Langsung ke konten utama

Buku Tentang Public Speaking yang Perlu Anda Baca

Buku Tentang Public Speaking yang Perlu Anda Baca

Buku Tentang Public Speaking
Photo by Christian Wiediger on Unsplash

Tahap awal untuk belajar public speaking adalah dengan membaca buku tentang public speaking. Public speaking atau berbicara di depan khalayak perlu dipelajari oleh siapa saja. Hal itu bertujuan untuk kelancaran komunikasi yang dilakukan.

Kemampuan public speaking yang baik akan menghasilkan pemahaman yang benar bagi para pendengarnya. Dengan demikian perselisihan karena miskomunikasi atau kesalahpahaman pun dapat dihindari.

5 Buku Public Speaking yang Bagus untuk Anda Baca

Public speaking sudah dianggap sebagai keterampilan yang sangat penting. Saking pentingnya, keterampilan ini banyak diajarkan dalam bentuk buku yang sudah banyak beredar. Berikut ini lima buku tentang public speaking bagus menurut blog Review Buku Bagus yang bisa Anda baca untuk mulai belajar.

1. The Power of Public Speaking 

The Power of Public Speaking

Buku pertama ini adalah karya dari Charles Bonar Sirait yang mungkin namanya sudah tidak asing lagi untuk banyak orang. Charles adalah seorang selebritis yang terkenal karena sering menjadi pembawa acara di tayangan televisi.

Pada buku ini Charles menyebutkan bahwa kemampuan berbicara di depan umum sebenarnya sudah dimiliki oleh setiap orang. Bukan hanya pada selebritis, orator atau politisi saja. Kemampuan public speaking yang ada itu hanya butuh dikembangkan dan dilatih terus menerus. 

2. My Public Speaking 

My Public Speaking

Buku tentang public speaking yang kedua adalah buku berjudul My Public Speaking karya Hilbram Dunar. Sama dengan Charles Bonar Sirait, Hilbram juga merupakan seorang selebritis yang memulai karirnya sebagai penyiar radio. Ia memulai karirnya di radio MS Tri FM.

Hilbram tidak hanya membahas teori dan teknik dasar public speaking dalam buku ini. Di dalamnya juga terdapat teknik-teknik dasar untuk menjadi master of ceremonies, penyiar radio dan juga teknik dasar untuk menjadi presenter televisi. 

3. Bicara itu Ada Seninya 

Bicara itu Ada Seninya

Selanjutnya ada buku berjudul Bicara itu Ada Seninya. Buku ini ditulis oleh Oh Su Hyang. Dalam bukunya, penulis menjabarkan rahasia inti komunikasi dan pengalaman-pengalaman orang terkenal mengenai public speaking.

Buku ini sangat diharapkan oleh penulis untuk dapat meningkatkan rasa percaya diri pembacanya. Tentu saja rasa percaya diri saat harus berhadapan dengan orang banyak dan berbicara. Salah satu cara yang diajarkan pada buku ini agar pintar berbicara adalah dengan terlebih dahulu pintar mendengar. 

4. Public Speaking Mastery 

Public Speaking Mastery

Buku yang satu ini jauh lebih dalam membahas teknik-teknik yang harus dilakukan untuk bisa menguasai public speaking. Penulisnya adalah seorang trainer dan motivator terkenal di Indonesia, Ongky Hojanto.

Pada buku ini dijelaskan secara rinci teknik untuk mampu berbicara di depan umum. Teknik-teknik tersebut mulai dari mengatasi rasa takut, menyusun presentasi yang menarik hingga menyampaikan informasi dengan bahasa tubuh yang baik dan menawan. 

5. Lancar Berbicara: Practical Public Speaking with EFT (Emotional Freedom Techniques) 

Lancar Berbicara

Buku ini ditulis oleh M. Heri Susilo dan diterbitkan pada 25 Maret 2020. Isi dari buku ini tentu saja hampir sama dengan empat buku sebelumnya. Buku ini membahas bagaimana caranya mampu berbicara di depan orang dengan baik dan menyampaikan informasi dengan tepat.

