Langsung ke konten utama

Novel Adalah: Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contohnya

Novel Adalah: Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contohnya

novel photo by Prateek Katyal on unsplash.com

Menurut KBBI novel adalah karangan prosa yang panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat pelaku.

Sudah tahu kan pengertian novel? Sebenarnya ada beberapa novel yang blog Review Buku Bagus ulas. Tapi sebenarnya penulis dari ulasan tersebut pun belum mengetahui seluk beluk novel itu sendiri. Pada tulisan kali ini akan dibahas mengenai novel mulai dari pengertian, jenis hingga contohnya. 

Pengertian Novel 

Selain menurut KBBI ada juga pengertian novel menurut Encyclopaedia Britannica, disebutkan bahwa novel adalah sebuah narasi prosa yang diciptakan dengan panjang yang cukup dan kompleksitas tertentu.

Sedangkan secara etimologis, novel berasal dari bahasa Italia yaitu novella. Arti dari novella itu sendiri adalah sebuah kisah atau cerita. Biasanya sebuah novel memiliki cerita yang panjang, konflik yang kompleks dan juga ada pesan moral atau amanat untuk pembacanya.

Ciri-ciri dan Struktur Novel 

Secara umum novel memiliki beberapa ciri-ciri sebagai berikut: Pertama, ceritanya cukup panjang bahkan bisa sangat panjang. ciri kedua yaitu bila dibukukan, biasanya lebih dari 100 halaman atau mengandung lebih dari 30.000 kata. Ketiga yaitu, novel biasanya memiliki amanat atau pesan yang ingin disampaikan penulis kepada pembacanya.

Selain ciri-ciri tersebut di atas, novel pun memiliki struktur tersendiri. Struktur tersebut berturut-turut adalah abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi dan koda. Penjelasan dari struktur novel tersebut adalah sebagai berikut: 

1. Abstrak

Ringkasan inti cerita atau segala hal yang berkaitan dengan isi cerita, bagian ini sebenarnya opsional.

2. Orientasi 

Pengertian orientasi adalah segala macam narasi, deskripsi atau penjelasan mengenai latar, suasana, waktu dan tokoh dalam novel.

3. Komplikasi

Bagian yang menjelaskan beberapa kejadian dengan hubungan sebab akibatnya.

4. Evaluasi

Bagian evaluasi pada novel adalah saat di mana suatu konflik atau beberapa konflik mengarah ke suatu titik tertentu.

5. Resolusi

Pengertian dari bagian resolusi novel adalah saat di mana tokoh utama menemukan solusi atas konflik-konflik yang melandanya.

6. Koda

Bagian ini adalah akhir dari suatu novel. Biasanya akan muncul kesimpulan atau pesan yang lebih jelas dari penulis kepada pembaca.

novel foto oleh Riza Rifshandya di unsplash.com

Unsur-Unsur yang Terdapat pada Novel

Novel memiliki makna dan berisi setelah strukturnya dipenuhi dengan unsur-unsur novel. Hal yang dimaksud dengan unsur-unsur novel adalah unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Berikut ini penjelasannya.

Unsur Intrinsik pada Novel 

Unsur-unsur yang terkandung di dalam sebuah novel disebut dengan unsur intrinsik. Berikut ini adalah penjelasan mengenai unsur intrinsik pada novel. 

1. Tema 

Sebuah novel pasti memiliki pokok pembahasan dalam keseluruhan ceritanya. Pokok pembahasan utama itu yang disebut dengan tema sebuah novel. 

2. Alur 

Unsur intrinsik yang berupa rangkaian kejadian dalam sebuah novel disebut dengan alur. Novel memiliki beberapa jenis alur cerita yaitu alur maju, alur mundur (flashback) dan alur maju mundur. 

3. Latar atau Setting 

Latar merupakan unsur intrinsik novel berupa tempat, waktu atau suasana di mana cerita sebuah novel berlangsung. Penggambaran latar yang sangat jelas seringkali membuat pembaca terlena saat membaca novel. 

4. Penokohan 

Dalam suatu cerita novel pasti ada tokoh atau pemerannya. Penggambaran atau penjelasan mengenai tokoh ini disebut dengan penokohan. Tidak jarang penokohan pada suatu karakter di novel bisa sangat kuat sehingga karakter rekaan tersebut serasa mewujud nyata. 

5. Sudut Pandang 

Unsur ini adalah bagaimana cara penulis menceritakan keseluruhan novelnya. Apakah itu sudut pandang orang pertama di mana penulis menjadi salah satu tokoh yang menceritakan kejadian dalam novel.  

Ada juga sudut pandang orang ketiga, di mana biasanya penulis berada di luar cerita dan menjadi narator. Penulis sebagai narator biasanya mengetahui segala kejadian yang ada di novel. 

Unsur Ekstrinsik pada Novel 

Ada juga hal-hal di luar novel yang seringkali mempengaruhi isi dari novel tersebut. Salah satunya adalah latar belakang atau biografi penulis. 

Latar belakang penulis biasanya akan mempengaruhi sudut pandang penulis dalam menceritakan novelnya. Dengan demikian unsur ekstrinsik secara tidak langsung memang berpengaruh terhadap isi novel. 

