Langsung ke konten utama

Buya Hamka adalah Sosok Ulama Sekaligus Penulis Novel Sabariah

Buya Hamka adalah Sosok Ulama Sekaligus Penulis Novel Sabariah 

novel Sabariah karya Buya Hamka

Buya Hamka adalah sosok yang tidak asing lagi pasti untuk Anda yang cukup hobi membaca. Bagaimana tidak, beliau merupakan sosok ulama yang juga menulis novel-novel terkenal di antaranya Tenggelamnya Kapal Van der Wijck dan Di Bawah Lindungan Ka'bah

Salah satu di antara banyak karyanya adalah Cerita Si Sabariah yang ditulis dalam bahasa Minangkabau oleh Buya Hamka. Novel Cerita Si Sabariah ini merupakan karya fiksi pertama dari seorang Hamka, diterbitkan terakhir kali pada 1957. 

Sabariah, Karya Buya Hamka yang Diterjemahkan  ke dalam Bahasa Indonesia 

Salah satu novel karya Buya Hamka adalah Cerita Si Sabariah. Saat ini novel tersebut telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, judulnya menjadi Sabariah. Sebelum diterjemahkan, novel Cerita Si Sabariah ini cukup sulit ditemukan. Padahal sayang sekali jika karya Hamka yang ini tidak dibaca. Berikut sedikit ulasan dari Review Buku Bagus

1. Informasi Buku Novel Sabariah Karya Buya Hamka 

Cerita Si Sabariah merupakan novel pertama karya Buya Hamka. Novel ini kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Ridha Anwar dan disunting oleh Aminah Nur Habibah. Setelah diterjemahkan, judulnya dimodifikasi menjadi Sabariah

cover belakang novel Sabariah

Buku novel Sabariah ini diterbitkan oleh Gema Insani, Depok. Tahun terbitnya adalah 2019. Novel ini terbilang tidak terbilang tidak terlalu panjang, hanya berjumlah 86 halaman saja.

2. Sinopsis Novel Sabariah Karya Buya Hamka 

Buya Hamka adalah penulis karya fiksi maupun non fiksi. Buya Hamka mampu menulis novel atau karya fiksi yang puitis. Kemampuan itu terlihat juga dalam karya fiksi pertamanya, Sabariah. Dalam novel ini banyak dialog, pesan atau nasihat dengan pantun, sajak dan kata-kata yang puitis. 

Novel Sabariah mengisahkan tentang sepasang suami istri di tanah Minang. Mereka adalah Pulai dan Sabariah. Hidup mereka bisa dibilang masih kekurangan, oleh karena itu Pulai memutuskan untuk merantau sesuai dengan adat Minangkabau. 

Setelah lama merantau, Pulai belum berhasil mengirimkan uang seperak pun kepada Sabariah di kampung. Hebatnya, Sabariah tetap sabar dan setia menanti Pulai. Cobaan justru datang dari Sariaman, Ibu Sabariah. Sariaman terkesima melihat kesuksesan para perantau yang pulang kampung. 

Akibatnya Sariaman malah menyuruh untuk bercerai dengan Pulai dan menikah lagi dengan orang kaya. Konflik memuncak setelah Pulai disuruh pulang oleh ibunya dan menunda dulu urusan usahanya untuk menyelamatkan pernikahannya dengan Sabariah. 

3. Unsur Intrinsik Novel Sabariah 

Buya Hamka menggambarkan karakter orang Minang yang agamis dengan sangat baik. Penokohan pada karakter-karakternya pun sangat hidup terutama karakter baik yang ditunjukkan oleh Sabariah dan karakter kurang baik yang ditunjukkan oleh Sariaman. 

Akhir cerita yang tidak terduga juga hadir karena piawainya Buya Hamka mengemas penokohan dari karakter Pulai. Dari segi tema dan pesan pun Buya Hamka sangat terkenal dengan tema religi yang sarat akan makna dan amanat untuk para pembacanya. 

Alur cerita yang digunakan pada novel ini adalah alur maju seluruhnya. Sudut pandang yang digunakan Buya Hamka dalam novel ini adalah penulis bertindak sebagai orang ketiga.  

