbagai masalah a

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda  M-Syariah, kalau mendengar namanya pasti Anda sudah menduga jika ini adalah suatu aplikasi. Dugaan Anda tidak salah. Jika Anda kira M-Syariah adalah kependekan dari Mobile Syariah, bisa jadi tidak salah juga. Pastinya M-Syariah adalah aplikasi mobile banking dari Bank Mega Syariah.  Bank Mega memahami bahwa kebutuhan layanan perbankan bisa diterapkan dengan nilai-nilai dan prinsip syariah. Untuk itu, Bank Mega menghadirkan Bank Mega Syariah yang didukung dengan layanan digital banking dari M-Syariah.  M-Syariah, Satu Aplikasi untuk Semua Transaksi  Sebuah aplikasi M-Syariah saja sudah cukup untuk melayani semua kebutuhan perbankan dan transaksi. Berikut adalah layanan yang bisa Anda akses serta transaksi yang bisa dilakukan di M-Syariah.  1. Membuka Tabungan Berkah Digital iB  Anda sedang tidak salah baca. Hanya dengan unduh, pasang dan gunakan aplikasi M-Syariah sudah bisa membuka rekening tabungan Berkah Di

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono Rasanya terlambat saya tahu tentang Pak Sapardi Djoko Damono. Masih amat sangat banyak profil penulis terkenal Indonesia yang belum saya "kenal" termasuk juga karyanya.  Saya baru mengetahui Pak Sapardi Djoko Damono melalui sebuah lagu karya Jason Ranti di bawah ini. Sampai sekarang Pak Sapardi juga terus mempengaruhi tulisan-tulisan fiksi dan puisi saya .  Profil Singkat Sapardi Djoko Damono  Lahir di Surakarta pada 20 Maret 1940, Sapardi Djoko Damono merupakan anak pertama dari pasangan Sadyoko dan Sapariah. Tempat tinggalnya saat itu tidak jauh dari WS. Rendra, B. Sutiman dan Sugiarta Sriwibawa.  Prof. Dr. Sapardi Djoko Damono adalah seorang penulis, sastrawan, penyair, penerjemah andal, editor, kritikus sastra, pengamat dan juga pakar sastra sekaligus. Beliau berkarya dan berprestasi sedari usianya masih sangat belia.  Pak Sapardi Djoko Damono wafat pada usia 80 tahun. Tepatnya pada 19 Juli 2020 di Tangerang Selatan.