Langsung ke konten utama

Strategi Pemasaran Menurut Kotler, Marketer Wajib Paham

Strategi Pemasaran Menurut Kotler, Marketer Wajib Paham

Photo by Merakist on Unsplash  



 

Strategi pemasaran menurut Kotler mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda yang sedang bekerja dalam bidang marketing. Kotler memang sangat populer terutama karena teori strategi pemasarannya yang masih menjadi panutan banyak praktisi di bidang pemasaran.

Tujuan dari pemasaran sudah jelas adalah penjualan. Oleh karena itu, dengan strategi pemasaran yang tepat maka diharapkan penjualan pun akan berbuah hasil yang memuaskan. Lalu bagaimana pemasaran dan strategi pemasaran menurut seorang Philip Kotler? Simak tulisan singkat dari blog Review Buku Bagus berikut.

Strategi Pemasaran Menurut Kotler

Menurut Philip Kotler definisi dari pemasaran adalah suatu proses di mana perusahaan memberikan nilai untuk konsumen serta membangun hubungan yang kuat dengan konsumen untuk kemudian mendapatkan timbal balik dari konsumen. Sedangkan strateginya bergantung hal-hal berikut ini.

1. Siklus Hidup Produk

Strategi pemasaran adalah keputusan-keputusan yang diambil dalam rangka menyampaikan produk dari perusahaan hingga ke tangan konsumen. Strategi ini biasanya dipengaruhi oleh beberapa hal seperti pesaing, calon konsumen, teknologi, politik, sosial budaya dan lain-lain.

Namun ada juga tiga hal yang dapat mengubah strategi pemasaran yang telah dirumuskan. Pertama adalah siklus hidup produk. Sebagai marketer harus mengetahui sedang di tahap mana produknya apakah tahap perkenalan, pertumbuhan, kedewasaan atau malah sedang dalam tahap kemunduran.

Photo by Andre Benz on Unsplash

2. Posisi di Pasar

Strategi pemasaran menurut Kotler juga menyinggung tentang perubahan strategi berdasarkan posisi di pasar. Maksudnya adalah marketer juga harus mengetahui posisi produk atau perusahaannya di persaingan pasar.

Posisi produk atau perusahaan di kompetisi mesti disadari sepenuhnya apakah sedang memimpin pasar, penantang pasar, sebagai pengikut atau hanya sebagai pengambil bagian kecil di pasar. Setelah mengetahui hal itu marketer sebaiknya mengambil langkah perubahan yang tepat. 

3. Keadaan Ekonomi

Keadaan ekonomi di masyarakat juga dapat mempengaruhi perubahan strategi marketing. Perusahaan sangat perlu melihat kondisi ekonomi di pasar apakah sedang mengalami kemakmuran atau malah sedang dalam inflasi yang tinggi.

Perubahan strategi pemasaran menurut Kotler karena kondisi ekonomi ini tidak bisa dihindari. Jika perusahaan salah ambil keputusan atau malah memaksakan strategi yang tidak tepat saat kondisi ekonomi buruk, maka bukan tidak mungkin produknya akan cepat mengalami tahap kemunduran.

Pemasaran merupakan bagian yang sangat penting dalam perusahaan. Bersama dengan penjualan, pemasaran memastikan keberlangsungan produk dan juga perusahaan. Oleh karena itu penting sekali menerapkan strategi pemasaran menurut Kotler yang sangat relevan untuk perusahaan.

Komentar

Postingan Terpopuler

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT

Kecerdasan Buatan Adalah: Pengertian dan Contohnya Menurut ChatGPT  Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) adalah teknologi yang memungkinkan mesin untuk belajar, merencanakan dan memecahkan masalah secara mandiri. AI digunakan untuk membangun aplikasi cerdas seperti mobil otonom, chatbot pintar, dan asisten virtual. Namun, AI juga menimbulkan keprihatinan dan tantangan seperti pengambilan alih pekerjaan manusia dan potensi penyalahgunaan teknologi. Masalah keamanan dan privasi juga menjadi perhatian penting. Diperlukan kolaborasi antara ilmuwan, pemerinta, dan masyarakat untuk membangun sistem AI yang aman serta terpercaya.  Manfaat Kecerdasan Buatan dari OpenAI, ChatGPT ChatGPT adalah model bahasa besar yang dilatih oleh OpenAI. ChatGPT memiliki kemampuan dalam bidang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk menjawab pertanyaan dan menyelesaikan masalah secara mandiri.  Dengan teknologi ini, ChatGPT dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan berbagai masalah a

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda

M-Syariah, Aplikasi yang Menjadikan Layanan Perbankan dalam Genggaman Anda  M-Syariah, kalau mendengar namanya pasti Anda sudah menduga jika ini adalah suatu aplikasi. Dugaan Anda tidak salah. Jika Anda kira M-Syariah adalah kependekan dari Mobile Syariah, bisa jadi tidak salah juga. Pastinya M-Syariah adalah aplikasi mobile banking dari Bank Mega Syariah.  Bank Mega memahami bahwa kebutuhan layanan perbankan bisa diterapkan dengan nilai-nilai dan prinsip syariah. Untuk itu, Bank Mega menghadirkan Bank Mega Syariah yang didukung dengan layanan digital banking dari M-Syariah.  M-Syariah, Satu Aplikasi untuk Semua Transaksi  Sebuah aplikasi M-Syariah saja sudah cukup untuk melayani semua kebutuhan perbankan dan transaksi. Berikut adalah layanan yang bisa Anda akses serta transaksi yang bisa dilakukan di M-Syariah.  1. Membuka Tabungan Berkah Digital iB  Anda sedang tidak salah baca. Hanya dengan unduh, pasang dan gunakan aplikasi M-Syariah sudah bisa membuka rekening tabungan Berkah Di

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono

Profil Penulis Terkenal Indonesia: Sapardi Djoko Damono Rasanya terlambat saya tahu tentang Pak Sapardi Djoko Damono. Masih amat sangat banyak profil penulis terkenal Indonesia yang belum saya "kenal" termasuk juga karyanya.  Saya baru mengetahui Pak Sapardi Djoko Damono melalui sebuah lagu karya Jason Ranti di bawah ini. Sampai sekarang Pak Sapardi juga terus mempengaruhi tulisan-tulisan fiksi dan puisi saya .  Profil Singkat Sapardi Djoko Damono  Lahir di Surakarta pada 20 Maret 1940, Sapardi Djoko Damono merupakan anak pertama dari pasangan Sadyoko dan Sapariah. Tempat tinggalnya saat itu tidak jauh dari WS. Rendra, B. Sutiman dan Sugiarta Sriwibawa.  Prof. Dr. Sapardi Djoko Damono adalah seorang penulis, sastrawan, penyair, penerjemah andal, editor, kritikus sastra, pengamat dan juga pakar sastra sekaligus. Beliau berkarya dan berprestasi sedari usianya masih sangat belia.  Pak Sapardi Djoko Damono wafat pada usia 80 tahun. Tepatnya pada 19 Juli 2020 di Tangerang Selatan.