Langsung ke konten utama

Misteri Konspirasi Internasional dalam Novel Bencana Jawa 2011: Benarkah Menghancurkan Jawa?

Misteri Konspirasi Internasional dalam Novel Bencana Jawa 2011: Benarkah Menghancurkan Jawa?


Bencana Jawa Konspirasi Internasional Mengancurkan Jawa 1

Konspirasi internasional mungkin adalah ungkapan yang sering Anda dengar dalam sebuah berita atau film. Ungkapan tersebut mungkin juga pernah Anda baca dalam sebuah buku.

Buku novel berjudul Bencana Jawa 2011 Konspirasi Internasional Menghancurkan Jawa ini juga bertemakan sebuah konspirasi yang melibatkan banyak pihak dari internasional.

Ulasan Novel Bencana Jawa 2011 yang Melibatkan Persekongkolan Internasional

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konspirasi sebenarnya berarti persekongkolan atau komplotan. Namun konspirasi bila digabungkan dengan kata teori menjadi teori konspirasi, maka sering diartikan sebagai penjelasan untuk suatu peristiwa yang melibatkan komplotan-komplotan jahat saat ada penjelasan lain yang telah banyak disetujui.

Konspirasi menjadi tema dalam novel suspense Bencana Jawa 2011. Berikut adalah ulasan singkat untuk novel yang cukup menarik ini.

1. Informasi Novel

Novel ini berjudul lengkap Bencana Jawa 2011 Konspirasi Internasional Menghancurkan Jawa. Novel yang ditulis oleh Yanky DK terbit pada tahun 2009, tepatnya di bulan Juni.

Ufuk Press di bawah naungan PT. Ufuk Publishing House yang menerbitkan novel karya Yanky DK tersebut. Dimensi novelnya adalah panjang 11,5 cm, lebar 17 cm dan tebal 1 cm. 

Ufuk Publishing House juga banyak menerbitkan buku-buku fiksi terjemahan seperti The Great Secret (Rahasia Besar) karya L. Ron Hubbard. ISBN novel Bencana Jawa 2011 yaitu 978-602-8224-04-8. Totalnya ada 354 halaman, tidak termasuk sampul buku.

2. Sinopsis Novel Bencana Jawa 2011

Pada pembuka artikel disebutkan arti dari konspirasi internasional dan teori konspirasi. Ungkapan tersebut menjadi tema dari novel Bencana Jawa 2011. Awalnya novel ini menceritakan tentang beberapa kejadian bencana alam yang ada di Pulau Jawa.

Bencana alam tersebut terutama gempa yang frekuensinya semakin meningkat. Tetapi sama sekali tidak yang mengira bahwa ada bencana gempa yang memang sengaja dirangkai oleh sekelompok orang. Namun hal itu menjadi teori konspirasi yang dianggap sebagai isapan jempol semata.

Honggo Kim yang merupakan Tenaga Kerja Indonesia sebagai pekerja tambang, masuk ke dalam pusaran konspirasi bencana gempa buatan berikutnya. Honggo Kim terlibat bukan tanpa alasan, ada kelebihan yang dia miliki hingga dua kelompok yang berlawanan ingin memanfaatkannya.

Honggo Kim sampai dihadapkan pada pilihan yang dilematis. Dia harus menyelamatkan diri dan keluarganya tapi berpihak pada konspirasi internasional untuk menghancurkan Jawa atau justru menyelamatkan Pulau Jawa walaupun nyawa dan keluarga yang jadi taruhannya. 

Bencana Jawa Konspirasi Internasional Mengancurkan Jawa 2

3. Unsur Intrinsik Novel Bencana Jawa 2011

Latar belakang cerita novel Bencana Jawa 2011 tentu saja sebagian besar di pulau Jawa. Tempat-tempat yang disebutkan dalam novel antara lain Jakarta, Magelang, Sidoarjo dan beberapa tempat lainnya. Alur dari novel karya Yanky DK bergerak maju mundur.

Sudut pandang yang digunakan yaitu orang ketiga, di mana penulis bertindak sebagai penyampai cerita. Banyak tokoh yang dituliskan dalam novel, namun kekuatan karakternya fokus pada sedikit karakter saja. 

Bisa dikatakan hanya karakter Honggo Kim yang sangat kuat. Sedangkan karakter tokoh lain dijelaskan dengan singkat dan secukupnya saja, termasuk tokoh antagonis dalam cerita.