4. Penilaian Review Buku Bagus untuk Novel Sabariah

Selain sarat akan makna dan amanat. Buku ini juga mampu memberikan pelajaran bahasa Indonesia berupa banyak tambahan kosakata baru. kata-kata tersebut masih asing dan menyadarkan saya bahwa kemampuan berbahasa yang saya miliki masih jauh dari kata baik.  

Kesimpulannya, novel berjudul Sabariah yang singkat ini sangat bagus. Review Buku Bagus sangat merekomendasikan buku ini untuk dibaca mulai dari remaja hingga pembaca dewasa.

Buku ini tersedia dalam bentuk digital di iPusnas. Anda bisa segera mengunduh aplikasi iPusnas agar bisa meminjam buku salah satu karya Buya Hamka yang jarang dan sulit ditemukan ini.

Komentar

Postingan Terpopuler

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT  Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) adalah teknologi yang memungkinkan mesin untuk belajar, merencanakan dan memecahkan masalah secara mandiri. AI digunakan untuk membangun aplikasi cerdas seperti mobil otonom, chatbot pintar, dan asisten virtual. Namun, AI juga menimbulkan keprihatinan dan tantangan seperti pengambilan alih pekerjaan manusia dan potensi penyalahgunaan teknologi. Masalah keamanan dan privasi juga menjadi perhatian penting. Diperlukan kolaborasi antara ilmuwan, pemerinta, dan masyarakat untuk membangun sistem AI yang aman serta terpercaya.  Manfaat Kecerdasan Buatan dari OpenAI, ChatGPT ChatGPT adalah model bahasa besar yang dilatih oleh OpenAI. ChatGPT memiliki kemampuan dalam bidang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk menjawab pertanyaan dan menyelesaikan masalah secara mandiri.  Dengan teknologi ini, ChatGPT dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan berbagai masalah a

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda  M-Syariah, kalau mendengar namanya pasti Anda sudah menduga jika ini adalah suatu aplikasi. Dugaan Anda tidak salah. Jika Anda kira M-Syariah adalah kependekan dari Mobile Syariah, bisa jadi tidak salah juga. Pastinya M-Syariah adalah aplikasi mobile banking dari Bank Mega Syariah.  Bank Mega memahami bahwa kebutuhan layanan perbankan bisa diterapkan dengan nilai-nilai dan prinsip syariah. Untuk itu, Bank Mega menghadirkan Bank Mega Syariah yang didukung dengan layanan digital banking dari M-Syariah.  M-Syariah, Satu Aplikasi untuk Semua Transaksi  Sebuah aplikasi M-Syariah saja sudah cukup untuk melayani semua kebutuhan perbankan dan transaksi. Berikut adalah layanan yang bisa Anda akses serta transaksi yang bisa dilakukan di M-Syariah.  1. Membuka Tabungan Berkah Digital iB  Anda sedang tidak salah baca. Hanya dengan unduh, pasang dan gunakan aplikasi M-Syariah sudah bisa membuka rekening tabungan Berkah Di

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono Rasanya terlambat saya tahu tentang Pak Sapardi Djoko Damono. Masih amat sangat banyak profil penulis terkenal Indonesia yang belum saya "kenal" termasuk juga karyanya.  Saya baru mengetahui Pak Sapardi Djoko Damono melalui sebuah lagu karya Jason Ranti di bawah ini. Sampai sekarang Pak Sapardi juga terus mempengaruhi tulisan-tulisan fiksi dan puisi saya .  Profil Singkat Sapardi Djoko Damono  Lahir di Surakarta pada 20 Maret 1940, Sapardi Djoko Damono merupakan anak pertama dari pasangan Sadyoko dan Sapariah. Tempat tinggalnya saat itu tidak jauh dari WS. Rendra, B. Sutiman dan Sugiarta Sriwibawa.  Prof. Dr. Sapardi Djoko Damono adalah seorang penulis, sastrawan, penyair, penerjemah andal, editor, kritikus sastra, pengamat dan juga pakar sastra sekaligus. Beliau berkarya dan berprestasi sedari usianya masih sangat belia.  Pak Sapardi Djoko Damono wafat pada usia 80 tahun. Tepatnya pada 19 Juli 2020 di Tangerang Selatan.