Jenis-Jenis Novel dan Contohnya 

novel photo by Andrew Johnson on unsplash.com

Banyak sekali jenis atau pengkategorian novel. Pada artikel kali ini hanya akan dibahas sedikit beberapa jenis novel berdasarkan genrenya. 

Genre itu sendiri adalah pengkategorian karena suatu konvensi yang sudah lama terjadi, biasanya batasannya pun tidak terlalu jelas. Berikut ini beberapa genre novel dan contohnya. 

1. Novel Chicklit 

Novel chicklit adalah buku novel yang menceritakan tentang seorang gadis remaja dengan lika-liku kehidupannya. Contoh novel chicklit yang populer adalah novel seri Shopaholic karya Sophie Kinsella. 

2. Novel Teenlit 

Teenlit adalah genre novel yang isinya menceritakan tentang remaja. Baik itu remaja pria maupun remaja perempuan. Salah satu contoh novel teenlit yang terkenal adalah Jingga dan Senja karya Esti Kinasih. 

3. Novel Horor 

Pasti Anda sudah sangat familiar dengan istilah horor. Genre horor pada novel juga sama-sama mewakili cerita seram yang dibawakan oleh novel, seperti istilah horor pada umumnya. Contoh novel horor yang terkenal adalah Dracula karya Bram Stoker. 

Masih banyak sekali genre novel atau jenis novel lainnya. misalnya ada novel Garuda 5 Utusan Iblis yang termasuk novel fantasi atau Ghost Stories karya Charles Dickens yang termasuk novel terjemahan. 

Pada lain kesempatan akan dibahas khusus mengenai jenis dan contoh novel. Di artikel kali ini sudah cukup jelas dibahas bahwa novel adalah suatu karya cerita yang cukup panjang dengan rangkaian kejadian dan konflik. 

Dengan unsur intrinsik dan ekstrinsiknya yang selalu mempengaruhi pembaca, bisa dikatakan novel adalah suatu karya seni yang masih menjadi salah satu sarana hiburan dan pendidikan populer hingga saat ini. 

Komentar

Postingan Terpopuler

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT  Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) adalah teknologi yang memungkinkan mesin untuk belajar, merencanakan dan memecahkan masalah secara mandiri. AI digunakan untuk membangun aplikasi cerdas seperti mobil otonom, chatbot pintar, dan asisten virtual. Namun, AI juga menimbulkan keprihatinan dan tantangan seperti pengambilan alih pekerjaan manusia dan potensi penyalahgunaan teknologi. Masalah keamanan dan privasi juga menjadi perhatian penting. Diperlukan kolaborasi antara ilmuwan, pemerinta, dan masyarakat untuk membangun sistem AI yang aman serta terpercaya.  Manfaat Kecerdasan Buatan dari OpenAI, ChatGPT ChatGPT adalah model bahasa besar yang dilatih oleh OpenAI. ChatGPT memiliki kemampuan dalam bidang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk menjawab pertanyaan dan menyelesaikan masalah secara mandiri.  Dengan teknologi ini, ChatGPT dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan berbagai masalah a

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda  M-Syariah, kalau mendengar namanya pasti Anda sudah menduga jika ini adalah suatu aplikasi. Dugaan Anda tidak salah. Jika Anda kira M-Syariah adalah kependekan dari Mobile Syariah, bisa jadi tidak salah juga. Pastinya M-Syariah adalah aplikasi mobile banking dari Bank Mega Syariah.  Bank Mega memahami bahwa kebutuhan layanan perbankan bisa diterapkan dengan nilai-nilai dan prinsip syariah. Untuk itu, Bank Mega menghadirkan Bank Mega Syariah yang didukung dengan layanan digital banking dari M-Syariah.  M-Syariah, Satu Aplikasi untuk Semua Transaksi  Sebuah aplikasi M-Syariah saja sudah cukup untuk melayani semua kebutuhan perbankan dan transaksi. Berikut adalah layanan yang bisa Anda akses serta transaksi yang bisa dilakukan di M-Syariah.  1. Membuka Tabungan Berkah Digital iB  Anda sedang tidak salah baca. Hanya dengan unduh, pasang dan gunakan aplikasi M-Syariah sudah bisa membuka rekening tabungan Berkah Di

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono Rasanya terlambat saya tahu tentang Pak Sapardi Djoko Damono. Masih amat sangat banyak profil penulis terkenal Indonesia yang belum saya "kenal" termasuk juga karyanya.  Saya baru mengetahui Pak Sapardi Djoko Damono melalui sebuah lagu karya Jason Ranti di bawah ini. Sampai sekarang Pak Sapardi juga terus mempengaruhi tulisan-tulisan fiksi dan puisi saya .  Profil Singkat Sapardi Djoko Damono  Lahir di Surakarta pada 20 Maret 1940, Sapardi Djoko Damono merupakan anak pertama dari pasangan Sadyoko dan Sapariah. Tempat tinggalnya saat itu tidak jauh dari WS. Rendra, B. Sutiman dan Sugiarta Sriwibawa.  Prof. Dr. Sapardi Djoko Damono adalah seorang penulis, sastrawan, penyair, penerjemah andal, editor, kritikus sastra, pengamat dan juga pakar sastra sekaligus. Beliau berkarya dan berprestasi sedari usianya masih sangat belia.  Pak Sapardi Djoko Damono wafat pada usia 80 tahun. Tepatnya pada 19 Juli 2020 di Tangerang Selatan.