4. Penilaian dari Review Buku Bagus

Novel suspense bisa diartikan sebagai novel yang penuh teka-teki dan ketidakjelasan. Cukup beralasan jika penerbit atau penulis novel ini mengkategorikan bukunya sebagai novel suspense. Karena memang ada beberapa hal di dalam cerita yang dibiarkan menggantung agar pembacanya penasaran.

Tapi secara keseluruhan novel Bencana Jawa 2011 Konspirasi Internasional Menghancurkan Jawa cukup menghibur. Novel yang membuat orang ingin terus membacanya hingga akhir dan juga tidak terlalu menimbulkan rasa penasaran pada akhir cerita.

Buku novel yang penuh konspirasi atau persekongkolan jahat internasional ini masuk kategori layak baca berdasarkan penilaian dari review Buku Bagus. Kategori usia yang disarankan untuk membacanya adalah pembaca usia dewasa.


Komentar

Postingan Terpopuler

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT  Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) adalah teknologi yang memungkinkan mesin untuk belajar, merencanakan dan memecahkan masalah secara mandiri. AI digunakan untuk membangun aplikasi cerdas seperti mobil otonom, chatbot pintar, dan asisten virtual. Namun, AI juga menimbulkan keprihatinan dan tantangan seperti pengambilan alih pekerjaan manusia dan potensi penyalahgunaan teknologi. Masalah keamanan dan privasi juga menjadi perhatian penting. Diperlukan kolaborasi antara ilmuwan, pemerinta, dan masyarakat untuk membangun sistem AI yang aman serta terpercaya.  Manfaat Kecerdasan Buatan dari OpenAI, ChatGPT ChatGPT adalah model bahasa besar yang dilatih oleh OpenAI. ChatGPT memiliki kemampuan dalam bidang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk menjawab pertanyaan dan menyelesaikan masalah secara mandiri.  Dengan teknologi ini, ChatGPT dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan berbagai masalah a

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda  M-Syariah, kalau mendengar namanya pasti Anda sudah menduga jika ini adalah suatu aplikasi. Dugaan Anda tidak salah. Jika Anda kira M-Syariah adalah kependekan dari Mobile Syariah, bisa jadi tidak salah juga. Pastinya M-Syariah adalah aplikasi mobile banking dari Bank Mega Syariah.  Bank Mega memahami bahwa kebutuhan layanan perbankan bisa diterapkan dengan nilai-nilai dan prinsip syariah. Untuk itu, Bank Mega menghadirkan Bank Mega Syariah yang didukung dengan layanan digital banking dari M-Syariah.  M-Syariah, Satu Aplikasi untuk Semua Transaksi  Sebuah aplikasi M-Syariah saja sudah cukup untuk melayani semua kebutuhan perbankan dan transaksi. Berikut adalah layanan yang bisa Anda akses serta transaksi yang bisa dilakukan di M-Syariah.  1. Membuka Tabungan Berkah Digital iB  Anda sedang tidak salah baca. Hanya dengan unduh, pasang dan gunakan aplikasi M-Syariah sudah bisa membuka rekening tabungan Berkah Di

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono Rasanya terlambat saya tahu tentang Pak Sapardi Djoko Damono. Masih amat sangat banyak profil penulis terkenal Indonesia yang belum saya "kenal" termasuk juga karyanya.  Saya baru mengetahui Pak Sapardi Djoko Damono melalui sebuah lagu karya Jason Ranti di bawah ini. Sampai sekarang Pak Sapardi juga terus mempengaruhi tulisan-tulisan fiksi dan puisi saya .  Profil Singkat Sapardi Djoko Damono  Lahir di Surakarta pada 20 Maret 1940, Sapardi Djoko Damono merupakan anak pertama dari pasangan Sadyoko dan Sapariah. Tempat tinggalnya saat itu tidak jauh dari WS. Rendra, B. Sutiman dan Sugiarta Sriwibawa.  Prof. Dr. Sapardi Djoko Damono adalah seorang penulis, sastrawan, penyair, penerjemah andal, editor, kritikus sastra, pengamat dan juga pakar sastra sekaligus. Beliau berkarya dan berprestasi sedari usianya masih sangat belia.  Pak Sapardi Djoko Damono wafat pada usia 80 tahun. Tepatnya pada 19 Juli 2020 di Tangerang Selatan.