Langsung ke konten utama

Aplikasi Baca Buku Gratis, Bisa Baca Secara Online Maupun Offline

Aplikasi Baca Buku Gratis, Bisa Baca Secara Online maupun Offline 

baca buku photo by Debbie Hudson on Unsplash

Aplikasi baca buku gratis saat ini benar-benar sudah banyak tersedia untuk telepon genggam pintar. Sampai-sampai saya bingung memikirkan bagaimana cara mereka berbisnis dan mendapatkan uang jika hampir semua buku yang tersedia bisa dibaca secara gratis.

Tulisan saya tentang aplikasi baca buku gratis kali ini tidak akan membahas model bisnis yang rumit itu. Pada tulisan kali saya hanya ingin membagi pengalaman tentang beberapa aplikasi baca buku gratis. Tentunya aplikasi yang pernah saya unduh dan gunakan di smartphone Android.

Beberapa Aplikasi Baca Buku Gratis untuk Smartphone Android

Saya pengguna smartphone Android, jadi tentu saja daftar dan deskripsi singkat mengenai aplikasi baca buku gratis yang saya tulis di sini tersedia di Google Play Store. Berikut ini beberapa aplikasi baca buku gratis untuk smartphone Android.

1. iPusnas

gambar iPusnas

Aplikasi iPusnas ini adalah yang pertama kali dan paling lama saya gunakan. Kenapa paling lama? Tentu saja karena menurut saya paling memberikan pengalaman membaca yang nyaman. Selain itu tentu saja koleksi bukunya sangat banyak.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional dan telah memiliki pengguna lebih dari 1 juta orang. Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah koleksi bukunya adalah buku dengan ISBN. Jadi, menurut saya buku-buku yang ada di sini sudah teruji kredibilitasnya dan terpercaya karena telah melewati serangkaian proses penerbitan.

2. Karyakarsa 

aplikasi baca buku gratis karyakarsa photo by karyakarsa

Aplikasi kedua ini juga masih saya gunakan sampai saat ini. Sebenarnya saya tidak pernah mengunduh aplikasi karyakarsa, saya menggunakan versi webnya. Alasannya adalah smartphone Android yang saya gunakan saat ini tidak support aplikasi karyakarsa.

Pada aplikasi ini juga saya belum pernah membaca buku. Saya hanya mengikuti seorang kreator yang membuat komik strip. Di karyakarsa, banyak karya yang bisa dipublikasikan mulai dari tulisan, komik, audio dan lain-lain. Kebetulan saya mempublikasikan karya berupa puisi, cerita pendek dan fiksi mini di tautan https://karyakarsa.com/dikaferdiansyah.

Platform baca buku gratis ini juga memudahkan pengguna untuk menghasilkan karya. Tidak sampai di situ, aplikasi karyakarsa membebaskan penggunanya atau kreator untuk langsung menjual karyanya tanpa perlu persyaratan yang rumit.

3. Wattpad 

foto aplikasi baca buku gratis wattpad

Konon katanya, platform baca dan tulis buku gratis yang satu ini sangat populer. Benar saja, saat saya cek aplikasinya ternyata penggunanya mencapai 100 juta orang. Berbeda dengan di karyakarsa, buku-buku di Wattpad hampir semuanya bisa dibaca secara gratis.

Penulis memonetisasi karyanya dengan cara menulis, mendapatkan popularitas lalu mengajukan kontrak kepada Wattpad agar karyanya bisa dihargai. Genre tulisan atau novel di Wattpad sangat banyak, tidak heran jika penggunanya juga sangat banyak.

Saya pernah membaca buku di aplikasi ini tapi tidak pernah selesai. Seingat saya (mohon dikoreksi jika salah), di aplikasi ini tidak ada fitur bookmark. Akibatnya saya selalu kehilangan jejak bacaan. Buku-buku di Wattpad ini bisa dibaca secara online maupun offline.

4. GoodNovel dan ShortNovel 

aplikasi baca buku gratis shortnovel photo by facebook

Kedua aplikasi ini tentu saja berbeda, tapi saya menggabungkan jadi satu sub judul karena memiliki pengalaman yang sama pada kedua aplikasi ini. Pengalamannya adalah saya belum pernah sama sekali membaca buku yang ada di sini.

Dua aplikasi baca buku gratis ini saya kenal saat sedang mencari platform penulis untuk berkarya dan dibayar. Kedua aplikasi ini kebetulan sedang mengadakan event pencarian penulis untuk dikontrak.

Perkenalan dengan kedua aplikasi itu kira-kira sudah lebih dari satu bulan. tapi sampai saat ini saya belum juga bisa menghasilkan karya novel untuk kedua platform tersebut. Jangankan sebuah karya novel, naskah bab awal untuk pengajuan kontrak pun belum selesai.

Sedikit informasi yang bisa saya sampaikan mengenai GoodNovel adalah penulisnya minimal harus menulis novel yang panjangnya 120.000 kata. Jadi mungkin novel-novel yang tersedia di aplikasi itu pun memiliki panjang tidak kurang dari 120.000 kata per jilidnya.

Sedangkan ShortNovel hanya mewajibkan penulisnya membuat naskah yang sudah selesai dengan panjang sekitar 50.000 sampai 70.000 kata. Dengan demikian, novel yang harus kita baca di aplikasi tersebut pun memiliki jumlah kata kisaran tersebut per jilidnya.

