Langsung ke konten utama

Belajar Membuat Artikel dari Buku Seluk Beluk Penulisan Artikel & Esai

Belajar Membuat Artikel dari Buku Seluk Beluk Penulisan Artikel & Esai


Saya sudah pernah membuat artikel untuk keperluan website atau blog lain. Hal itu ternyata bermanfaat bagi saya. Mudah-mudahan juga bermanfaat untuk pemilik website dan orang-orang yang membacanya. Setelah beberapa kali membuat artikel, saya justru mulai ragu apakah tulisan saya benar dan berkualitas. 

Keraguan tersebut membuat saya ingin membaca sebuah buku yang membahas bagaimana cara menulis artikel yang baik dan benar. Saya mencari buku itu di aplikasi iPusnas, dan menemukan buku berjudul Seluk Beluk Penulisan Artikel & Esai. Kali ini, saya akan mengulas buku tersebut dengan singkat. 

Cara Membuat Artikel dalam Buku Seluk Beluk Penulisan Artikel & Esai 

Buku yang sengaja saya cari di aplikasi iPusnas ini memang terbilang cocok untuk saya yang sedang ingin membaca cepat. Buku ini tidak terlalu banyak halamannya. Jadi, setelah membaca saya bisa dengan cepat pula langsung mempraktekkannya. Berikut ulasan singkat mengenai buku Seluk Beluk Penulisan Artikel & Esai

1. Informasi Buku 

Buku berjudul Seluk Beluk Penulisan Artikel & Esai ini merupakan karya dari Maria Rusmiyati Diananingsih, S. Pd. Buku ini hanya berjumlah 86 halaman. Bentuk fisiknya memiliki dimensi panjang 14,5 cm dan dimensi lebarnya adalah 21 cm. Penerbitnya adalah Penerbit Adab.

Penulisnya adalah seorang guru bahasa Indonesia yang juga sering menulis artikel dan esai. Selain menulis, kemampuan tersebut juga diajarkan ke murid-muridnya. Hingga mereka sering mengikuti lomba penulisan artikel dengan prestasi yang sangat membanggakan.

2. Sinopsis Buku 

Efek langsung terkait peningkatan hal teknis dalam membuat artikel memang belum saya rasakan secara pribadi. Tentu saja tidak ada yang instan, selain membacanya saya juga harus terus mempraktekkan tips-tips yang disampaikan oleh buku ini. 

Salah satu tips untuk membuat artikel yang paling saya ingat dari buku ini adalah harus akurat dan mengambil referensi dari sumber yang kredibel. Informasi terpenting yang bisa saya ambil setelah membaca buku ini yaitu soal motivasi menulis. 

Penulisnya memberikan beberapa contoh tulisan artikel berprestasi dan esai yang bagus untuk dijadikan bahan motivasi pembacanya. Hal yang paling berkesan adalah esai berjudul Budi Bahasa karya NH. Dini yang dituliskan dalam buku ini sebagai contoh esai. 

Tulisan esai karya NH. Dini tersebut justru membuat saya makin yakin menggunakan gaya bahasa yang saya pilih dalam setiap menulis. Baik itu menulis artikel maupun novel yang sedang dalam tahap pengerjaan. 

3. Penilaian Buku Seluk Beluk Penulisan Artikel & Esai 

Secara pribadi dan juga saya mewakili Review Buku Bagus menilai buku ini sangat baik dan padat. Buku yang hanya berjumlah 86 halaman ini mampu memberikan panduan singkat kepada orang untuk dapat langsung membuat artikel. 

Panduan tersebut pun dilengkapi dengan beberapa contoh. Jadi semakin mempermudah pembaca untuk memahami seluk beluk membuat artikel. Kesimpulannya tentu saja buku ini sangat direkomendasikan untuk dibaca, bahkan oleh semua kelompok umur jika memungkinkan. 

Berikut ini tautan peminjaman buku di aplikasi iPusnas: Seluk Beluk Penulisan Artikel & Esai. Jika ingin memiliki buku fisiknya, bisa ikuti tautan pembelian di Tokopedia berikut ini: Beli Seluk Beluk Penulisan Artikel & Esai.

Komentar

Postingan Terpopuler

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT  Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) adalah teknologi yang memungkinkan mesin untuk belajar, merencanakan dan memecahkan masalah secara mandiri. AI digunakan untuk membangun aplikasi cerdas seperti mobil otonom, chatbot pintar, dan asisten virtual. Namun, AI juga menimbulkan keprihatinan dan tantangan seperti pengambilan alih pekerjaan manusia dan potensi penyalahgunaan teknologi. Masalah keamanan dan privasi juga menjadi perhatian penting. Diperlukan kolaborasi antara ilmuwan, pemerinta, dan masyarakat untuk membangun sistem AI yang aman serta terpercaya.  Manfaat Kecerdasan Buatan dari OpenAI, ChatGPT ChatGPT adalah model bahasa besar yang dilatih oleh OpenAI. ChatGPT memiliki kemampuan dalam bidang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk menjawab pertanyaan dan menyelesaikan masalah secara mandiri.  Dengan teknologi ini, ChatGPT dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan berbagai masalah a

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda  M-Syariah, kalau mendengar namanya pasti Anda sudah menduga jika ini adalah suatu aplikasi. Dugaan Anda tidak salah. Jika Anda kira M-Syariah adalah kependekan dari Mobile Syariah, bisa jadi tidak salah juga. Pastinya M-Syariah adalah aplikasi mobile banking dari Bank Mega Syariah.  Bank Mega memahami bahwa kebutuhan layanan perbankan bisa diterapkan dengan nilai-nilai dan prinsip syariah. Untuk itu, Bank Mega menghadirkan Bank Mega Syariah yang didukung dengan layanan digital banking dari M-Syariah.  M-Syariah, Satu Aplikasi untuk Semua Transaksi  Sebuah aplikasi M-Syariah saja sudah cukup untuk melayani semua kebutuhan perbankan dan transaksi. Berikut adalah layanan yang bisa Anda akses serta transaksi yang bisa dilakukan di M-Syariah.  1. Membuka Tabungan Berkah Digital iB  Anda sedang tidak salah baca. Hanya dengan unduh, pasang dan gunakan aplikasi M-Syariah sudah bisa membuka rekening tabungan Berkah Di

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono Rasanya terlambat saya tahu tentang Pak Sapardi Djoko Damono. Masih amat sangat banyak profil penulis terkenal Indonesia yang belum saya "kenal" termasuk juga karyanya.  Saya baru mengetahui Pak Sapardi Djoko Damono melalui sebuah lagu karya Jason Ranti di bawah ini. Sampai sekarang Pak Sapardi juga terus mempengaruhi tulisan-tulisan fiksi dan puisi saya .  Profil Singkat Sapardi Djoko Damono  Lahir di Surakarta pada 20 Maret 1940, Sapardi Djoko Damono merupakan anak pertama dari pasangan Sadyoko dan Sapariah. Tempat tinggalnya saat itu tidak jauh dari WS. Rendra, B. Sutiman dan Sugiarta Sriwibawa.  Prof. Dr. Sapardi Djoko Damono adalah seorang penulis, sastrawan, penyair, penerjemah andal, editor, kritikus sastra, pengamat dan juga pakar sastra sekaligus. Beliau berkarya dan berprestasi sedari usianya masih sangat belia.  Pak Sapardi Djoko Damono wafat pada usia 80 tahun. Tepatnya pada 19 Juli 2020 di Tangerang Selatan.