Langsung ke konten utama

Strategi Pemasaran Menurut Kotler, Marketer Wajib Paham

Strategi Pemasaran Menurut Kotler, Marketer Wajib Paham

Photo by Merakist on Unsplash  



 

Strategi pemasaran menurut Kotler mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda yang sedang bekerja dalam bidang marketing. Kotler memang sangat populer terutama karena teori strategi pemasarannya yang masih menjadi panutan banyak praktisi di bidang pemasaran.

Tujuan dari pemasaran sudah jelas adalah penjualan. Oleh karena itu, dengan strategi pemasaran yang tepat maka diharapkan penjualan pun akan berbuah hasil yang memuaskan. Lalu bagaimana pemasaran dan strategi pemasaran menurut seorang Philip Kotler? Simak tulisan singkat dari blog Review Buku Bagus berikut.

Strategi Pemasaran Menurut Kotler

Menurut Philip Kotler definisi dari pemasaran adalah suatu proses di mana perusahaan memberikan nilai untuk konsumen serta membangun hubungan yang kuat dengan konsumen untuk kemudian mendapatkan timbal balik dari konsumen. Sedangkan strateginya bergantung hal-hal berikut ini.

1. Siklus Hidup Produk

Strategi pemasaran adalah keputusan-keputusan yang diambil dalam rangka menyampaikan produk dari perusahaan hingga ke tangan konsumen. Strategi ini biasanya dipengaruhi oleh beberapa hal seperti pesaing, calon konsumen, teknologi, politik, sosial budaya dan lain-lain.

Namun ada juga tiga hal yang dapat mengubah strategi pemasaran yang telah dirumuskan. Pertama adalah siklus hidup produk. Sebagai marketer harus mengetahui sedang di tahap mana produknya apakah tahap perkenalan, pertumbuhan, kedewasaan atau malah sedang dalam tahap kemunduran.

Photo by Andre Benz on Unsplash

2. Posisi di Pasar

Strategi pemasaran menurut Kotler juga menyinggung tentang perubahan strategi berdasarkan posisi di pasar. Maksudnya adalah marketer juga harus mengetahui posisi produk atau perusahaannya di persaingan pasar.

Posisi produk atau perusahaan di kompetisi mesti disadari sepenuhnya apakah sedang memimpin pasar, penantang pasar, sebagai pengikut atau hanya sebagai pengambil bagian kecil di pasar. Setelah mengetahui hal itu marketer sebaiknya mengambil langkah perubahan yang tepat. 

3. Keadaan Ekonomi

Keadaan ekonomi di masyarakat juga dapat mempengaruhi perubahan strategi marketing. Perusahaan sangat perlu melihat kondisi ekonomi di pasar apakah sedang mengalami kemakmuran atau malah sedang dalam inflasi yang tinggi.

Perubahan strategi pemasaran menurut Kotler karena kondisi ekonomi ini tidak bisa dihindari. Jika perusahaan salah ambil keputusan atau malah memaksakan strategi yang tidak tepat saat kondisi ekonomi buruk, maka bukan tidak mungkin produknya akan cepat mengalami tahap kemunduran.

Pemasaran merupakan bagian yang sangat penting dalam perusahaan. Bersama dengan penjualan, pemasaran memastikan keberlangsungan produk dan juga perusahaan. Oleh karena itu penting sekali menerapkan strategi pemasaran menurut Kotler yang sangat relevan untuk perusahaan.

Komentar

Postingan Terpopuler

Ulasan Buku Sultan Ageng Tirtayasa Karya Ian Mustafa

Ulasan Buku Sultan Ageng Tirtayasa Karya Ian Mustafa  Masih dari Perpustakaan Kota Cilegon, tepatnya di Ruang Baca Anak . Kali ini Review Buku Bagus akan melakukan ulasan buku Sultan Ageng Tirtayasa karya Ian Mustafa. Karena memang saya mendapatkannya dari ruang baca anak, jadi buku ini juga merupakan buku untuk anak-anak.  Buku ini sangat cocok dan tepat untuk anak-anak. Dari segi jumlah halamannya saja tidak terlalu banyak, tidak sampai 50 halaman. Sehingga anak-anak bisa menyelesaikan bacaan ini dengan tidak terlalu kesulitan.  Buku Sultan Ageng Tirtayasa, Tentang Perebutan Tahta oleh Anak Sendiri  Jumlah halamannya yang hanya sedikit, maka tidak memungkinkan untuk memuat seluruh sejarah tentang Sultan Ageng Tirtayasa. Pada ulasan buku kali ini akan dibahas mengenai beberapa bagian sejarah dari Sultan Ageng Tirtayasa dan Kesultanan Banten.  Informasi Buku Sultan Ageng Tirtayasa  Buku berjudul Sultan Ageng Tirtayasa ini merupakan karya dari Ian Mustafa...

Ulasan Buku Antasari, KPK, & Belitan Cinta Segi Tiga Karya Burhanuddin Abe & Faisyal

Ulasan Buku Antasari, KPK, & Belitan Cinta Segi Tiga Karya Burhanuddin Abe & Faisyal  Ulasan buku Antasari, KPK, & Belitan Cinta Segi Tiga ini ditulis karena sedang ramainya berita tentang salah satu pimpinan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) yang justru tersandung kasus korupsi. Sebenarnya buku yang diulas ini adalah buku lama. Kasus Antasari Azhar pun sudah selesai secara hukum.  Bukan layaknya seperti ulasan buku biografi , tujuan ulasan buku ini salah satunya adalah untuk mengingatkan kepada pembaca bahwa KPK adalah lembaga yang dibentuk untuk menegakkan keadilan. Khususnya untuk menghilangkan praktek korupsi yang seperti sudah jadi budaya di Indonesia. KPK juga adalah lembaga yang punya banyak tantangan, salah satunya adalah kasus Antasari Azhar.  Informasi Buku Antasari, KPK, & Belitan Cinta Segi Tiga   Buku Antasari, KPK, & Belitan Cinta Segi Tiga ditulis oleh Burhanuddin Abe dan Faisyal Chaniago. Terbit pada 2009 di Yogyakarta. Penerbit...

Review Buku Sepasang Sepatu Tua Karya Sapardi Djoko Damono

Review Buku Sepasang Sepatu Tua Sepilihan Cerpen Sapardi Djoko Damono  Buku kumpulan cerpen yang berjudul Sepasang Sepatu Tua Sepilihan Cerpen Sapardi Djoko Damono ini jadi buku prosa pertama yang saya baca dari karya Pak Sapardi. Sebelumnya saya hanya tahu Sapardi Djoko Damono dari sebuah lagu Jason Ranti. Setelah tahu dari lagi itu, saya pernah mencari dan membaca beberapa karya puisinya.  Ketertarikan saya untuk membaca buku ini juga sebenarnya hanya karena ingin kembali mengisi postingan yang sudah lama absen dari dalam blog Review Buku Bagus. Awalnya khawatir, cerpen Sapardi Djoko Damono pasti bukan cerpen yang biasa-biasa saja.  Kekhawatiran saya pun terjawab. Ada beberapa cerpen karya Sapardi Djoko Damono yang rumit dan sulit saya mengerti.  Sepasang Sepatu Tua , Sebuah Kumpulan Cerpen Pilihan dari Sapardi Djoko Damono  Pada halaman terakhir buku ini ada sebuah kalimat atau ulasan yang menyatakan bahwa, banyak benda-benda mati yang jadi hidup dan berki...