5. Fizzo 

aplikasi baca buku gratis fizzo photo by google play

Sebenarnya sudah sangat lama melihat atau mendengar tentang aplikasi baca buku gratis yang satu ini. Hanya saja saya baru mencobanya tidak lama ini. Belum satu pun buku yang pernah saya baca dari aplikasi ini.

Saya baru coba mengunduh, memasang dan sedikit menjelajahi judul-judul karya di Fizzo. Sedikit informasinya adalah ada novel dan komik yang teredia sesuai dengan usia kita. Fizzo menyesuaikan rekomendasi novel dan komiknya berdasarkan jawaban atas pertanyaan tentang usia yang aplikasi ini ajukan di awal instalasi.

Zaman dan model bisnis sudah berubah. Di zaman teknologi ini, kita tidak perlu lagi mengunjungi penjual koran di tengah kota untuk mendapatkan novel-novel dengan harga terjangkau macam Wiro Sableng, Kho Ping Hoo atau novel roman lainnya. Saat ini kita cukup beli kuota internet, unduh aplikasi baca buku gratis dan nikmati ribuan judul buku yang sesuai selera.

Komentar

  1. Satu-satunya yang udah pernah aku coba itu iPusnas dan Wattpad, cuma Wattpad juga sebentar karena engga terlalu cocok dengan cerita-cerita yang ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah... Kak Tika yang punya tikbookholic ini... terima kasih udah mampir. :-) kak Tika bisa coba iJak juga, di situ unik karena ada fitur donasi ebook. siapa tau kalo Kak Tika ikutan donasi, saya jadi ga kelamaan ngantri buku bagus di aplikasi. hehe..

      Hapus
  2. Hai, Brother, saya suka artikel selama ini saya hanya tahu Ipunas saja sekarang jadi nambah referensi aplikasi buat baca......lanjutkan ngeblognya ! jika sempat mari mampir ke blog saya, terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap Bang Adi... tadi saya sudah mampir. terima kasih atas khong guannya. tapi tunda dulu berterima kasih karena saya masih belum melakukan penghayatan demi penghayatan tulisan Bang Adi yang penuh dengan kiasan. :-)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Terpopuler

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT  Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) adalah teknologi yang memungkinkan mesin untuk belajar, merencanakan dan memecahkan masalah secara mandiri. AI digunakan untuk membangun aplikasi cerdas seperti mobil otonom, chatbot pintar, dan asisten virtual. Namun, AI juga menimbulkan keprihatinan dan tantangan seperti pengambilan alih pekerjaan manusia dan potensi penyalahgunaan teknologi. Masalah keamanan dan privasi juga menjadi perhatian penting. Diperlukan kolaborasi antara ilmuwan, pemerinta, dan masyarakat untuk membangun sistem AI yang aman serta terpercaya.  Manfaat Kecerdasan Buatan dari OpenAI, ChatGPT ChatGPT adalah model bahasa besar yang dilatih oleh OpenAI. ChatGPT memiliki kemampuan dalam bidang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk menjawab pertanyaan dan menyelesaikan masalah secara mandiri.  Dengan teknologi ini, ChatGPT dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan berbagai masalah a

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda  M-Syariah, kalau mendengar namanya pasti Anda sudah menduga jika ini adalah suatu aplikasi. Dugaan Anda tidak salah. Jika Anda kira M-Syariah adalah kependekan dari Mobile Syariah, bisa jadi tidak salah juga. Pastinya M-Syariah adalah aplikasi mobile banking dari Bank Mega Syariah.  Bank Mega memahami bahwa kebutuhan layanan perbankan bisa diterapkan dengan nilai-nilai dan prinsip syariah. Untuk itu, Bank Mega menghadirkan Bank Mega Syariah yang didukung dengan layanan digital banking dari M-Syariah.  M-Syariah, Satu Aplikasi untuk Semua Transaksi  Sebuah aplikasi M-Syariah saja sudah cukup untuk melayani semua kebutuhan perbankan dan transaksi. Berikut adalah layanan yang bisa Anda akses serta transaksi yang bisa dilakukan di M-Syariah.  1. Membuka Tabungan Berkah Digital iB  Anda sedang tidak salah baca. Hanya dengan unduh, pasang dan gunakan aplikasi M-Syariah sudah bisa membuka rekening tabungan Berkah Di

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono Rasanya terlambat saya tahu tentang Pak Sapardi Djoko Damono. Masih amat sangat banyak profil penulis terkenal Indonesia yang belum saya "kenal" termasuk juga karyanya.  Saya baru mengetahui Pak Sapardi Djoko Damono melalui sebuah lagu karya Jason Ranti di bawah ini. Sampai sekarang Pak Sapardi juga terus mempengaruhi tulisan-tulisan fiksi dan puisi saya .  Profil Singkat Sapardi Djoko Damono  Lahir di Surakarta pada 20 Maret 1940, Sapardi Djoko Damono merupakan anak pertama dari pasangan Sadyoko dan Sapariah. Tempat tinggalnya saat itu tidak jauh dari WS. Rendra, B. Sutiman dan Sugiarta Sriwibawa.  Prof. Dr. Sapardi Djoko Damono adalah seorang penulis, sastrawan, penyair, penerjemah andal, editor, kritikus sastra, pengamat dan juga pakar sastra sekaligus. Beliau berkarya dan berprestasi sedari usianya masih sangat belia.  Pak Sapardi Djoko Damono wafat pada usia 80 tahun. Tepatnya pada 19 Juli 2020 di Tangerang Selatan.