Pengertian Saluran Pemasaran dan Jenis-Jenisnya
Photo by Luke Chesser on Unsplash |
Pengertian saluran pemasaran yaitu orang atau institusi yang berperan dalam pemasaran terutama kegiatan menyampaikan suatu produk dari produsen ke konsumen. Saluran pemasaran ini merupakan suatu perangkat lunak yang sangat bermanfaat untuk manajemen.
Dengan saluran pemasaran tersebut nantinya manajemen akan mengambil keputusan mengenai strategi apa yang harus dilakukan untuk melakukan pemasaran produknya. Tentu saja agar produsen lebih mudah menyampaikan produk dan konsumen mudah mendapatkan produk.
Jenis-Jenis Saluran Pemasaran
Pengertian saluran pemasaran jika Anda perhatikan secara seksama mungkin hampir sama dengan proses distribusi. Dalam prakteknya proses pemasaran produk hingga ke konsumen tersebut terdiri dari empat jenis. Berikut ini penjelasan mengenai empat jenis saluran pemasaran dalam sebuah tulisan singkat dari blog Review Buku Bagus.
Saluran Pemasaran Tingkat Nol
Pengertian saluran pemasaran tingkat nol adalah proses di mana produsen langsung menjual produk atau memberikan layanannya langsung kepada konsumen. Bisa juga konsumen yang langsung datang kepada produsen untuk mendapatkan produk atau layanan.
Artinya, pada saluran pemasaran tingkat nol tidak diperlukan adanya perantara sama sekali. Untuk dapat menyampaikan produknya, produsen menggunakan beberapa cara. Produsen menjajakan produk, penjualan berdasarkan pesanan langsung atau menjual melalui toko milik produsen.
Saluran Pemasaran Tingkat Satu
Pada proses saluran pemasaran tingkat satu ada perantaran yang terlibat. Perantara antara produsen dan konsumen tersebut adalah pengecer. Jadi produk bisa sampai ke konsumen melalui tahapan produsen lalu ke pengecer, barulah kemudian sampai kepada konsumen.
Saluran ini sangat cocok untuk produsen pakaian, sepatu, mainan atau furnitur. Hal tersebut karena konsumen membutuhkan cukup waktu untuk membeli produk-produk tersebut. Jadi, produsen menjual produknya ke pengecer adalah keputusan bisnis yang tepat.
Photo by Startaê Team on Unsplash |
Saluran Pemasaran Tingkat Dua
Pengertian saluran pemasaran tingkat dua bisa Anda artikan sebagai adanya dua pelaku bisnis perantara produsen dengan konsumen. Perantara pertama dalam hal ini biasanya disebut dengan agen, distributor utama, pedagang besar atau grosir.
Sedangkan perantara kedua yang akan sering berhubungan langsung dengan konsumen adalah pengecer seperti warung, toko atau supermarket. Pada saluran pemasaran tingkat dua, produsen tidak melayani pembelian dalam jumlah kecil oleh konsumen.
Saluran Pemasaran Tingkat Tiga
Saluran pemasaran ini memiliki proses yang cukup panjang untuk menyampaikan produk dari produsen ke konsumen. Dari produsen, produk akan sampai ke distributor utama yang kemudian menyalurkannya ke sub distributor.
Barulah setelah dari sub distributor, produk disampaikan ke pengecer untuk kemudian bisa dijual langsung kepada konsumen. Dalam prakteknya, banyak kasus by pass saluran pemasaran untuk mendapatkan margin keuntungan yang lebih besar. Hal itu lumrah dan biasa terjadi.
Keempat jenis saluran pemasaran tersebut dipraktekan oleh produsen dengan mempertimbangkan banyak hal agar tepat sasaran. Oleh karena itulah, pengertian saluran pemasaran dan jenis-jenisnya harus dipahami secara mendalam terlebih dahulu agar dapat mengambil keputusan yang tepat.
Komentar
Posting Komentar