Langsung ke konten utama

Strategi Pemasaran Menurut Kotler, Marketer Wajib Paham

Strategi Pemasaran Menurut Kotler, Marketer Wajib Paham

Photo by Merakist on Unsplash  



 

Strategi pemasaran menurut Kotler mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda yang sedang bekerja dalam bidang marketing. Kotler memang sangat populer terutama karena teori strategi pemasarannya yang masih menjadi panutan banyak praktisi di bidang pemasaran.

Tujuan dari pemasaran sudah jelas adalah penjualan. Oleh karena itu, dengan strategi pemasaran yang tepat maka diharapkan penjualan pun akan berbuah hasil yang memuaskan. Lalu bagaimana pemasaran dan strategi pemasaran menurut seorang Philip Kotler? Simak tulisan singkat dari blog Review Buku Bagus berikut.

Strategi Pemasaran Menurut Kotler

Menurut Philip Kotler definisi dari pemasaran adalah suatu proses di mana perusahaan memberikan nilai untuk konsumen serta membangun hubungan yang kuat dengan konsumen untuk kemudian mendapatkan timbal balik dari konsumen. Sedangkan strateginya bergantung hal-hal berikut ini.

1. Siklus Hidup Produk

Strategi pemasaran adalah keputusan-keputusan yang diambil dalam rangka menyampaikan produk dari perusahaan hingga ke tangan konsumen. Strategi ini biasanya dipengaruhi oleh beberapa hal seperti pesaing, calon konsumen, teknologi, politik, sosial budaya dan lain-lain.

Namun ada juga tiga hal yang dapat mengubah strategi pemasaran yang telah dirumuskan. Pertama adalah siklus hidup produk. Sebagai marketer harus mengetahui sedang di tahap mana produknya apakah tahap perkenalan, pertumbuhan, kedewasaan atau malah sedang dalam tahap kemunduran.

Photo by Andre Benz on Unsplash

2. Posisi di Pasar

Strategi pemasaran menurut Kotler juga menyinggung tentang perubahan strategi berdasarkan posisi di pasar. Maksudnya adalah marketer juga harus mengetahui posisi produk atau perusahaannya di persaingan pasar.

Posisi produk atau perusahaan di kompetisi mesti disadari sepenuhnya apakah sedang memimpin pasar, penantang pasar, sebagai pengikut atau hanya sebagai pengambil bagian kecil di pasar. Setelah mengetahui hal itu marketer sebaiknya mengambil langkah perubahan yang tepat. 

3. Keadaan Ekonomi

Keadaan ekonomi di masyarakat juga dapat mempengaruhi perubahan strategi marketing. Perusahaan sangat perlu melihat kondisi ekonomi di pasar apakah sedang mengalami kemakmuran atau malah sedang dalam inflasi yang tinggi.

Perubahan strategi pemasaran menurut Kotler karena kondisi ekonomi ini tidak bisa dihindari. Jika perusahaan salah ambil keputusan atau malah memaksakan strategi yang tidak tepat saat kondisi ekonomi buruk, maka bukan tidak mungkin produknya akan cepat mengalami tahap kemunduran.

Pemasaran merupakan bagian yang sangat penting dalam perusahaan. Bersama dengan penjualan, pemasaran memastikan keberlangsungan produk dan juga perusahaan. Oleh karena itu penting sekali menerapkan strategi pemasaran menurut Kotler yang sangat relevan untuk perusahaan.

Komentar

Postingan Terpopuler

Review Buku Of Mice and Men Karya John Steinbeck

Review Buku Of Mice and Men Karya John Steinbeck     Review Buku Bagus kali ini menghadirkan review buku Of Mice and Men. Buku Of Mice and Men atau Tikus dan Manusia ini merupakan salah satu karya sastra klasik dari John Steinbeck. Jika dilihat dari jumlah kata dan ketebalan bukunya maka karya tergolong ke dalam novel pendek atau novelet. Edisi bahasa Indonesianya tidak sampai 150 halaman.  Pengarangnya, John Steinbeck merupakan salah satu sastrawan terkenal dari Amerika Serikat yang karya-karyanya telah banyak diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Termasuk juga bahasa Indonesia. John Steinbeck pernah mendapatkan penghargaan nobel sastra pada 1926. Novel Of Mice and Men sendiri pertama kali terbit pada 1937. Review Buku Bagus Tikus dan Manusia, Karya Sastra Klasik dari Amerika Serikat   Review buku Of Mice and Men ini ditulis setelah tim Review Buku Bagus membacanya melalui aplikasi iPusnas. Saat tulisan ini dibuat, sudah 1715 kali orang membaca atau meminjam buku ini lewat aplikasi

Ulasan Buku Sultan Ageng Tirtayasa Karya Ian Mustafa

Ulasan Buku Sultan Ageng Tirtayasa Karya Ian Mustafa  Masih dari Perpustakaan Kota Cilegon, tepatnya di Ruang Baca Anak . Kali ini Review Buku Bagus akan melakukan ulasan buku Sultan Ageng Tirtayasa karya Ian Mustafa. Karena memang saya mendapatkannya dari ruang baca anak, jadi buku ini juga merupakan buku untuk anak-anak.  Buku ini sangat cocok dan tepat untuk anak-anak. Dari segi jumlah halamannya saja tidak terlalu banyak, tidak sampai 50 halaman. Sehingga anak-anak bisa menyelesaikan bacaan ini dengan tidak terlalu kesulitan.  Buku Sultan Ageng Tirtayasa, Tentang Perebutan Tahta oleh Anak Sendiri  Jumlah halamannya yang hanya sedikit, maka tidak memungkinkan untuk memuat seluruh sejarah tentang Sultan Ageng Tirtayasa. Pada ulasan buku kali ini akan dibahas mengenai beberapa bagian sejarah dari Sultan Ageng Tirtayasa dan Kesultanan Banten.  Informasi Buku Sultan Ageng Tirtayasa  Buku berjudul Sultan Ageng Tirtayasa ini merupakan karya dari Ian Mustafa. Buku ini adalah salah satu

Cara Mudah Membuat Novel dengan 13 Mantra Menulis Fiksi

Cara Mudah Membuat Novel dengan 13 Mantra Menulis Fiksi Lomba membuat novel atau lomba menulis novel adalah salah satu alasan mengapa ulasan buku kali ini ditulis. Saya sebagai pengurus blog Review Buku Bagus saat ini berhasrat untuk menulis novel pertama sekaligus diikutkan lomba.  Kegiatan lomba tersebut adalah salah satu agenda dari platform Karyakarsa yang bekerja sama dengan Noice. Sebelumnya saya sudah memiliki beberapa karya berupa puisi dan fiksimini di Karyakarsa . Tapi untuk membuat novel merupakan tantangan terbaru buat saya.  Cara Mudah Membuat Novel dengan 13 Mantra  Saya belum pernah menulis panjang seperti novel. Oleh karena itu saya merasa kesulitan dan saya memilih belajar dari buku ini. 13 Mantra Menulis Fiksi jadi salah satu buku yang saya pilih. Buku ini saya pinjam dari aplikasi iPusnas. Berikut ini ulasan buku 13 Mantra Menulis Fiksi setelah saya selesai membacanya.  1. Informasi Buku  Buku berjudul 13 Mantra Menulis Fiksi ini ditulis oleh ImperialJathee, seo