Perbedaan buku ini dari buku yang lain adalah pada pembahasan tekniknya. M. Heri Susilo membahas cara lancar berbicara di depan umum dengan metode EFT (Emotional Freedom Techniques). Metode EFT disebut mampu meningkatkan motivasi dalam diri seseorang untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum.

Lima buku tersebut di atas hanya bagian sangat kecil dari sekian banyak buku yang membahas public speaking. Kelima buku tentang public speaking tersebut cukup mudah dipahami sehingga sangat direkomendasikan untuk Anda baca terlebih dahulu sebelum buku public speaking yang lain.

Komentar

Postingan Terpopuler

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT  Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) adalah teknologi yang memungkinkan mesin untuk belajar, merencanakan dan memecahkan masalah secara mandiri. AI digunakan untuk membangun aplikasi cerdas seperti mobil otonom, chatbot pintar, dan asisten virtual. Namun, AI juga menimbulkan keprihatinan dan tantangan seperti pengambilan alih pekerjaan manusia dan potensi penyalahgunaan teknologi. Masalah keamanan dan privasi juga menjadi perhatian penting. Diperlukan kolaborasi antara ilmuwan, pemerinta, dan masyarakat untuk membangun sistem AI yang aman serta terpercaya.  Manfaat Kecerdasan Buatan dari OpenAI, ChatGPT ChatGPT adalah model bahasa besar yang dilatih oleh OpenAI. ChatGPT memiliki kemampuan dalam bidang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk menjawab pertanyaan dan menyelesaikan masalah secara mandiri.  Dengan teknologi ini, ChatGPT dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan berbagai masalah a

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda  M-Syariah, kalau mendengar namanya pasti Anda sudah menduga jika ini adalah suatu aplikasi. Dugaan Anda tidak salah. Jika Anda kira M-Syariah adalah kependekan dari Mobile Syariah, bisa jadi tidak salah juga. Pastinya M-Syariah adalah aplikasi mobile banking dari Bank Mega Syariah.  Bank Mega memahami bahwa kebutuhan layanan perbankan bisa diterapkan dengan nilai-nilai dan prinsip syariah. Untuk itu, Bank Mega menghadirkan Bank Mega Syariah yang didukung dengan layanan digital banking dari M-Syariah.  M-Syariah, Satu Aplikasi untuk Semua Transaksi  Sebuah aplikasi M-Syariah saja sudah cukup untuk melayani semua kebutuhan perbankan dan transaksi. Berikut adalah layanan yang bisa Anda akses serta transaksi yang bisa dilakukan di M-Syariah.  1. Membuka Tabungan Berkah Digital iB  Anda sedang tidak salah baca. Hanya dengan unduh, pasang dan gunakan aplikasi M-Syariah sudah bisa membuka rekening tabungan Berkah Di

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono Rasanya terlambat saya tahu tentang Pak Sapardi Djoko Damono. Masih amat sangat banyak profil penulis terkenal Indonesia yang belum saya "kenal" termasuk juga karyanya.  Saya baru mengetahui Pak Sapardi Djoko Damono melalui sebuah lagu karya Jason Ranti di bawah ini. Sampai sekarang Pak Sapardi juga terus mempengaruhi tulisan-tulisan fiksi dan puisi saya .  Profil Singkat Sapardi Djoko Damono  Lahir di Surakarta pada 20 Maret 1940, Sapardi Djoko Damono merupakan anak pertama dari pasangan Sadyoko dan Sapariah. Tempat tinggalnya saat itu tidak jauh dari WS. Rendra, B. Sutiman dan Sugiarta Sriwibawa.  Prof. Dr. Sapardi Djoko Damono adalah seorang penulis, sastrawan, penyair, penerjemah andal, editor, kritikus sastra, pengamat dan juga pakar sastra sekaligus. Beliau berkarya dan berprestasi sedari usianya masih sangat belia.  Pak Sapardi Djoko Damono wafat pada usia 80 tahun. Tepatnya pada 19 Juli 2020 di Tangerang Selatan.